Monday, 15 Apr 2024

Cara Mengatasi Gelisah dan Jantung Berdebar

6 minutes reading
Saturday, 10 Feb 2024 22:48 0 23 Sela Rahma

Nesiaverse.com – Merasa gelisah disertai dengan jantung berdebar merupakan salah satu gejala gangguan kecemasan. Tentunya kondisi seperti ini membuat siapapun yang mengalaminya akan merasa tidak nyaman dan perlu cara mengatasi gelisah dan jantung berdebar.

Gelisah dan jantung berdebar adalah dua kondisi yang berbeda. Perasaan gelisah yang muncul tanpa sebab dan berlebihan, bisa jadi karena suatu gangguan kesehatan mental. Sedangkan jantung berdebar bisa jadi dari gangguan kesehatan tubuh secara fisik atau gejala dari gangguan kesehatan mental itu sendiri.

Maka, cara mengatasi gelisah dan jantung berdebar bisa dilakukan dengan melihat dari dua aspek yang menjadi penyebabnya, yaitu secara kesehatan mental maupun tubuh. Karena kondisi ini bisa menyangkut dari kedua masalah kesehatan tersebut.

Lalu bagaimanakah cara mengatasi gelisah dan jantung berdebar yang tepat? Nah, disini akan memberikan beberapa tips atau cara mengatasi masalah tersebut yang dapat kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Jadi simaklah ulasannya di bawah ini dengan seksama!

Cara Mengatasi Gelisah dan Jantung Berdebar

Cara Mengatasi Gelisah dan Jantung Berdebar

Pada dasarnya, ketika manusia berada dalam situasi yang mereka anggap itu adalah ancaman, bahaya, atau membuat seseorang merasa tidak nyaman, takut dan stress, secara tidak langsung tubuh manusia akan menghasilkan hormon adrenalin.

Hormon adrenalin ini memiliki peran dalam mempersiapkan tubuh untuk merespon fight or flight, ketika kamu berada dalam situasi yang berbahaya atau penuh tekanan dengan memberikan efek seperti meningkatkan kewaspadaan, bertambahnya energi, serta membuat jantung berdebar lebih cepat.

Maka dari itulah mengapa saat seseorang merasa stress, gelisah, takut, dan tidak tenang, jantung kita jadi berdebar lebih cepat serta tidak teratur. Terutama bagi mereka yang memiliki masalah gangguan kecemasan, serangan panik, atau fobia, kondisi ini sudah menjadi hal yang biasa terjadi pada mereka.

Tentunya kondisi seperti ini membuat siapapun akan merasa tidak nyaman, perlu untuk kamu atasi dengan baik. Nah, berikut ada beberapa cara mengatasi gelisah dan jantung berdebar yang perlu kamu ketahui, diantaranya yaitu:

Lakukan Metode Pernapasan dan Relaksasi

Cara pertama untuk mengatasi gelisah dan jantung berdebar adalah dengan metode pernafasan dan relaksasi. Teknik-teknik ini berfungsi untuk meredakan stress, mengurangi ketegangan otot, serta menciptakan keadaan dan pikiran yang damai.

Seperti halnya relaksasi pernapasan dalam yakni teknik pernapasan dengan frekuensi lambat, berirama dan nyaman yang dilakukan dengan memejamkan mata. Teknik ini sangat efektif untuk mengurangi rasa nyeri, menurunkan konsumsi oksigen, memperbaiki frekuensi pernapasan, memperbaiki frekuensi detak jantung dan ketegangan otot.

Selanjutnya ada relaksasi otot yang dilakukan dengan cara mengencangkan kelompok otot tertentu selama 5-10 detik, kemudian melepaskannya secara perlahan. Teknik ini membantu dalam mengurangi ketegangan otot dan meredakan kecemasan.

Selain itu, meditasi juga termasuk teknik fokus pada pernapasan dimana kamu dapat mengalihkan pikiran dari stress sehingga dapat mencapai keadaan mental yang tenang. Meditasi juga berpotensi menghilangkan stress dan menciptakan sensasi relaksasi yang nyaman.

Cobalah Metode Manuver Vagal

Dilansir dari Healthline, Manuver Vagal merupakan tindakan yang dapat kamu ambil untuk menghentikan detak jantung yang cepat dan tidak normal. Kata “Vagal” sendiri mengacu pada saraf vagus atau saraf panjang yang berjalan dari otak ke bawah melalui dada dan ke perut, fungsinya untuk memperlambat detak jantung.

Manuver vagal bekerja dengan mempengaruhi sistem saraf otonom tubuh. Tujuan dari manuver vagal, tidak lain untuk mengganggu aliran energi listrik melalui jantung dan memungkinkan detak jantung kamu kembali ke keadaan normal.

Dengan demikian, manuver vagal dapat kamu lakukan untuk mengatasi rasa gelisah dan jantung berdebar cepat.

