Monday, 17 Jun 2024

Cara Mengatasi Perut Kembung Terus Menerus

6 minutes reading
Friday, 9 Jun 2023 06:06 0 238 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Dimana kondisi perut kembung yang merupakan kondisi yang sering dialami oleh seseorang dan mungkin kamu juga pernah mengalaminya, sekarang ini kamu harus tahu apa saja cara mengatasi perut kembung terus menerus agar pada saat mengalami hal tersebut kamu bisa langsung mengatasinya.

Perut kembung yang merupakan kondisi perut yang mengalami penumpukan gas yang menyebabkan rasa tidak nyaman dalam melakukan berbagai aktivitas, dimana normalnya pada saat makan atau minum yang tentu saja akan ada sedikit udara ikut masuk ke dalam tubuh dan khususnya pada sistem pencernaan.

Jika jumlah udara yang terlalu banyak maka akan menimbulkan penumpukan gas di dalam lambung dan kondisi seperti ini yang akan membuat perut yang menjadi kembung dan juga terasa tidak nyaman, kondisi ini maka tubuh yang akan melakukan berbagai cara untuk bisa mengeluarkan gas tersebut yang dimulai dari buang gas sampai muntah.

Biasanya untuk masalah perut kembung yang cukup umum terjadi bisa dialami oleh semua kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, untuk masalah perut kembung juga yang tidak berbahaya karena memang masalah ini yang nantinya akan membaik dengan sendirinya.

Walaupun kondisi seperti ini bisa hilang dengan sendirinya setelah beberapa saat kemudian tetapi hal ini yang dapat terjadi secara berulang, sehingga dengan begitu agar kamu bisa mengatasi perut kembung terus menerus dengan penangan yang tepat maka harus mengetahui penyebab dan untuk itu kamu bisa dengan simak penjelasannya disini.

Cara Mengatasi Perut Kembung Terus Menerus

Cara Mengatasi Perut Kembung Terus Menerus

Dimana masalah perut kembung yang dapat terjadi secara mendadak dan biasanya ini dipicu oleh makanan, minuman atau pengaruh lingkungan, untuk beberapa ciri-ciri perut kembung yang umum terjadi yaitu seperti rasa yang tidak nyaman, perut terasa penuh dan juga sesak.

Untuk gejala lainnya yang biasanya dialami yaitu diantaranya sering sendawa, perut terasa tidak nyaman atau nyeri, muncul bunyi seperti gemuruh dalam perut, frekuensi buang gas yang meningkat, perut yang terlihat membesar dan juga terasa penuh bahkan masih banyak lagi gejala yang lainnya bisa kamu rasakan.

Untuk masalah ini  yang disebabkan karena proses pencernaan makanan yang tidak lancar dan tidak mampu memecahkan komponen makanan tertentu, sehingga dengan proses pencernaan yang tidak lancar maka terjadi penumpukan gas dan menyebabkan perut kembung.

Bahkan selain itu juga faktor penyebab perut kembung dari kebiasaan makan atau gangguan kesehatan dan untuk kebiasaan makan yang akan memicu perut kembung seperti makan yang terlalu cepat, makan sambil berbicara, mengkonsumsi banyak makanan berlemak dan juga terlalu banyak makan.

Jika gejala perut kembung ini yang tidak kunjung membaik dan menimbulkan kekhawatiran seperti disertai dengan tidak bisa buang air besar, maka segera periksa ke dokter atau bisa juga dengan mencoba untuk menerapkan beberapa cara mengatasi perut kembung terus menerus yaitu sebagai berikut:

Dengan Memperbanyak Minum Air Hangat

Salah satu cara mengatasi perut kembung terus menerus yang lainnya bisa kamu coba lakukan yaitu dengan memperbanyak minum air putih terkhususnya air hangat, dimakan untuk penderita perut kembung yang disarankan untuk meminum air yang banyak yang akan membantu untuk meredakan gejala perut kembung.

Dengan minum air hangat yang memiliki efek vasodilator yang bisa memperlebar pembuluh darah dan juga menstimulasi aliran darah menuju usus, selain itu juga dengan minum air hangat bisa menjadi cara untuk mengatasi perut kembung dan juga mencegahnya yang menggunakan cara dengan membersihkan usus.

Dengan Makan Sedikit Tapi Sering

Untuk cara mengatasi perut kembung terus menerus yang bisa kamu lakukan lainnya yaitu dengan makan dengan porsi yang lebih kecil tetapi lebih sering atau dengan mengatur porsi makan yang tepat, kamu haru usahakan untuk makan dalam porsi sedikit dari biasanya tetapi sering.

