Saturday, 22 Jun 2024

Cara Menghemat Uang 100 Ribu Untuk Sebulan

4 minutes reading
Monday, 5 Sep 2022 09:03 0 495 Riswan Suandi

Mungkin untuk cara menghemat uang 100 ribu untuk sebulan terbilang sangat mustahil, sebenarnya bisa-bisa saja kamu lakukan untuk menghemat uang tersebut dengan catatan kamu sudah tersedia makanan dan juga minuman di rumah.

Jika kondisi finansial kamu sekarang ini sedang tidak baik-baik saja maka hal tersebut kamu harus mengatasinya dengan mengubah gaya hidup agar kamu bisa untuk menghemat uang, mungkin kamu pernah mengalami masalah memiliki uang Rp 100 ribu dan itu pun harus cukup satu bulan.

Hal tersebut  yang terdengar sangat mustahil dan mungkin banyak orang beranggapan tidak akan bisa, tetapi jika kita memang ingin mencoba cara menghemat uang 100 ribu untuk sebulan pastinya bisa dilakukan dengan mudah asalkan kamu memang konsisten dan tahu beberapa tips nya.

Apalagi jika kamu termasuk anak kost jika memiliki uang sebesar Rp 100 ribu dan untuk satu bulan mungkin akan terasa sangat menghimpit, namun hal tersebut bukan berarti kamu tidak bisa untuk mencoba melakukannya.

Agar kamu  bisa belajar lebih hemat dari sebelumnya maka terlebih dahulu kamu harus mengetahui faktor apa saja yang membuat kamu menjadi lebih boros, setelah kamu mengetahuinya maka selanjutnya kamu bisa mengatur penghematan dan juga pengelolaan keuangan dengan baik dan tepat.

Dimana faktor penyebabnya yang bisa berupa jajan yang berlebihan, atau sering nongkrong dan makan di tempat-tempat yang memakan banyak uang, atau bisa juga setiap bulannya kamu selalu berbelanja online dan banyak lagi hal yang lainnya.

Cara Menghemat Uang 100 Ribu Untuk Sebulan

Dengan menghemat menjadi salah satu cara yang bisa kamu gunakan dan terapkan untuk mengatur keuangan kamu agar tidak boros, maka dari itu di bawah ini ada beberapa cara menghemat uang 100 ribu untuk sebulan yaitu diantaranya.

Dengan Menghemat Penggunaan Bahan Bakar

Dengan menggunakan bahan bakar yang menjadi salah satu faktor yang akan memakan banyak pengeluaran, sehingga dengan begitu kamu bisa dengan membatasi penggunaan bahan bakar kendaraan yaitu untuk satu liter atau Rp 10 ribu untuk satu minggu kedepan.

Namun jika kamu harus pergi ke suatu tempat yang dekat alangkah lebih baiknya untuk berjalan kaki saja atau  jika  bersama teman kamu bisa ikut menumpang yang bertujuan untuk menghemat bahan bakar.

Dengan Memanfaatkan WiFi Gratis

Cara menghemat uang 100 ribu untuk sebulan kamu bisa dengan memanfaatkan WiFi gratis dimana kamu bisa dengan pergi ke suatu tempat yang tersedia WiFi gratis, namun jika menggunakan WiFi yang berada di fasilitas umum alangkah lebih baiknya untuk tidak sembarang  membuka konten karena hal tersebut rentan terkena pembajakan atau hack.

Kebutuhan internet yang menjadi salah satu pengeluaran membengkak, memang sekarang ini yang sudah tersedia paket internet dengan memiliki harga yang terjangkau, namun jika kamu hanya mempunyai uang sebesar Rp 100 ribu untuk satu bulan tentu saja akan menjadi pemborosan.

Jangan Jajan Berlebihan

Cara menghemat uang 100 ribu untuk sebulan selanjutnya kamu bisa dengan jajan yang tidak berlebihan atau jika kamu bisa menahan diri untuk tidak jajan, sehingga setiap kamu akan keluar rumah maka alangkah lebih baiknya untuk selalu dalam keadaan kenyang seperti membiasakan makan terlebih dahulu.

Melakukan Cuci Baju Sendiri

Selanjutnya jika kamu biasanya mencuci baju di laundry atau binatu dn untuk cara menghemat uang 100 ribu untuk sebulan yaitu dengan mencuci baju sendiri , dimana untuk kunci berhemat yaitu dengan melakukan hal-hal yang sebenarnya bisa dilakukan atau dikerjakan dengan sendiri.

Jika terus menerus mencuci baju ke laundry tentu saja membutuhkan biaya yang lumayan besar, di mana kamu bisa dengan menghitung biaya laundry sekitar 3 ribu satu kilo jika terus menerus maka bisa memakan biaya yang lumayan bukan.

Memasak Nasi Sendiri

Jika kamu salah satu anak kost maka alangkah lebih baiknya untuk memiliki alat masak sehingga kamu bisa memasak dengan sendiri dan ini menjadi salah satu cara untuk menghemat uang 100 ribu untuk sebulan, dan [pastikan kamu selalu memasak sesuai dengan porsi sehingga tidak ada yang mubazir dan terbuang sia-sia.

Memilih Menu Makan yang Sederhana

Jika kamu sudah bisa memasak nasi dengan sendiri maka kamu juga bisa dengan mudah mencari layaknya, dan usahakan untuk memilih menu makanan yang sederhana untuk dijadikan lauk tentunya hal ini menjadi salah satu cara menghemat uang 100 ribu untuk sebulan.

Untuk memilih menu makanannya kamu bisa dengan memilih lauk yang tidak cepat basi dengan memiliki harga yang tidak terlalu mahal sehingga makanan tersebut bisa kamu gunakan untuk makan pagi dan makan siang agar bisa lebih hemat.

Membawa Bekal & Air Minum

Terakhir kamu jika kamu bepergian alangkah lebih baiknya untuk membawa bekal dan juga air minumnya dan ini menjadi cara menghemat uang 100 ribu untuk sebulan yang bisa kamu lakukan dan terapkan setiap harinya.

Dimakan dengan membawa bekal dna juga air minum yang tanpa kamu sadari hal tersebut sudah menekan pengeluaran sehingga dengan begitu kamu bisa mengalokasikan uang tersebut untuk kebutuhan yang lainnya, hal paling utama jika kamu membawa bekal jangan malu.

Mungkin hanya itu saja beberapa cara menghemat uang 100 ribu untuk sebulan yang bisa kamu gunakan dan terapkan untuk menghemat, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat selamat untuk mencoba.