Ada bermacam teknik manuver vagal yang dapat kamu lakukan. Salah satunya adalah Manuver Valsava, yakni teknik merangsang saraf vagus dengan menekan mulut dan menggenggam tenggorokan selama 15-20 detik sehingga efeknya akan berdampak pada melambatnya laju detak jantung kamu dan dapat membantu mengatasi gelisah yang sedang kamu alami.

Penuhi Asupan Cairan Dalam Tubuh

Menurut Titi Sekarindah, Dokter spesialis gizi RS Pusat Pertamina, menjelaskan bahwa kebutuhan cairan harian seseorang adalah 30-60 mililiter per kilogram berat badan.

Sederhananya, apabila kamu memiliki berat badan 50 kg maka kamu butuh 1,5 liter air dan bila berat badan 60 kg maka kamu membutuhkan 1,8 liter air setiap harinya.

Pendapatan ini juga didukung oleh sebuah penelitian dari National Institute of Health, Amerika Serikat, menyatakan bahwa kecukupan air sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh.

Dengan mencukupi kebutuhan cairan sekitar 8 gelas per hari, tubuh kamu dapat tetap terhidrasi sehingga menjaga keseimbangan elektrolit yang memungkinkan untuk mengatasi rasa takut secara mendadak, gelisah, dan detak jantung yang berdebar cepat.

Hindari Kebiasaan Yang Dapat Memperburuk Kesehatan Jantung

Kebiasaan buruk seperti merokok, duduk sepanjang hari, kurang tidur, pola makan tidak sehat dan kecanduan minum alkohol, tentu sangat berpotensi meningkatkan risiko gangguan irama jantung, tekanan darah tinggi, dan depresi.

Hal itu dapat menyebabkan sensasi jantung berdebar kencang dan rasa gelisah. Oleh karena itu, dengan mengurangi atau menghindari kebiasaan buruk tersebut dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan mengurangi gejala gelisah berlebih.

Menjaga Pola Hidup Sehat

Seperti yang sudah disinggung pada poin sebelum-sebelumnya, mengutamakan untuk menerapkan pola hidup sehat menjadi satu cara paling ampuh untuk mengatasi gelisah dan jantung berdebar kencang.

Sebab, keutamaan dari pola hidup sehat sendiri tentu untuk menciptakan kebiasaan positif serta lingkungan yang baik agar kita bisa terhindar dari rasa gelisah yang berlebihan. Ketenangan mental dan pikiran adalah aspek utama yang mendukung terbentuknya pola hidup sehat.

Perbanyak Melakukan Aktivitas Sosial atau Bersosialisasi

Bersosialisasi dapat membantu mengatasi rasa gelisah dan jantung berdebar, karena interaksi sosial dapat menurunkan tingkat stres dan meningkatkan perasaan kesejahteraan.

Menurut Alodokter, merasa gelisah dan cemas disertai jantung berdebar secara tiba-tiba dapat terjadi akibat stres dan kecemasan berlebihan. Dengan interaksi sosial dapat membantu mengurangi gejala gangguan kecemasan, seperti rasa gelisah, dan dapat meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan.

Dengan demikian, melakukan aktivitas sosial sangatlah membantu dalam mengatasi rasa gelisah dan jantung berdebar kencang.

Melakukan Kegiatan Yang Menyenangkan atau Hobi

Dilansir Fimela, salah satu penyebab umum gelisah dan jantung berdebar adalah karena respon kita terhadap stres. Maka, dengan melakukan kegiatan yang menyenangkan dapat membantu mengurangi tingkat stres yang dapat menyebabkan munculnya perasaan gelisah disertai jantung berdebar.

Selain itu, melakukan kegiatan menyenangkan juga dapat membantu melepaskan hormon endorfin yang dapat meningkatkan perasaan bahagia dan menenangkan pikiran. Ada begitu banyak kegiatan menyenangkan yang dapat menggugah hormon endorfin yang dapat mengatasi rasa gelisah dan mengalihkan pikiran dari cemas serta stress.

Misalnya, mendengarkan musik, menonton film atau acara TV, membaca buku. berolahraga, bermeditasi, bermain game, berbicara dengan teman atau keluarga, dan lain sebagainya.

Itulah cara mengatasi gelisah dan jantung berdebar yang perlu untuk kamu ketahui. Mungkin kamu merasa kesulitan ketika berada dalam kondisi tersebut. Dengan begitu kamu bisa melakukan cara-cara yang telah dijelaskan sebelumnya di atas, sebagai pertolongan pertama.

Cobalah untuk konsultasi ke dokter atau konseling ke psikiater untuk mengetahui lebih jelas tentang masalah kesehatan apa saja yang sebenarnya kamu derita selama ini. Supaya dokter dapat mendiagnosis masalah kesehatan kamu dengan baik. Good Luck semoga membantu.