Monday, 15 Apr 2024

Cara Mengatasi Insomnia Secara Alami Tanpa Obat

6 minutes reading
Thursday, 29 Jun 2023 20:39 0 154 Muti Karya

Nesiaverse.com – Ketika kamu mengalami gangguan tidur dengan gejala kesulitan tidur maupun terlelap meski sudah waktunya, maka kamu mengalami insomnia. Gangguan tidur atau insomnia ini tentunya akan sangat merugikan dan tentunya melelahkan, ketika badan harusnya diistirahatkan namun tidak bisa, sementara pekerjaan dan tugas esok harinya menunggu. 

Tidur merupakan aktivitas yang sangat penting dan diperlukan tubuh untuk beristirahat dan mengembalikan sel-sel yang rusak sebelumnya. Maka, jika waktu tidur atau beristirahat kamu terganggu karena insomnia, tentunya akan berdampak secara negatif mulai dari penurunan fungsi tubuh, rendahnya konsentrasi, menurunya daya ingat dan sistem imunitas tubuh. Tentunya kamu harus mengetahui cara untuk mengatasi insomnia

Cara Mengatasi Insomnia Secara Alami Tanpa Obat

Cara Mengatasi Insomnia Secara Alami Tanpa Obat

Insomnia tidak jarang mendatangkan gangguan mental seperti stress hingga depresi. Tentunya jika hal tersebut terjadi kamu akan menjadi sangat pusing. Maka, ketika kamu mulai mengenali gejala awal insomnia alangkah lebih baiknya langsung melakukan tindak pencegahan. 

Sebelumnya, kamu harus mengetahui terlebih dahulu jenis insomnia apakah yang kamu alami, mengingat jika insomnia sendiri memiliki beberapa jenis. Berikut beberapa jenis insomnia.

  • Insomnia primer, merupakan kondisi insomnia yang terjadi dan bukan karena gangguan kesehatan.
  • Insomnia sekunder, merupakan kondisi insomnia yang terjadi karena gangguan kesehatan tertentu. Misalnya gangguan sendi atau flu dan batuk.
  • Insomnia akut, merupakan kondisi insomnia yang terjadi dalam jangka pendek, hal ini disebabkan karena kondisi lingkungan seperti gugup ketika memasuki atau mendekati masa ujian atau tes. Umumnya insomnia akut ini terjadi seminggu lamanya.
  • Insomnia kronis, dimana kondisi ini memiliki rentan waktu yang sangat panjang dan cenderung dikarenakan kondisi psikologis yang sedang tidak baik. Umumnya terjadi berminggu-minggu hingga bulanan. Maka, jika sudah dalam tahap ini alangkah baiknya melakukan pemeriksaan dan konsultasi pada ahlinya. 

Dalam gejalanya insomnia sendiri memiliki banyak faktor penyebabnya, mulai dari kesehatan mental seperti stress, anxiety, bipolar hingga lingkungan dan gaya hidup. Umumnya orang yang kesulitan tidur atau insomnia cenderung memilih meminum obat untuk mengatasinya. Tentunya dengan resep dokter, mengingat obat tersebut masuk golongan obat keras yang tidak bisa dikonsumsi secara sembarang dan membutuhkan biaya dalam konsumsinya. 

Kemudian bagaimana cara untuk mengatasi insomnia secara alami dan tidak menggunakan obat-obatan kimia? adakah alternatif yang bisa dilakukan dan terbukti ampuh untuk menyembuhkan dan mengatasi insomnia bahkan tanpa mengeluarkan biaya yang besar? Berikut kami sudah merangkum beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi insomnia secara alami tanpa obat-obatan. 

Melakukan Meditasi

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi insomnia tanpa obat-obatan adalah dengan melakukan meditasi. Meditasi memang bukalah pengobatan standar untuk pengidap insomnia. Namun dengan melakukan meditasi akan mengistirahatkan otak sejenak dari panjangnya gari yang dilakukan.

Meditasi merupakan aktivitas bernafas secara lambat namun stabil. Kamu bisa melakukannya diatas tempat tidurmu dengan tenang. Nikmatilah setiap hembusan nafas sambil menenangkan pikiranmu. Tentunya meditasi memiliki manfaat kesehatan yang sangat baik. Sebuah studi pada tahun 2011, mengatakan jika meditasi mampu mengubati insomnia dan pola tidur secara signifikan. 

Meditasi akan mendatangkan ketenangan sehingga akan mengurangi stres pikiran dan meningkatkan konsentrasi serta kekebalan tubuh seseorang. 

Yoga

Kamu pastinya tahu jika Yoga merupakan olahraga yang memiliki gaya yang sama dengan meditasi dengan gerakan fisik yang memang terbilang cukup sulit. Yoga memiliki efek positif untuk kualitas tidur seseorang. Karena dengan melakukan yoga mampu mengurangi stres dan meningkatkan fokus mental. 

Nantinya kamu akan merasakan rileks ketika melakukan gerakan yoga. Jika kamu pemula dan mendapati satu atau dua gerakan yang tidak cocok, maka kamu tidak usah memikirkannya. Lakukan dan jalani gerakan yoga yang membuat tubuhmu merasa nyaman dan rileks saja. 

