Saturday, 22 Jun 2024

Tips Jurusan Manajemen Agar Tidak Susah Cari Kerja

5 minutes reading
Tuesday, 6 Sep 2022 07:00 0 463 Riswan Suandi

Mungkin masih banyak orang yang bertanya apakah jurusan manajemen susah untuk mencari kerja? Sebenarnya untuk jurusan manajemen ini memiliki peluang kerja yang beragam, untuk kamu yang masih bingung kuliah harus ngambil jurusan apa maka bisa dengan mempertimbangkan jurusan manajemen.

Karena untuk jurusan manajemen yang fokus  mempelajari pengorganisasian, perencanaan dan jua menganalisis mengenai bisnis untuk mengelola bisnis yang secara efisien, dimana kamu akan mempelajari dengan mengenai bagaimana cara mendirikan sebuah organisasi atau perusahaan yang sukses.

Selain itu juga kamu bisa mendapatkan pengetahuan dan juga keterampilan yang dibutuhkan dalam menjalankan sebuah bisnis dari skala besar maupun hingga skala besar, sehingga dengan demikian untuk lulusan jurusan manajemen memiliki peluang yang besar untuk mendapatkan pekerjaan.

Tips Jurusan Manajemen Agar Tidak Susah Cari Kerja

Tips Jurusan Manajemen Agar Tidak Susah Cari Kerja

Dalam memilih kuliah jurusan manajemen ini tentunya terdapat beberapa alasan yang perlu kamu pertimbangkan sebagai pendidikan tinggi, dimana untuk alasannya kamu bisa dengan menyimak ulasannya dibawah ini.

Memiliki Skil Manajemen

Kelebihan dari mengambil jurusan manajemen yaitu kamu akan belajar skill manajemen yang akan berguna pada saat bekerja di perusahaan, dimana kamu akan belajar dalam menghadapi the real business case di lapangan.

Dimana kamu harus bisa untuk membuat keputusan dengan mempertimbangkan sisi etika dan juga dampak ekonomi serta sosial, adapun untuk beberapa skill yang akan berguna dalam pekerjaan manajemen yaitu:

  • Kemampuan pengorganisasian.
  • Kemampuan berkomunikasi.
  • Kemampuan Project management.
  • Kemampuan problem solving.
  • Kemampuan Leadership.
  • Kemampuan berpikir kritis dan strategis.
  • Kemampuan Public speaking.

Mempelajari Dalam Berbagai Macam Bidang

Jurusan manajemen yang akan mempelajari dalam berbagai macam bidang dan ini menjadi salah satu hal yang bisa akan membantu kamu dalam mengetahui pengetahuan yang lebih luas dalam bidang bisnis, dimakan dengan  mengambil jurusan manajemen kamu akan mempelajari mengenai bagaimana cara memanajemen suatu perusahaan atau organisasi yang secara umum.

Selain itu juga kamu bisa mengerucutkan area keahlian yang kamu miliki di jurusan manajemen yaitu seperti human resource, operations, strategic management, finance, marketing dan masih banyak lagi yang lainnya yang bisa kamu pelajari nya.

Memiliki Peluang Kerja yang Beragam

Dimana sudah banyak yang bertanya seperti jurusan manajemen susah cari kerja? atau pertanyaan yang lainnya, baik itu lulusan S1 manajemen sudah terbuka banyak peluang pekerjaan yang sangat beragam.

Karena untuk lulusan manajemen yang sudah memiliki keterampilan dan pengetahuan mengenai bisnis yang dibutuhkan oleh perusahaan  atau organisasi dalam menangani sebuah pekerjaan manajerial dan juga pekerjaan spesifik yang lainnya.

Pekerjaan Untuk Jurusan Manajemen

Tips Jurusan Manajemen Agar Tidak Susah Cari Kerja

Jangan salah ternyata kuliah dengan mengambil jurusan manajemen yang memiliki peluang kerja manajemen yang beragam, dimana kamu bisa dengan mengambil pekerjaan jurusan manajemen yang sesuai dengan bidang yang telah kamu pelajari.

Dibawah ini kami akan memberikan beberapa pekerjaan untuk jurusan manajemen yang beserta dengan gaji yang didapatkannya, jika kamu penasaran dengan pekerjaan tersebut maka bisa dengan menyimak penjelasannya.

Recruiter atau Staf HRD

Untuk kamu yang mengambil jurusan manajemen dengan mempelajari tingkah laku manusia maka bisa menjadi recruiter atau staf HRD, dimana untuk tugas menjadi recruiter yaitu mencari karyawan baru sedangkan untuk staf HRD yang lebih fokus dalam employee relations.

Untuk gaji yang bisa kamu dapatkan menjadi recruiter atau staf HRD yaitu sekitar Rp 5 juta, adapun skill yang diperlukan yaitu kemampuan dalam berkomunikasi dengan baik, kemampuan problem solving, negosiasi dan kemampuan organisasi.

Marketer

Kerja jurusan manajemen yang sedang di gandrungi oleh generasi muda yaitu dengan menjadi seorang marketer, untuk skill yang dibutuhkan yaitu kemampuan berkomunikasi, kemampuan digital dan teknis, berpikir analitis kreativitas dan pemecahan masalah.

Dimana marketer yang memiliki tugas untuk memasarkan produk yang beserta dengan strategi, menentukan target dan juga segmentasi pembeli dan yang lainnya, untuk pekerjaan ini biasanya memiliki gaji sekitar Rp 5.700.000.

Project Manager

Pekerjaan dengan lulusan manajemen yang cukup hype yaitu menjadi project manager, project manager ini yang bertugas dalam memimpin jalannya sebuah  proyek dan memastikan proyek tersebut berjalan dengan lancar dan selesai telat waktu yang telah ditentukan.

Skill yang diperlukan yaitu kemampuan dalam bernegosiasi, kepemimpinan, kemampuan pengorganisasian, manajemen waktu, manajemen konflik dan manajemen sumber daya manusia (SDM), untuk gaji yang diperoleh sekitar Rp 20 juta keatas.

Business Manager

Business manager skill yang diperlukan yaitu kemampuan memimpin sebuah tim, pengambilan keputusan, delegasi, pemecahan masalah, komunikasi, pemikiran strategis dan perencanaan, dan untuk pekerjaan ini yang membutuhkan waktu dan pengalaman kerja 2 hingga 5 tahun.

Dimana peluang kerja manajemen yang dituntut untuk lebih tinggi dibandingkan dengan entry level, dimaan kamu perlu mengawasi jalannya bisnis dari level atas, adapun untuk gaji yang didapatkannya sekitar Rp 19 juta keatas.

Accountant

Untuk kamu yang memiliki keahlian dan senang dengan angka maka bisa dengan menjadi accounting, untuk kerjanya bertugas dalam mengelola laporan keuangan, budgeting kebutuhan perusahaan, mengelola keperluan perpajakan, dan juga mengelola arus kas.

Skill yang diperlukan analisis data, kemampuan berpikir secara sistematis, detail dan teliti, mampu untuk mengoperasikan software akunting, adapun untuk gaji yang di dapat menjadi accountant yaitu sekitar Rp 8 juta keatas.

Mungkin hanya itu saja beberapa pekerjaan dengan lulusan jurusan manajemen, sehingga pertanyaan jurusan manajemen susah cari kerja? tentu saja hal itu salah besar karena jurusan manajemen memiliki peluang kerja yang lebih beragam, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.