Monday, 15 Apr 2024

8 Makanan Untuk Orang Sakit Gula Darah

6 minutes reading
Saturday, 10 Feb 2024 22:53 0 46 Muti Karya

Nesiaverse.com- Bagi orang yang sakit gula darah, dalam mengkonsumsi makanan harus diperhatikan, pada jenis makanan untuk orang sakit gula darah. Selain itu ada makanan yang juga dilarang untuk orang yang memiliki permasalahan gula darah. 

Salah satu cara untuk mencegah naiknya kadar gula darah bagi para penderita diabetes adalah dengan mulai mengubah pola makan menjadi lebih sehat lagi. Dimana kamu dianjurkan untuk memulai membatasi asupan makanan atau minuman yang tinggi gula, tinggi lemak dan tinggi kandungan natrium. 

Selain itu ada jenis makanan untuk orang yang sakit gula dan aman dikonsumsi. Hal ini tidak sulit untuk memilih makanan yang sesuai,sehingga mudah didapatkan bagi para penderita sakit gula darah. Nah, untuk mengetahuinya kamu dapat menyimak ulasan lengkapnya dalam artikel dibawah ini. 

Makanan Untuk Orang Sakit Gula Darah

Makanan Untuk Orang Sakit Gula Darah

Seorang penderita sakit gula darah, diabetes tidak boleh mengkonsumsi sembarang makanan. Hal ini sangat perlu dihindari mulai asupan makanan, supaya tidak memperparah kondisi dari gula darah dalam tubuh. 

Makanan bagi penderita diabetes ini harus memiliki kadar indeks glikemik atau IG yang rendah. Tentunya dengan tujuan untuk menekan lonjakan dari kadar gula darah dalam tubuh. Makanan dengan indeks glikemik rendah berarti memang membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menjadi glukosa. 

Sehingga dengan begitu, kadar gula darah dalam tubuh akan tetap stabil, selain indeks glikemik rendah, penderita diabetes juga disarankan untuk mengonsumsi jenis makanan yang tinggi kandungan serat dan pati atau karbohidrat kompleks. 

Jenis makanan yang memiliki kandungan serat dan pati ini memang membutuhkan waktu lama ketiak dicerna oleh tubuh. Maka, jenis makanan tersebut nantinya tidak membuat kadar gula darah akan cepat naik ketika dikonsumsi alias aman bagi orang yang sakit gula darah. 

Sebaliknya,jika seseorang yang sakit gula darah , diabetes tidak memperhatikan pola dan jenis makanan, maka akan lebih cepat memperburuk kondisi kesehatan yang berujung komplikasi juga. 

Ikan Dengan Omega-3

Pertama, makanan yang disarankan untuk orang dengan permasalahan gula darah atau diabetes adalah ikan. Ikan merupakan salah satu jenis makananan yang memiliki kandungan omega-3 yang tinggi di dalamnya. 

Dalam mengkonsumsinya, kamu dianjurkan untuk memperhatikan cara pengolahan ikan dengan tetap sesuai guna mendapatkan manfaatnya yang optimal darinya. 

Dalam sebuah penelitian yang terdapat di The British Journal of Nutrition, dimana melibatkan 68 orang dewasa yang mengalami obesitas. Maka, hasil dari penelitian tersebut yang mana mereka mengkonsumsi ikan omega 3 memiliki kondisi kesehatan yang jauh lebih baik. 

Namun, berbeda dari mereka yang tidak mengkonsumsi ikan dengan kandungan omega-3 yang tinggi. Hal ini dikarenakan ikan tersebut memiliki kandungan protein di dalamnya, sehingga mampu bekerja dan membantu tubuh untuk mengontrol kadar gula did alma darah. 

Jadi ikan merupakan salah satu jenis makanan yang direkomendasikan bagi orang yang sakit gula darah, seperti diabetes. Pastikan cara pengolahannya yang tepat, sehingga manfaatnya didapatkan secara maksimal. 

Roti Gandum

Kebanyakan roti memiliki kandungan karbohidrat yang mampu memicu kadar gula darah dan bisa menyebabkan komplikasi juga. Roti gandum merupakan salah satu jenis roti dengan kadar indeks glikemik dan karbohidrat yang lebih rendah jika dibandingkan dengan roti lainnya. 

Hal ini dikarenakan adanya kandungan serat yang baik did lma roti gandum. Yang mana dilansir dari jurnal PLoS Medicine, serta menjadi salah satu kandungan yang baik untuk membantu mengoptimalkan pola diet sehat dan membantu mengontrol kadar gula darah. 

Hal satu ini dikarenakan kandungan serta yang mampu memperlambat sistem pencernaan dalam tubuh, sehingga mampu membantu bekerja menstabilkan kadar gula darah dengan baik. Maka, roti gandum direkomendasikan juga bagi penderita gula darah.

