Monday, 17 Jun 2024

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Agar Tidak Boros

5 minutes reading
Wednesday, 7 Sep 2022 06:28 0 325 Riswan Suandi

Cara mengatur keuangan rumah tangga agar tidak boros tentu saja banyak orang yang mencarinya apalagi berbicara mengenai rumah tangga pastinya tidak akan terlepas dari persoalan keuangan, untuk itu jika kamu sedang mencari caranya maka bisa dengan menyimak ulasan dibawah ini.

Dimana sudah kita ketahui dalam mengatur keuangan rumah tangga yang merupakan salah satu hal yang tidak mudah dilakukan, sehingga kamu perlu mengetahui cara mengatur keuangan rumah tangga dengan baik dan benar agar tidak boros dan bisa memenuhi kebutuhan keluarga.

Dalam berumah tangga juga terdapat faktor yang akan mempengaruhi keuangan rumah tangga, dimana faktor tersebut diantaranya mulai dari ken=butuhan wajib sehari-hari atau kebutuhan yang bersifat kebutuhan primer atau hiburan.

Dalam mengatur keuangan rumah tangga tentu saja tidak  hanya menjadi salah satu tanggung jawab satu orang saja tetapi dalam hal ini sepasang suami istri perlu sama-sama memiliki peran yang cukup krusial dalam mengatur keuangan rumah tangga agar tidak boros.

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Agar Tidak Boros

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Agar Tidak Boros

Apalagi jika kamu memiliki pendapatan yang termasuk fixed income atau gaji bulanan tetap dengan mempunyai kebutuhan hidup yang sering naik turun, sehingga cara mengatur keuangan rumah tangga agar tidak boros  ini akan membantu kamu dalam mengatasi hal tersebut.

Mungkin untuk kamu yang memiliki gaji yang terbilang kecil akan kesulitan dalam menyimpan uang tersebut untuk beberapa hal seperti untuk uang darurat, dana pensiun, biaya sekolah dan yang lainnya sehingga tidak heran jika dalam pertengahan bulan uang tersebut habis.

Cara mengatur keuangan rumah tangga agar tidak boros bisa dilakukan dengan mudah menggunakan beberapa tips yang bisa kamu terapkan, Kami akan membantu kamu untuk memberikan solusi dalam mengatur keuangan rumah tangga dengan baik dan benar yaitu sebagai berikut.

Menghitung Pemasukan dan Pengeluaran

Cara mengatur keuangan rumah tangga agar tidak boros yang pertama kamu bisa dengan  melakukan menghitung pemasukan dan juga pengeluaran selama satu bulan, tentunya hal ini menjadi salah satu hal yang sangat penting dilakukan agar kamu bisa membagi alokasi penghasilan uang dimiliki untuk kebutuhan.

Pastikan kamu juga memenuhi kebutuhan primer terlebih dahulu untuk kamu dan juga pasangan kamu, sehingga dengan begitu kamu bisa dengan mudah untuk mengatur keuangan rumah tangga menjadi lebih mudah dan tentunya bertujuan agar tidak boros.

Membuat Anggaran

Selanjutnya kamu bisa membuat anggaran pengeluaran yang rinci dan  ini menjadi salah satu cara mengatur keuangan rumah tangga agar tidak boros, sehingga pada saat waktunya membeli kebutuhan kamu sudah memiliki anggarannya untuk berbelanja.

Pastikan akmu konsisten dan tidak menggunakan uang melebihi anggaran yang telah kamu susun dan buat sebelumnya, karena uang sisanya yang sudah dialokasikan untuk kebutuhan yang lainnya dengan begitu kamu bisa mengatur keuangan tersebut dalam satu bulan.

Menentukan Prioritas Keuangan

Menentukan prioritas keuangan keluarga dan ini akan membantu kamu dalam mengatur keuangan rumah tangga agar tidak boros, dimana dengan adanya daftar prioritas maka alokasi dan pengeluaran uang rumah tangga kamu akan menjadi lebih tertata dan rapi.

Untuk pengeluaran rumah tangga yang termasuk ke dalam daftar prioritas seperti biasa nya makan sehari-hari, tagihan listrik, tagihan air, biaya transportasi, nya saya sekolah, hingga cicilan rumah atau kendaraan, dan yang lainnya yang termasuk ke dalam kebutuhan wajib.

Menyisihkan Uang Untuk Dana Darurat

Pastikan kamu selalu menyiapkan dana darurat, dimana dana darurat ini yang menjadi salah satu konsep yang paling penting yang perlu kamu pikirkan mengenai keuangan rumah tangga, hal ini sama halnya dengan menabung.

Cara mengatur keuangan rumah tangga dengan menyisihkan uang yang merupakan salah satu cara yang mengutamakan kekuasaan untuk mengalokasikan dana khusus, tidak perlu besar asalkan kamu selalu konsisten  dan disiplin.

Menghindari Hutang

Cara mengatur keuangan rumah tangga agar tidak boros yang paling tepat yaitu menghindari hutang karena jika kamu memiliki tagihan dan kewajiban untuk membayar hutang menjadi salah satu beban yang membuat keuangan rumah tangga kamu akan terganggu.

Namun jika terpaksa berhutang maka gunakan untuk hal-hal yang memang kebutuhan pokok yang tidak bisa dipenuhi dalam waktu dekat seperti cicilan rumah, motor dan yang lainnya, pastikan kamu memiliki kewajiban membayar hutang tidak melebihi 30% dari penghasilan kamu.

Memisahkan Tabungan dan Investasi

Cara mengatur keuangan rumah tangga agar tidak boros selain dengan mengalokasikan pendapatan untuk dana darurat kamu juga perlu untuk mengalokasikan untuk tabungan, asuransi dan juga investasi, ketiga hal tersebut yang menjadi salah satu cara yang bisa kamu terapkan agar tidak boros.

Sehingga dengan demikian kamu bisa dengan memisahkan tabungan dan juga investasi tersebut agar tidak menyatu dan bikin kamu pusing, tabungan tersebut nantinya bisa kamu gunakan untuk keperluan sehari-hari atau mungkin keperluan yang mendadak.

Hindari Penggunaan Kartu Kredit

Sekarang ini memang sudah banyak orang yang berbelanja dengan menggunakan kartu kredit alasannya karena mudah untuk digunakan dan semua bisa dibeli, memang kartu kredit akan membantu kamu dalam mengelola keuangan jika kamu menggunakannya dengan pintar.

Namun kartu kredit juga ternyata bisa membuat kamu malah terjebak dalam utang dengan jangka waktu yang panjang jika kamu tidak pandai dalam menggunakannya, dan kartu kredit ini yang merupakan cara paling mudah untuk menghabiskan uang.

Mungkin hanya itu saja beberapa cara yang bisa kamu gunakan dan terapkan untuk mengatur keuangan rumah tangga dengan baik dan benar  agar tidak boros, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.