Monday, 17 Jun 2024

Posisi Tidur Saat Hidung Pilek Tersumbat

3 minutes reading
Wednesday, 11 Jan 2023 23:15 0 339 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Posisi tidur saat hidung pilek tersumbat tentu saja perlu kita ketahui hal ini akan membantu kita untuk tidak dengan nyenyak dan nyaman, dimana penyebab dari susah tidur yaitu salah satunya hidung yang pilek tersumbat.

Dimana masalah kesehatan hidung pilek tersumbat yang akan membuat penderita menjadi susah bernapas hal ini karena saluran pernapasan yang dipenuhi dengan lendir, sehingga dengan begitu tidur pun menjadi tidak nyenyak dan nyaman.

Penyebab dari kondisi hidung yang tersumbat pada saat tidur yang bisa disebabkan karena infeksi dan alergi yaitu seperti pilek hingga dengan penyakit asam lambung kronis, untuk mengatasi masalah ini agar tidak tetap nyenyak maka perlu mengetahui dengan posisi tidur saat hidung pilek tersumbat.

Posisi Tidur Saat Hidung Pilek Tersumbat

Posisi Tidur Saat Hidung Pilek Tersumbat

Pada saat hidung pilek tersumbat saat tidur maka posisi yang paling pas yaitu posisi berbaring dengan sandaran kepala yang sedikit lebih tinggi, kamu bisa dengan menambahkan bantal atau lipatan selimut agar bantalnya menjadi lebih tinggi.

Dimana biasanya hidung yang menjadi lebih rawan tersumbat pada saat seseorang yang tidur dengan posisi berbaring, kondisi seperti ini yang dipengaruhi dengan lendir dari hidung susah mengalir dan bahkan cenderung menggenang pada jalur pernapasan.

Pada saat hidung tersumbat kamu bisa dengan mencoba menggunakan posisi tidur dengan sandaran kepala yang sedikit lebih tinggi pada saat berbaring, namun jika merasa tidak nyaman kamu bisa dengan mencoba tidur di kursi malas atau sofa hal ini bertujuan agar lendir pada hidung mengalir dengan lebih mudah.

Setelah kamu mengetahui dengan posisi tidur saat hidung pilek tersumbat maka selanjutnya kamu perlu mengetahui cara untuk mengatasi hidung yang sedang tersumbat pada saat tidur, adapun untuk caranya yang bisa kamu terapkan agar tidur menjadi nyenyak dan tidak susah tidur.

  • Jika hidung tersumbat terasa mengganggu atau dilengkapi dengan sakit kepala dan nyeri otot maka kamu bisa dengan meminum obat pilek dan flu.
  • Mandi sebelum tidur dengan menggunakan air hangat, dimana uap hangat yang akan membantu dalam melancarkan pernapasan pada saat hidung pilek tersumbat.
  • Gunakan pelembab udara supaya pada sekitar tempat tidur udaranya tidak kering, bisa dengan menambahkan minyak esensial seperti eucalyptus atau peppermint ke dalam sebuah alat pelembab udara.
  • Cuci hidung dengan menggunakan air steril, kamu bisa dengan membilas hidung sebelum tidur yang akan membantu melancarkan pernapasan dan juga meredakan iritasi pada saat hidung pilek tersumbat.
  • Menggunakan semprotan hidung yang biasanya dijual di apotik atau toko obat, pada saat menggunakan obat ini pastikan kamu membaca petunjuk penggunaan produk dengan baik dan cermat.

Untuk cara diatas yang hanya berlaku untuk orang dewasa hindari menggunakan obat hidung yang  tersumbat untuk anak-anak atau bayi tanpa adanya petunjuk dokter, namun jika kamu masih khawatir dengan kondisi seperti ini maka bisa langsung berkonsultasi ke dokter.

Mungkin hanya itu saja beberapa posisi tidur saat hidung pilek tersumbat yang perlu kamu ketahui dan bisa kamu terapkan, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.