Pijat

Melakukan pijat menjadi salah satu cara yang bermanfaat untuk mengatasi insomnia tanpa menggunakan obat-obatan. Dengan melakukan terapi pijat selain mengurangi perasaan sakit, kecemasan dan depresi pun akan hilang. Sebuah penelitian pada tahun 2012 menemukan jika terapi pijat mampu mengobat insomnia. 

Ketika kamu sedang di pijat pastikan pikiranmu rileks dan rasakan sensasi sentuhannya. Maka, tidak ada salahnya mencoba terapi pijat yang mampu meredakan insomnia yang kamu alami. Bahkan jika kamu melakukan pijatan secara mandiri di area kening atau wajahmu, itu akan membantu sedikitnya jika dilakukan secara rutin.

Lavender

Salah satu cara untuk mengatasi insomnia adalah dengan memanfaatkan lavender. Lavender mampu meningkatkan mood dan kualitas tidur. Lavender yang dimaksud merupakan kapsul minyak lavender yang merupakan hasil studi di tahun 2014. 

Kapsul lavender tersebut bermanfaat dan mampu mengatur kembali pola tidur seseorang yang berantakan, khususnya bagi mereka yang mengalami depresi sebagai ganti obat antidepresan. 

Mandi Air Hangat

Selanjutnya kamu bisa mengatasi insomnia secara alami dengan mandi menggunakan air hangat sebelum waktu tidur. Setelah seharian badan kamu bergerak dan beraktivitas berat maka kamu bisa merelaksasikan otot-otot dan sendi dengan mandi menggunakan air hangat. Kamu juga bisa menggunakan sabun wewangian yang membuat rileks seperti lavender. 

Ketika badan dan otot kamu rileks dengan air hangat, maka nantinya otak dan pikiranmu pun ikut beristirahat dan timbul rasa nyaman dari aroma dan wewangian yang kamu gunakan. Maka, nantinya akan membuat kamu cepat mengantuk dan insomnia pergi seketika. 

Menghindari Penggunaan Gadget Menjelang Tidur

Memang sulit apalagi jika sudah terbiasa memainkan ponsel menjelang waktu tidur. Namun, jika kamu mencobanya secara terus menerus maka kamu akan terbiasa. Perlu kamu ketahui ketika menggunakan ponsel menjelang waktu tidur, pancaran sinar layar ponsellah yang menyebabkan kesulitan tertidur atau insomnia.

Pasalnya pancaran dari ponsel memiliki sifat yang merangsang otak dan akan sulit untuk tidur. Maka, pastikan kamu menerapkan dan menghindari penggunaan ponsel menjelang waktu tidur, karena kamu tidak akan pernah tidur tepat waktu jika memegang ponsel menjelang waktu tidur. 

Mematikan Lampu

Cara satu ini terdengar sangat remeh, namun memiliki dampak yang sangat baik, kamu cukup matikan lampu kamarmu. Hal ini mampu mengatasi insomnia dengan meminimalkan cahaya biru dari area tempat tidur kamu selain ponsel. Dengan meminimalkan sumber cahaya di sekitar area tidur maka kamu akan bisa tidur lebih cepat.

Menetapkan Jam Waktu Tidur Secara Teratur

Cara satu ini memang sangat ketat dan harus disiplin, yang mana kamu harus belajar tepat dan disiplin untuk waktu beristirahat dan bangun. Kamu harus mengatur waktu tidur, misalnya bangun jam 5 pagi dan tidur jam 10 malam. Lakukan hal tersebut secara berkala. Kamu bisa memanfaatkan penggunaan alarm. Sehingga akan terbantu, konsisten adalah kuncinya. 

Mengucapakan Kata Kata Positif Berulang Sebelum Tidur

Selanjutnya merupakan tindakan yang bersifat sugestif, dimana kamu bisa mengulang ucapan positif menjelang waktu tidur. Hal ini seperti mantra dimana nantinya kamu akan fokus dan menenangkan pikir secara tidak langsung. 

Dalam pengucapan kata-kata positif yang berulang kali seperti mantra nantinya kamu akan terus fokus pada pengulangan suara. Maka, akan berakhir dengan merasa rileks dan terlelap dengan sendirinya. 

Meletakan Bantal Pada Kaki

Ketika kamu mengalami insomnia karena posisi tidur atau area tidur yang tidak nyaman seperti punggung terasa nyeri dan sebagainya, maka kamu bisa mengatasinya dengan meletakan bantal di bagian kaki. Dengan meletakkan bantal pada bagian kaki, kamu akan menyelaraskan pinggul dan kaki sehingga akan merasa rileks. Dengan begitu rasa sakit di bagian kaki akan menghilang dan kamu merasakan kenyamanan dan terlelap dengan mudah.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi masalah insomnia secara alami tanpa harus bergantung pada obat-obatan atau bahan kimia lainnya. Dengan begitu kamu akan bisa memperbaiki pola, kuantitas hingga kualitas tidur kamu dengan baik seperti sebelumnya.