Monday, 17 Jun 2024

Cara Mengeringkan Baju di Mesin Cuci SHARP 1 dan 2 Tabung

6 minutes reading
Saturday, 12 Aug 2023 14:35 0 292 Riswan Suandi

Nesiaverse.com – Cara mengeringkan baju di mesin cuci SHARP 1 dan 2 tabung adalah hal yang berbeda, sebab SHARP memiliki produk mesin cuci dengan 1 tabung dan 2 tabung dengan sistem dan metode penggunaannya yang berbeda-beda. Untuk itulah kali ini kita akan membahas proses mengeringkan baju di kedua jenis mesin cuci tersebut.

Cara Mengeringkan Baju di Mesin Cuci SHARP 1 dan 2 Tabung

Cara Mengeringkan Baju di Mesin Cuci SHARP 1 dan 2 Tabung

Ada dua jenis tabung mesin cuci SHARP, yaitu mesin cuci 1 tabung dan mesin cuci 2 tabung, dengan demikian cara mengeringkan baju di mesin cuci SHARP 1 dan 2 tabung pun memiliki fungsi yang berbeda-beda. Pada dasarnya Fungsi tabung pada mesin cuci adalah untuk menampung air dan pakaian yang akan dicuci yang biasanya terbuat dari plastik atau baja tahan karat dengan permukaan yang memiliki lubang-lubang kecil yang berfungsi untuk mengalirkan air kotor keluar.

Bila cara mengeringkan baju di mesin cuci SHARP 1 dan 2 tabung berbeda-beda, namun komponen yang digunakan pada umumnya adalah sama. Beberapa komponen penting yang pasti dimiliki oleh kedua jenis mesin cuci SHARP ini adalah:

  1. Tabung: Tabung adalah komponen yang menampung air dan pakaian yang akan dicuci. Tabung ini biasanya terbuat dari bahan plastik atau baja tahan karat, dan memiliki permukaan dengan lubang-lubang kecil yang memungkinkan air kotor keluar.
  2. Pulsator atau Agitator: Pulsator atau agitator adalah komponen yang bertanggung jawab untuk menghasilkan gerakan agitasi pada pakaian selama proses pencucian. Pulsator biasanya digunakan pada mesin cuci 1 tabung, sementara agitator digunakan pada mesin cuci 2 tabung. Gerakan ini membantu menggoyangkan dan menggosok pakaian untuk membersihkannya.
  3. Motor: Motor adalah komponen yang menggerakkan tabung dan agitator/pulsator. Motor menghasilkan daya mekanik yang diperlukan untuk menggerakkan komponen-komponen tersebut. Pada mesin cuci 2 tabung, motor juga digunakan pada tabung pengering.
  4. Pompa Air: Pompa air digunakan untuk mengalirkan air masuk dan keluar dari mesin cuci. Pompa air membantu mengisi tabung dengan air bersih saat proses pencucian dan mengeluarkan air kotor setelah proses selesai.
  5. Sistem Pengendali: Sistem pengendali meliputi berbagai fungsi tombol mesin cuci, pengaturan, dan panel kontrol yang memungkinkan pengguna untuk mengatur fungsi dan mode mesin cuci. Ini termasuk tombol daya, pemilihan program pencucian, pengaturan kecepatan putaran, dll.
  6. Sensor: Beberapa mesin cuci dilengkapi dengan sensor yang dapat mendeteksi berbagai kondisi dan memberikan informasi kepada sistem pengendali. Misalnya, sensor suhu dapat mengukur suhu air dan mengatur suhu sesuai dengan program yang dipilih.
  7. Sistem Pengaman: Mesin cuci sering dilengkapi dengan berbagai sistem pengaman, seperti pengunci pintu otomatis, sensor kebocoran air, proteksi overload, dll. Sistem ini dirancang untuk menjaga keamanan dan mencegah kerusakan pada mesin cuci.

Cara Mengeringkan Baju di Mesin Cuci SHARP 1 Tabung

Pada umumnya cara mengeringkan baju di mesin cuci SHARP 1 tabung dapat dilakukan dengan cara-cara yang cukup sederhana. Akan tetapi cara-cara tersebut terkadang berbeda tergantung kepada tipe mesin cuci SHARP yang digunakan, berikut ini adalah cara mengeringkan baju di mesin cuci SHARP 1 tabung yang umum digunakan:

