Thursday, 18 Jul 2024

Cara Mengatasi Hidung Mampet Sebelah Kiri atau Kanan Tapi Tidak Pilek

5 minutes reading
Sunday, 15 Jan 2023 01:18 0 304 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Biasanya kondisi hidung tersumbat yang terjadi pada salah satu hidung atau keduanya dan kondisi seperti ini tentu saja sangat mengganggu, sehingga banyak orang yang mencari cara untuk mengatasi hidung mampet sebelah kiri atau kanan tapi tidak pilek.

Dimana hidung mampet sebelah yang pada umumnya menjadi gejala pada suatu penyakit, biasanya untuk kondisi hidung mampet yang sering dibarengi dengan pilek atau keluarnya cairan yang bisa menghambat aliran udara pada hidung, tetapi ada orang yang mengalami hidung mampet sebelah kiri tapi tidak pilek.

Untuk kondisi seperti ini yang ternyata ada berbagai alasan kenapa bisa hidung mampet sebelah tapi tidak pilek salah satu penyebab yang biasanya yaitu terdapat masalah pada bagian struktur hidung seperti hipertrofi turbinat atau konka dan deviasi septum.

Namun untuk penyebab yang lainnya seperti hidung yang kemasukan benda asing, sleep apnea, polusi udara, perubahan cuaca dan dinding hidung kolaps, bahkan untuk orang yang terbiasa merokok  juga cenderung mengalami kondisi seperti ini karena asap rokok yang dapat menyebabkan iritasi pada hidung.

Nah untuk kamu yang ingin tahu dengan cara mengatasi hidung mampet sebelah kiri atau kanan tapi tidak pilek, maka kamu bisa dengan menyimak ulasan di bawah ini dengan baik.

Cara Mengatasi Hidung Mampet Sebelah Kiri atau Kanan Tapi Tidak Pilek

Cara Mengatasi Hidung Mampet Sebelah Kiri atau Kanan Tapi Tidak Pilek

Kondisi hidung mampet sebelah kiri tapi tidak pilek tentu saja akan mengganggu aktivitas sehari-hari, pada saat hidung mampet sebelah maka kamu akan merasakan aliran udara yang keluar atau masuk melalui hidung menjadi berkurang dengan lewat salah satu lubang hidung.

Dimana untuk saluran hidung yang menyempit bisa dikarenakan terdapat peradangan, pembengkakan atau iritasi pada bagian dalam hidung, sehingga dengan begitu bisa menyebabkan aliran udara menjadi terbatas dan sulit untuk bernapas melalui hidung secara normal.

Pastinya hidung mampet sebelah yang memang sering banyak orang yang mengalami dan ini tentu saja disebabkan karena tubuh yang memiliki sistem saraf otonomis yang akan membuat manusia bernapas yang lebih berat dengan menggunakan satu lubang hidung saja dan pada saat waktu yang tertentu salah satu lubang hidung yang akan bekerja menjadi lebih kuat dan untuk yang lainnya beristirahat.

Tubuh yang mengatur sistem saraf otonom dengan mengirim lebih banyak darah melalui pembuluh darah ke lubang hidung, sehingga pembuluh darah pada salah satu lubang hidung yang membesar dan akan menghalangi aliran udara pada saat bernafas, tetapi jika hal ini terjadi secara konstan atau berubah-ubah dan disertai dengan gejala lainnya maka kemungkinan ini mengalami masalah kesehatan tertentu.

Untuk kamu yang mengalami hidung mampet sebelah kiri tapi tidak pilek ini sebenarnya normal saja tetapi ada beberapa orang yang lebih beresiko mengalami hal ini karena adanya kondisi kesehatan yang tertentu, namun untuk hidung mampet sebelah dan bukan diakibatkan siklus hidung kamu bisa dengan mencoba cara mengatasi hidung mampet sebelah kiri tapi tidak pilek mandiri di rumah.

Adapun untuk cara mengatasi hidung mampet sebelah kiri tapi tidak pilek yang bisa kamu coba dan terapkan yaitu sebagai berikut:

Banyak Minum Air Putih

Dengan minum banyak air putih yang bisa membantu untuk mengatasi hidung mampet sebelah kiri tapi tidak pilek dengan minum air yang akan membantu untuk mengeluarkan dan mengencerkan lendir pada saluran hidung, selain dengan minum air putih kamu juga bisa dengan meminum jus buah atau teh hangat.

Membilas Hidung Menggunakan Larutan Air Garam

Cara mengatasi hidung mampet sebelah kiri tapi tidak pilek lainnya dengan membilas hidung dengan menggunakan larutan air garam dan untuk caranya mudah, dimana kamu bisa membuat sendiri atau membeli larutan air garam di toko obat.

Untuk kamu yang ingin membuat larutan air garam bisa dengan mencampurkan 1 gelas air hangat dengan garam 1/2 sendok teh dan baking soda sedikit, kemudian tuangkan larutan air garam ke dalam beti pot lalu bilas hidung dengan posisi kepala yang mendongak dan lakukan beberapa kali sehari.

Menggunakan Bantal yang lebih Tinggi

Dengan posisi tidur yang terlentang yang akan membuat lendir menggenang dan juga menyumbat jalan pernapasan terutama pada hidung, sehingga dengan begitu kamu bisa dengan menggunakan bantal yang lebih tinggi bisa dengan menambahkan bantal lagi atau dengan lipatan selimut atau kain sehingga posisi kepala yang sedikit lebih tinggi.

Dengan posisi tidur dengan kepala yang sedikit lebih tinggi daripada tubuh yang menjadi salah satu cara mengatasi hidung mampet sebelah kiri tapi tidak pilek, hal ini yang dipercaya bisa membantu dalam melancarkan saluran pernapasan.

Mandi dengan Air Hangat

Mandi dengan menggunakan air hangat yang bisa menjadi salah satu cara mengatasi hidung mampet sebelah kiri tapi tidak pilek yang dapat kamu coba dan lakukan, dimana uap panas yang dikeluarkan air hangat ini bermanfaat untuk mengencerkan lendir pada hidung, melancarkan pernapasan dan juga mengurangi peradangan.

Selain degan  mandi dengan air hangat kamu juga bisa dengan menghirup uap air hangat atau dengan menggunakan humidifier atau pelembab udara, untuk humidifier ini yang bisa digunakan jika memang udara di lingkungan kamu yang cenderung kering.

Kompres Hidung

Untuk cara mengatasi hidung mampet sebelah kiri tapi tidak pilek yang selanjutnya yaitu dengan mengompres hidung untuk caranya mudah, kamu bisa dengan merendam handuk kecil ke dalam air yang hangat kemudian diperas dan ditempelkan di atas hidung atau dahi dan ulangi cara ii sesuai dengan kebutuhan.

Dengan mengompres hidung yang akan membantu dalam meringankan hidung tersumbat sebelah dengan cara melebarkan atau membuka saluran hidung dari luar, selain itu juga dengan menggunakan cara ini yang akan membantu mengurangi peradangan hidung.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai beberapa cara mengatasi hidung mampet sebelah kiri atau kanan tapi tidak pilek yang bisa kamu coba dan terapkan dan lakukan cara ini secara rutin agar hidung cepat sembuh, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat selamat mencoba.