Buah-Buahan

Sebagian besar buah-buahan memiliki kandungan glikemik rendah yaitu umumnya kurang dari 55. Karena buah-buahan sendiri memiliki kandungan banyak air dan serat di dalamnya, yang mana bekerja menyeimbangkan gula alami atau fruktosa. 

Nah, untuk mendapatkan manfaat dari buah-buahan ini kamu dianjurkan mengonsumsi buah secara utuh dan bukan buah yang sudah diolah seperti jus atau smoothies. Selain itu ada beberapa jenis buah-buahan yang cocok untuk dikonsumsi seseorang yang memiliki sakit gula darah. 

Oatmeal

Oatmeal merupakan salah satu jenis makanan yang direkomendasikan bagi penderita gula darah atau diabetes. Makna satu ini memiliki kandungan B glukan yang bekerja untuk menjaga kontrol glikemik dan skor glikemik yang berada dibawah 55. 

Sehingga, ada garansi jika makan satu ini tidak menyebabkan lonjakan maupun penurunan kadar gula darah dengan baik. Ada banyak sekali manfaat penting dari b glukan yang terkandung di alam oat.

Misalnya mampu mengurangi respon glukosa dan insulin setelah makan, meningkatkan sensitivitas insulin serta mampu mengurangi lipid atau lemak di dalam darah. 

Jadi, oatmeal dapat kamu konsumsi dan tentunya aman bagi penderita gula darah. Perhatikan topi yang digunakan untuk oatmeal dan jangan berlebihan dalam mengkonsumsinya. Sesuaikan dengan porsi normal saja, sehingga tentunya mengkonsumsi oatmeal kamu bisa mendapatkan manfaat yang baik. 

Yogurt

Makanan Untuk Orang Sakit Gula Darah

Makanan yang direkomendasikan bagi orang yang sakit gula darah lainnya adalah yogurt. Yogurt dapat dikonsumsi secara langsung, dengan rutin mengkonsumsinya dan tidak dicampur dengan perasa atau toping yang berbahaya. 

Mengkonsumsi yogurt secara polos berpotensi untuk membantu mengurangi resiko diabetes tipe 2. Dimana hal satu ini merupakan fakta yang dapat ditarik dari yogurt tawar yang termasuk deretan makanan rendah kadar glikemik baik untuk penderita gula darah atau pengidap diabetes loh. 

Daging Dada Ayam

Makanan Untuk Orang Sakit Gula Darah

Daging dada ayam memiliki kandungan protein yang baik serta memiliki kadar kalori yang sangat rendah. Sehingga, bagi pengidap diabetes lebih mudah untuk mempertahankan berat badan dan kamu akan merasakan kenyang lebih lama lagi. 

Selain kaya akan protein, dimana daging dada ayam juga memiliki kandungan nutrisi lainnya meningkatkan kesehatan otot, tulang hingga sistem kekebalan tubuh dengan baik. Dalam mengkonsumsi daging ayam juga kamu dianjurkan untuk memperhatikan cara pengolahan yang baik dan tepat. 

Quinoa

Makanan Untuk Orang Sakit Gula Darah

Makanan selanjutnya merupakan jenis makanan dengan kandungan serta yang cukup tinggi, yaitu Quinoa. Hal ini dapat membuat quinoa sangat bermanfaat untuk pengidap diabetes, karena serat dan protein di dalam quinoa sendiri dapat membantu untuk mengontrol kadar gula darah dengan baik di dalam tubuh. 

Sehingga quinoa menjadi salah satu jenis makanan pilihan bagi orang yang sakit gula darah, diabetes dengan tepat. Kamu dapat menjadikan quinoa ini referensi untuk menu makanan khusus penderita gula darah atau quinoa. 

Ubi Jalar

Makanan Untuk Orang Sakit Gula Darah

Terakhir, selain memiliki kandungan gizi, ubi jalar memiliki indek glikemik yang rendah sehingga mampu dijadikan menu referensi untuk penderita diabetes. Dalam beberapa penelitian bahkan mengatakan jika daging ubi jalar memiliki kandungan yang lebih banyak kandungan serat daripada kulitnya. 

Meskipun masih belum ada bukti bahwa jika ubi jalar ini dapat membantu untuk menstabilkan dan menurunkan kadar gula darah pada manusia dengan baik. Sehingga tidak diragukan lagi jika ubi jalar ini termasuk jenis makanan sehat dan bergizi dengan skor glikemik yang rendah. 

Nah, demikian pembahasan mengenai beberapa rekomendasi makanan untuk orang yang sakit gula darah, diabetes. Dengan mengetahui jenis makanan tersebut bisa kamu gunakan sebagai referensi untuk menu makanan sehari-hari.