  1. Pilih program pengeringan yang sesuai dengan jenis dan jumlah baju yang akan dikeringkan. Mesin cuci SHARP 1 tabung memiliki beberapa pilihan program pengeringan, yaitu normal, cepat, lembut, dan khusus. Normal adalah program pengeringan standar yang cocok untuk baju-baju berbahan katun atau sintetis yang tidak mudah kusut. Cepat adalah program pengeringan yang lebih singkat dan hemat listrik, namun hasilnya mungkin kurang maksimal. Lembut adalah program pengeringan yang lebih lama dan lembut, cocok untuk baju-baju berbahan halus atau mudah kusut. Khusus adalah program pengeringan yang bisa diatur sendiri sesuai dengan kebutuhan.
  2. Masukkan baju yang sudah dicuci dan diperas ke dalam tabung mesin cuci. Pastikan baju tidak terlalu penuh atau terlalu sedikit, karena akan mempengaruhi hasil pengeringan. Sebaiknya isi tabung mesin cuci sekitar 60-70% dari kapasitasnya. Jangan lupa untuk menyebar baju secara merata di dalam tabung agar tidak menimbulkan getaran atau suara berisik saat mesin cuci berputar.
  3. Tutup tabung mesin cuci dengan rapat dan tekan tombol start untuk memulai program pengeringan. Tunggu sampai program pengeringan selesai, biasanya akan ada bunyi atau lampu indikator yang menandakan bahwa proses pengeringan telah berakhir.
  4. Buka pintu tabung mesin cuci dan keluarkan baju yang sudah kering. Angin-anginkan baju di tempat yang terbuka atau gantung di jemuran untuk menghilangkan sisa lembab atau bau apek. Setrika baju jika perlu untuk menghilangkan kerutan atau kusut.

Cara Mengeringkan Baju di Mesin Cuci SHARP 2 Tabung

Diantara cara mengeringkan baju di mesin cuci SHARP 1 dan 2 tabung, memang proses mengeringkan baju dengan mesin cuci SHARP 2 tabung lebih terdengar kuno atau klasik.

Meskipun demikian, mesin cuci SHARP 2 tabung baru masih tersedia, hal ini dikarenakan proses mencuci dan mengeringkan baju di mesin cuci SHARP 2 tabung masih dianggap jauh lebih efektif dibandingkan mencuci dengan 1 tabung. Berikut ini adalah cara mengeringkan baju di mesin cuci SHARP 2 tabung secara umum:

  1. Setelah selesai melakukan pencucian di mesin cuci SHARP, angkat pakaian dari tabung pencuci dan pindahkan ke tabung pengering. Pastikan untuk memindahkan hanya jumlah pakaian yang sesuai dengan kapasitas maksimal tabung pengering.
  2. Pastikan bahwa mesin cuci SHARP 2 tabung dilengkapi dengan fitur pengeringan. Pada umumnya, tabung pengering pada mesin cuci 2 tabung memiliki lebih banyak lubang untuk memungkinkan aliran udara yang lebih baik.
  3. Atur pengaturan mesin cuci pada mode pengeringan. Pada panel kontrol mesin cuci, cari tombol atau opsi yang menunjukkan pengeringan atau tabung pengering. Ikuti petunjuk pada panel kontrol atau manual pengguna yang disediakan oleh SHARP untuk mengetahui opsi pengeringan yang tersedia pada mesin cuci SHARP.
  4. Jika tersedia, atur kecepatan putaran atau waktu pengeringan yang diinginkan. Beberapa mesin cuci SHARP 2 tabung mungkin memiliki opsi untuk mengatur kecepatan putaran atau waktu pengeringan sesuai dengan jenis pakaian dan tingkat kelembaban yang diinginkan. Sesuaikan pengaturan ini sesuai dengan kebutuhan mencuci.
  5. Mulai proses pengeringan dengan menekan tombol start atau sesuai dengan instruksi pada panel kontrol. Mesin cuci akan mulai menggerakkan tabung pengering dengan kecepatan tinggi untuk mengeluarkan lebih banyak air dari pakaian dan membantu mengeringkannya.
  6. Setelah proses tersebut selesai, maka selanjutnya tinggal memeriksa apakah pakaian sudah cukup kering. Jika belum, maka proses pengeringan dapat diulangi dengan kecepatan dan waktu yang lebih lama.
  7. Setelah pakaian sudah cukup kering, maka pakaian dapat dikeluarkan dari mesin cuci dan menggantungnya atau menjemurnya secara alami untuk mengeringkannya sepenuhnya.

Penutup

Cara mengeringkan baju di mesin cuci SHARP 1 dan 2 tabung dapat menjadi efektif hanya jika kita menggunakannya sesuai dengan ketentuan yang terdapat pada buku panduan masing-masing mesin cuci. Sebab apabila tidak dilakukan dengan baik, justru tidak hanya pakaian yang kurang bersih di cuci atau kurang kering melainkan usia pemakaian mesin cuci lebih singkat atau cepat rusak.