Thursday, 20 Jun 2024

Cara Mengatasi Kenari Stres

4 minutes reading
Friday, 6 Oct 2023 13:26 0 206 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Memelihaa burung kicau tentu saja salah satu tujuannya untuk bisa mendengarkan suara kicauan burung tersebut, pada saat burung kenari mengalami stres tentu saja kamu akan merasa bingung maka dari itu sangat penting untuk mengetahui cara mengatasi kenari stres.

Pada saat burung kenari yang kamu sayangi ini sedang mengalami stres atau macet berbunyi yang tentu saja kamu akan merasa hampa, alasan kenapa burung kenari disukai oleh banyak orang dan dijadikan sebagai burung peliharaan dengan penggemar yang banyak.

Karena burung kenari yang terkenal dengan memiliki suara kicau yang sangat merdu dan bahkan tidak hanya itu saja burung kenari juga yang memiliki warna bulu yang sangat beragam dan juga indah untuk dipandang sehingga tidak heran jika burung ini banyak dicari sebagai burung peliharaan.

Tentunya setia[ pemelihara burung kenari ingin mendengar suara kicau yang gacor dan hal ini bisa didapatkan dengan berbagai cara yang harus dilakukan seperti perawatan yang tepat pemberian pakan yang bergizi dan juga yang lainnya, pada saat burung sudah gacor dan terbiasa berkicau di rumah yang akan terasa sepi jika tiba-tiba burung tersebut berhenti atau macet berbunyi.

Hal yang paling parah lagi jika burung kenari yang mengalami stres mau diikutsertakan lomba atau akan dijual, tentu saja sangat tidak menyenangkan bukan, pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai dengan cara mengatasi kenari stres dan juga faktor penyebabnya yang wajib kamu ketahui.

Untuk kamu yang ingin tahu lebih jelasnya dengan faktor penyebab burung kenari mengalami stres dan juga cara mengatasinya bisa dengan simak ulasannya disini dengan seksama.

Cara Mengatasi Kenari Stres

Cara Mengatasi Kenari Stres

Memang sebenarnya terdapat banyak sekali hal-hal yang kerap dialami oleh para penangkar burung kenari yang diantaranya burung kenari yang mengalami stres, sakit, patah kaki dan juga masih banyak lagi sebagainya, untuk kamu yang memiliki hobi memelihara burung kenari hal ini mungkin merupakan salah satu hal yang biasa.

Namun berbeda untuk mereka yang masih pemula tentu saja burung kenari yang mengalami stres menjadi salah satu masalah yang sangat besar dan juga sangat membingungkannya, untuk burung kenari yang mengalami stres akan membutuhkan perawatan yang baik agar dapat kembali seperti semula.

Salah satu satu tanda jika burung kenari yang mengalami stres yaitu ditandai dengan burung kenari yang malas berbunyi atau tidak mau berkicau, terdapat banyak hal yang bisa menyebabkan burung kenari ini stres salah satunya karena adanya pengaruh lingkungan.

Lingkungan tersebut merupakan masalah kandang burung yang digantungkan di tempat cukup ramai, terdapat juga burung kenari yang belum siap mental namun di paksa di gantung di tempat ramai menjadi faktor penyebab burung kenari stres dan untuk faktor penyebab lainnya seperti:

  • Kandang burung yang tidak pernah dibersihkan.
  • Kandang kenari terlalu kecil.
  • Dekat dengan binatang lain atau predator.
  • Birahi burung kenari tinggi, dan
  • Cuaca tidak sesuai atau cuaca sedang buruk.

Setelah kamu mengetahui dengan beberapa faktor penyebab burung kenari mengalami stres, selanjutnya kamu bisa mengetahui dengan beberapa cara mengatasi burung kenari stres yang bisa kamu coba dan terapkan dengan mudah yaitu sebagai berikut:

  • Dengan meletakkan sangkar atau kandang burung di tempat yang lebih nyaman, tidak terlalu dingin, tidak terlalu panas dan juga jauh dari keramaian.
  • Pastikan burung kenari jauh dari hewan predator seperti kucing, anjing, tikus dan juga binatang yang lainnya dapat menimbulkan rasa takut pada burung kenari, sehingga usahakan untuk menempatkan burung kenari yang jauh dari hewan predator.
  • Selalu membersihkan kandang atau sangkar burung secara teratur setiap harinya agar burung kenari terhindar dari berbagai virus dan penyakit, serta membuat burung kenari terjaga kesehatannya dan akan lebih nyaman ditinggali.
  • Jika dikarenakan sifat bawaan maka jika burung kenari mengalami stres karena faktor ini maka kamu harus melakukan mencelup kepala burung kenari ke dalam air selama 1 detik, untuk cara ini memang terlihat cukup sadis namun hal ini bisa memberikan efek jera untuk burung kenari tersebut.
  • Mengusahakan burung kenari selalu dalam keadaan ideal, jangan sampai terlalu kurus atau terlalu gemuk atau obesitas.
  • Memberikan pakan nutrisi yang cukup pada saat burung kenari mengalami proses mabung atau pergantian bulu, agar kandungan nutrisi burung selalu terpenuhi dengan baik seperti memberikan buah, sayuran atau vitamin secukupnya.
  • Dipancing dengan burung betina, tetapi ada juga dengan memancingnya mendekatkan burung jantan yang berkicau agar jiwa tarungnya terpacu, hal ini yang tergantung dengan burung kenari tersebut.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan beberapa faktor penyebab dan juga cara mengatasi burung kenari yang sedang mengalami stres bisa kamu ketahui dan juga bisa kamu coba praktekan dengan mudah, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat selamat untuk mencoba.