Thursday, 18 Jul 2024

Cara Mengetahui Jumlah Anak Kucing Dalam Kandungan

5 minutes reading
Saturday, 2 Sep 2023 20:08 0 172 Sela Rahma

Nesiaverse.com – Bagaimana cara mengetahui jumlah anak kucing dalam kandungan? Agar bisa melihat ada berapa banyak anak kucing dalam kandungannya. Kalau begitu langsung saja baca artikel ini sampai selesai, jika kamu ingin mengetahui terkait jumlah janin anak kucing.

Sering kali kamu tidak bisa menebak-nebak ada berapa sih jumlah janin dalam perut si kucing yang sedang hamil ini. Kadang bikin kamu penasaran juga dan kepo, pengen tau berapa banyak anak kucing yang nantinya akan terlahir setelah si induk kucing sedang hamil ini melahirkan.

Memang akan cukup sulit hanya dengan memperhatikan besar perut si kucing, karena perut kucing akan semakin membesar setiap bulannya. Jadi tidak bisa kamu tebak hanya dengan melihatnya sekilas dari ukuran perut si kucing yang semakin membuncit atau membesar.

Lalu kalau begitu bagaimana cara mengetahui jumlah anak kucing dalam kandungan? Nah, disini akan memberikan beberapa tips atau cara untuk mengetahui jumlah anak kucing dalam kandungan sang induk. Jadi simaklah penjelasannya di bawah ini dengan seksama!

Cara Mengetahui Jumlah Anak Kucing Dalam Kandungan

Cara Mengetahui Jumlah Anak Kucing Dalam Kandungan

Sebelum itu ada beberapa hal yang perlu untuk kamu ketahui terlebih dahulu mengenai siklus birahi kucing dan ciri-ciri kucing berhasil hamil atau kawin. Penting sekali untuk kamu kenali hal itu, agar bisa kamu pahami dengan baik seputar kucing birahi.

Ternyata kucing memiliki siklus birahinya tersendiri, lho! Tidak seperti yang kamu bayangkan dan menyangka kucing itu tinggal langsung satu set, tapi ada tahap flirtingnya juga atau tarik ulur untuk menarik perhatian satu sama lain. Sampai pada akhirnya mereka kawin.

Berikut ada beberapa fase siklus kucing birahi, diantaranya adalah:

  1. Proestrus merupakan fase yang dimana mereka belum ada ketertarikan satu sama lain. Biasanya dalam fase ini kucing jantan akan mendekati si betina terlebih dahulu dan lebih banyak tingkah, namun kucing betina dalam fase ini akan cuek-cuek saja pada pejantan.
  2. Estrus atau birahi merupakan fase dimana si kucing akan memuncak birahinya dan berlangsung selama 7 hari atau bahkan lebih.
  3. Interestrus merupakan fase yang terjadi dimana si kucing belum berovulasi dan berlangsung selama 13-18 hari sampai proestrus dimulai lagi atau kucing betina belum dikawin-kawinkan. Jika kucing betina belum dikawinkan maka fase ini akan berlangsung selama 2-3 minggu dan kucing jantan akan berlangsung selama 1-2 minggu.
  4. Diestrus merupakan fase dimana kucing betina dan jantan sudah mulai berovulasi atau dikawinkan serta berlangsung selama 30-40 hari. Selain itu fase ini juga merupakan fase akhir dari siklus birahi kucing.

Nah, jika kucing kamu sudah memasuki masa birahi mereka dan siap untuk dikawinkan, kamu bisa segera mengawinkan si kucing dengan lawan jenisnya. Jika kucing kamu berhasil kawin bisa kamu lihat dari beberapa perubahan berikut:

  • Memiliki Chemistry Dengan Lawan Jenisnya
  • Kucing Akan Menjadi Lebih Tenang
  • Siklus Birahi Kucing Akan Berakhir
  • Nafsu Makan Meningkat
  • Lebih Rileks dan Banyak Tidur
  • Sensitif Terhadap Kehadiran Kucing Lain
  • Terjadi Pembuahan
  • Adanya Perubahan Kelenjar Susu
  • Perut Mulai Membesar
  • Sering Muntah di Pagi Hari

Menurut VCA Hospitals untuk kucing betina mereka akan membutuhkan 3-4 kali kawin dalam waktu 24 jam agar ovulasi terjadi. Selain itu juga semua tergantung kelangsung birahi si kucing bisa sampai berapa lama, biasanya jika birahinya sudah menurun mereka tidak akan kawin lagi begitupun sebaliknya. Bahkan kalo lagi memuncak biasanya sampai 6 kali kawin dalam sehari.

Jika kucing betina kamu akhirnya mengalami pembuahan dan ingin mengetahui jumlah janin yang terdapat pada kandungannya bisa dengan melakukannya saat si kucing sudah memasuki usia kehamilan 4-5 minggu, dengan cara sebagai berikut:

Melakukan USG

Buat kamu yang ingin mengetahui ada berapa banyak jumlah kucing dalam kandungan si kucing, bisa dengan membawanya ke dokter hewan untuk melakukan pengecekan dengan cara di USG atau ultrasonografi medis pada rahim si kucing yang sedang hamil.

USG membantu untuk mengidentifikasikan ukuran, bentuk, posisi rahim, dan janin yang terdapat pada kandungan si kucing. Sehingga kamu akan lebih mudah melihat jumlah anak kucing yang terdapat pada rahim si kucing secara jelas dan detail.

Lakukan Pemeriksaan X-Ray

Berbeda dengan USG, X-ray akan menampilkan keseluruhan yang terdapat pada organ si kucing dengan lebih jelas dalam bentuk 2 dimensi. Biasanya X-ray sendiri digunakan untuk melihat kondisi tulang, sendi, untuk memeriksa adanya cedera atau masalah patah tulang, radang sendi, pembusukan gigi, dan dapat mengetahui adanya kanker di tubuh.

Nah, biar lebih jelas berapa jumlah anak kucing di dalam kandungannya sekaligus untuk mengecek kesehatan si induk serta anaknya, bisa dengan melakukan pengecekan lewat X-ray dan nantinya kucing kamu akan disinari sinar-X atau sinar rontgen yang merupakan bentuk dari radiasi elektromagnetik. Sehingga nantinya akan terlihat jelas apa saja yang terdapat tubuh.

Mengetahui Melalui Kehamilan Sebelumnya

Salah satu cara mengetahui jumlah anak kucing dengan mudah adalah mengetahui melalui kehamilan sebelumnya. Jadi kalau kucing kamu pernah hamil sebelumnya dan pada waktu itu kucing kamu melahirkan 5 anak kucing, pasti kehamilan selanjutnya pun tidak akan jauh berbeda dengan yang sebelumnya.

Hanya saja mungkin memang akan ada sedikit meleset atau ada kemungkinan kucing juga melahirkan atau mengandung anak dengan jumlah yang berbeda setiap mereka hamil. Bisa saja dari beberapa faktor yang membuat si kucing mengandung lebih sedikit atau bahkan lebih dari kehamilan sebelumnya.

Itulah beberapa cara mengetahui jumlah anak kucing dalam kandungan yang mungkin perlu untuk kamu ketahui, agar kamu dapat mengetahui dengan jelas mengenai banyaknya jumlah janin atau anak kucing yang terkandung di dalam perut si induk kucing secara menyeluruh.

Selalu berikan yang terbaik untuk kucing kamu di rumah yang sedang hamil dengan memberikan perawatan ekstra serta memberikan makanan-makanan yang bernutrisi supaya janin dalam kandungannya terlahir sehat dan tidak cacat. Good Luck semoga membantu.