Wednesday, 17 Jul 2024

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Dengan Pijatan

4 minutes reading
Thursday, 12 Jan 2023 22:01 0 354 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Kondisi hidung yang tersumbat yang menjadi salah satu gejala yang umum dari adanya alergi atau infeksi, walaupun kondisi ini yang bukan termasuk ke dalam kondisi media yang serius namun kamu perlu mengatasinya salah satunya dengan cara mengatasi hidung tersumbat dengan pijatan.

Hidung yang tersumbat bisa memicu adanya nyeri pada wajah dan bahkan mengalami sakit kepala, memang masalah ini yang dapat diatasi dengan menggunakan cara yang tradisional dan bahkan untuk mereka yang telah melakukan cara ini yang mengaku jika sudah merasakan manfaat dari cara yang satu ini.

Nah untuk kamu yang ingin tahu dengan cara mengatasi hidung tersumbat dengan pijatan untuk merasakan manfaatnya, maka kamu bisa dengan menyimak ulasannya dibawah ini dengan baik.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Dengan Pijatan

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Dengan Pijatan

Dengan adanya masalah pada hidung yang tersumbat tentu saja akan mengganggu aktivitas sehari-hari, selain mengganggu kondisi hidung tersumbat juga yang akan membuat kita tidak dapat mencium bau dan juga nafsu makan yang menurun.

Bahkan hal ini yang dapat diikuti dengan adanya rasa nyeri pada sekitar hidung hingga ke dahi yang menjalar, untuk gejala ini yang dapat berbeda yang tergantung dengan penyebabnya tetapi kebanyakan dan paling umum kondisi hidung tersumbat yang disebabkan karena flu atau pilek.

Sedangkan untuk kondisi hidung tersumbat yang disertai dengan rasa nyeri yang biasanya disebabkan karena peradangan pada rongga sinus atau sinusitis, namun untuk kamu yang mengalami hal ini jangan khawatir karena kondisi ini yang dapat diatasi dengan banyak cara dan salah satunya dengan dengan pijatan lembut pada sekitar hidung.

Cara mengatasi hidung tersumbat dengan pijatan yang dapat kamu coba dan lakukan dengan mudah dalam beberapa menit, adapun untuk caranya kamu bisa dengan mengikuti langkah-langkah dibawah ini.

Pijat Sinus Sphenoid

Cara mengatasi hidung tersumbat dengan pijatan yaitu pijat sinus sphenoid atau ethmoid yang berada pada tengah tengkorak, di belakang hidung dan juga antara mata, tepatnya terletak di depan sinus sphenoid yaitu di antara pangkal hidung dan juga bagian tepi dalam rongga mata.

Untuk peradangan sinus sphenoid atau ethmoid yaitu dapat menyebabkan drainase post nasal, nyeri wajah dan juga sakit kepala adapun untuk cara melakukan pijat sinus sphenoid yaitu sebagai berikut:

  • Terlebih dahulu letakan jari telunjuk pada pangkal hidung dan temukan bagian antara sudut mata dan tulang hidung.
  • Tekan dan tahan sedikit lebih kuat pada area tersebut dengan menggunakan jari-jari selama 15 detik.
  • Usap ke arah bawah pada sepanjang sisi pangkal hidung dengan menggunakan jari telunjuk.
  • Ulangi gerakan ini secara berulang secara perlahan selama 30 detik.

Pijat Sinus Maksilaris

Pijar sinus maksilaris menjadi salah satu cara mengatasi hidung tersumbat dengan pijatan yang dapat kamu coba dan lakukan, dimana sinus maksilaris ini yang merupakan rongga bentuk piramida di belakang pipi pada kedua sisi hidung.

Dimana rongga ini yang memanjang dari bagian bawah mata ke bagian langit-langit mulut untuk peradangan pada area ini yang bisa menyebabkan drainase post nasal dan nyeri wajah, adapun untuk melakukan pijatan sinus maksilaris yaitu sebagai berikut.

  • Terlebih dahulu letakkan jari tengah dan telunjuk pada antara tulang pipi dan rahang atas yaitu di kedua sisi hidung.
  • Pijat pada area ini dengan gerakan yang melingkar selama 30 detik kurang lebihnya.
  • Namun jika ingin tekanan lebih kuat maka bisa dengan menggunakan ibu jari.
  • Ulangi gerakan ini sampai keluhan terasa lebih baik.

Pijat Sinus Frontal

Cara mengatasi hidung tersumbat dengan pijatan yang selanjutnya yaitu pijat sinus frontal yang berada di bagian tengah dahi memanjang dimulai dari tulang alis hingga ke bagian atas hidung, dimana untuk peradangan pada bagian ini yang bisa menyebabkan rasa sakit atau tekanan hebat di belakang dahi atau mata.

Adapun untuk melakukan pijatan sinus frontal yaitu sebagai berikut:

  • Terlebih dahulu hangatkan tangan dengan merendamnya dengan menggunakan air hangat atau menggosokannya secara bersamaan.
  • Selanjutnya letakkan telunjuk dan jari tengah berada di tengah tulang alis.
  • Pijak secara lembut dengan gerakan yang melingkar dan bergerak ke bagian pelipis lalu kembali lagi ke tengah.
  • Lakukan gerakan pijatan ini beberapa kali selama kurang lebih dalam 30 detik dan keluhan dirasa lebih membaik.

Mungkin hanya itu saja beberapa cara mengatasi hidung tersumbat dengan pijatan yang bisa kamu coba dan terapkan untuk mengatasi hidung yang tersumbat, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat selamat untuk mencoba.