Dimana untuk cara yang satu ini yang cukup efektif untuk mengatasi perut kembung hal ini karena dapat membantu untuk menjaga fungsi sistem pencernaan, pastikan untuk menghindari makan dalam porsi yang banyak dalam sekali makan karena dapat menyebabkan perut kembung dan juga dapat memberatkan kerja organ lambung dan juga usus.

Dengan Menutup Mulut Saat Makan

Ternyata dengan menutup mulut pada saat makan atau mengunyah makanan yang dapat menjadi salah satu cara mengatasi perut kembung terus menerus yang cukup efektif yang bisa kamu coba lakukan, hal ini yang akan membantu untuk menghindari seseorang yang menelan udara pada saat mengunyah makanan.

Dengan Makan Makanan yang Tinggi Serat

Dengan mengkonsumsi makanan yang tinggi serat yang dapat menjadi salah satu cara mengatasi perut kembung terus menerus bisa kamu coba lakukan, dimana untuk cara yang satu ini efektif untuk mereka yang mengalami gejala perut kembung yang diakibatkan oleh sembelit.

Karena dengan mempunyai kandungan serat yang tinggi yang akan membantu untuk merangsang pergerakan usus, sehingga dengan mengkonsumsi makanan yang berserat tinggi maka makanan yang bisa tercerna dengan baik sehingga akan membantu untuk mengatasi perut kembung.

Dengan Melakukan Pijatan

Dengan melakukan pijatan pada bagian perut yang menjadi salah satu cara mengatasi perut kembung terus menerus secara alami yang bisa kamu lakukan, dimana untuk bisa merasakan manfaatnya kamu bisa dengan melakukan pijatan lembut dari arah kanan dan ke kiri.

Dengan cara yang satu ini yang akan membantu untuk melancarkan pergerakan sistem pencernaan, dengan pijatan secara perlahan pada bagian perut juga yang akan membantu untuk melepaskan angin dan juga gas yang terperangkap dalam perut.

Dengan Berolahraga secara Rutin

Salah satu cara mengatasi perut kembung terus menerus yang bisa kamu coba lakukan yaitu dengan berolahraga secara rutin dan teratur, dengan melakukan cara yang satu ini yang akan membantu untuk meningkatkan fungsi pencernaan dan juga membantu mencegah terjadinya perut kembung.

Dengan berolahraga juga yang dapat menjadi salah satu cara untuk mengatasi perut kembung pada saat seseorang sedang mengalami gejala perut kembung, dengan begitu yang akan membantu untuk meredakan gejala perut kembung dirasakan.

Setelah kamu mengetahui dengan cara mengatasi perut kembung terus menerus diatas maka selanjutnya kamu juga perlu mengetahui langkah pencegahan agar tidak terjadi perut kembung terulang, adapun untuk beberapa hal yang perlu kamu hindari pada saat perut kembung yaitu sebagai berikut:

Menghindari Mengkonsumsi Makanan Mengandung Gas

Dengan menghindari makanan yang mengandung banyak gas di dalamnya yang bisa mengatasi perut kembung yang cukup efektif, untuk beberapa jenis makanan yang diketahui bisa menyebabkan gas yaitu seperti lentil, kubis dan juga kacang-kacangan.

Menghindari Minuman Berkarbonasi

Dimana untuk cara mengatasi perut kembung yang dapat kamu lakukan dengan menghindari minuman berkarbonasi, dimana minuman berkarbonasi yang sebaiknya dihindari dikarenakan dapat memperparah penumpukan gas dalam lambung.

Jangan Mengkonsumsi Makanan yang Dapat Memicu Intoleransi Makanan

Dimana intoleransi makanan yang merupakan kondisi tubuh yang sulit mencerna zat dari makanan dan juga minuman yang dikonsumsi, untuk kondisi ini yang berbeda dengan alergi dan pada saat perut kembung yang sebaiknya menghindari makanan yang bisa memicu intoleransi makanan karena bisa memperburuk gejala perut kembung.

Menghindari Mengkonsumsi Makanan Berat Sebelum Tidur

Dimana dengan menghindari untuk mengkonsumsi makanan yang berat sebelum tidur yang akan menjadi salah  satu cara mengatasi perut kembung terus menerus, selain itu juga hindari untuk membungkuk pada saat sedang makan untuk membantu mencegah terjadi perut kembung.

Menghindari Makanan Olahan Pedas, Manis dan Berlemak

Perut kembung yang dapat dicegah dengan menghindari memakan makanan olahan pedas, manis dan juga makanan berlemak, dengan beberapa jenis makanan tersebut yang harus dihindari untuk membantu mencegah terjadinya masalah pencernaan seperti perut kembung.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai beberapa cara mengatasi perut kembung terus menerus dan juga hal yang harus dihindari pada saat perut kembung yang perlu kamu ketahui, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat selamat untuk mencoba.