Thursday, 18 Jul 2024

Cara Mengatasi Sakit Perut di Malam Hari

4 minutes reading
Tuesday, 24 Jan 2023 18:59 0 229 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Sakit perut terjadi karena beberapa sebab dan ini bisa mempengaruhi aktivitas sehari-hari menjadi terganggu apalagi terjadinya di malam hari yang akan mengganggu waktu tidur, sehingga untuk cara mengatasi sakit perut di malam hari ini perlu kamu ketahui.

Sakit perut yang merupakan salah satu masalah atau keluhan yang paling umum dirasakan kebanyakan orang, dimana sepertinya hampir semua orang sudah pernah merasakan sakit perut dan gangguan pencernaan dari waktu ke waktunya.

Terdapat banyak penyebabnya yang bisa membuat perut menjadi sakit yaitu dimulai dari makanan hingga dengan kondisi tubuh yang serius, selain dengan sensasi yang nyeri tetapi untuk masalah sakit perut dan gangguan pencernaan yang dapat menyebabkan penderitanya mengalami keluhan.

Salah satu penyebabnya paling umum yaitu karena kembung dan ini memicu rasanya yang tidak nyaman, sedangkan untuk perut sakit yang paling ringan yaitu biasanya akan membaik dengan sendirinya tetapi kamu juga perlu mengetahui cara mengatasinya agar cepat reda.

Cara Mengatasi Sakit Perut di Malam Hari

Cara Mengatasi Sakit Perut di Malam Hari

Adapun untuk kamu yang ingin tahu dengan cara mengatasi sakit perut di malam hari, maka kamu bisa dengan menyimak ulasan dibawah ini:

Minum Air Putih

Pada dasarnya tubuh yang membutuhkan air untuk menyerap dan mencerna nutrisi dari makanan dan juga minuman yang secara efisien, dimana tubuh yang dehidrasi yang akan membuat pencernaan yang lebih sulit dan kurang efektif yang akan meningkatkan kemungkinan mengalami sakit perut.

Secara umum untuk wanita harus minum air sekitar 2,7 kiter dalam seharinya sedangkan untuk pria sekitar 3,7 liter per hari, dimana untuk 30% yang berasal dari makanan dan sisanya dari minuman dan untuk kamu yang memiliki masalah pada pencernaan maka tubuh terhidrasi sangat penting.

Mengkonsumsi Jahe

Ternyata jahe menjadi salah satu obat alami yang akan membantu untuk mengatasi sakit perut dan juga gangguan pencernaan badan untuk merasakan manfaatnya bisa dengan menambahkan jahe ke menu masakan atau diteduh, dimana jahe yang memiliki bahan kimia yang biasa disebut dengan gingerol dan juga shogaols yang akan membantu untuk mempercepat kontraksi pada perut.

Untuk senyawa ini yang akan memindahkan makanan yang akan menyebabkan gangguan pada pencernaan dengan melalui perut dengan cepat, bahan kimia juga yang akan membantu untuk mengurangi muntah, mual dan juga diare.

Tubuh Jangan Posisi Berbaring

Cara mengatasi sakit perut di malam hari yaitu menghindari tidur dalam posisi tubuh berbaring, dimana pada saat tubuh dalam posisi berbaring yang akan membuat asam di dalam perut cenderung bergerak mundur naik dan ini bisa menyebabkan heartburn atau refluks asam.

Untuk orang yang mengalami sakit perut untuk menghindari berbaring atau tidak menunggu beberapa jam hingga sakitnya mereda, namun jika ingin berbaring maka sebaiknya untuk menopang leher, kepala dan juga dada bagian atas dengan menggunakan bantal.

Kompres Air Hangat

Suhu panas yang bisa membantu mengendurkan otot yang tegang dan juga meredakan gangguan pada pencernaan, kamu bisa dengan mengkompres air hangat atau dengan mandi menggunakan air hangat yang akan membantu untuk meringankan gejala sakit perut.

Kamu bisa dengan menempelkan kantong atau bantalan yang telah dipanaskan ke bagian perut selama 20 menit atau bisa juga sampai dingin, jika di rasa sudah membaik maka kamu bisa menyudahinya.

Daun Mint

Ternyata daun mint juga bermanfaat untuk membantu mencegah muntah dan diare, menghilangkan rasa sakit dan juga mengurangi kejang otot di dalam usus, dan bahkan para peneliti juga yang menemukan bahwa daun mint menjadi pengobatan tradisional untuk gangguan pencernaan, diare dan juga gas lambung.

Daun minta yang bisa merebus nya dengan kapulaga untuk dijadikan sebagai seduhan selain itu bisa membuat jus atau bubuk dengan mencampurkan dengan minuman, teh atau makanan lainnya, untuk cara lainnya dengan menghisap permen mint yang akan mengurangi rasa sakit dan juga tidak nyaman perut.

Mungkin hanya itu saja beberapa cara mengatasi sakit perut di malam hari yang bisa kamu ketahui dan bisa di lakukan, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.