Cara Mengetahui Umur Kucing

6 minutes reading
Wednesday, 27 Sep 2023 03:03 0 38 Sela Rahma

Nesiaverse.com – Apa yang harus dilakukan untuk bisa mengetahui umur kucing? Kalau begitu langsung saja baca artikel ini sampai selesai, jika kamu ingin mencari tau terkait cara-cara untuk mengetahui usia atau umur pada kucing.

Memelihara kucing memang sangat menyenangkan, selain mereka sangat gemes, lucu, dan suka bertingkah konyol, kucing juga membuat kita tidak merasa kesepian dikala sedang bosan. Tentu saja mempunyai hewan peliharaan di rumah kamu harus bisa merawatnya dengan baik.

Merawatnya dari kecil hingga dewasa dan sampai akhirnya kucing menua. Namun, terkadang kita gk tau dalam membedakan atau mengetahui usia si kucing. Kebanyakan orang cuma tau anak kucing dan kucing dewasa tanpa diketahui usia atau umur kucing yang sebenarnya.

Lalu kalau begitu bagaimana cara mengetahui umur kucing? Nah, disini akan memberikan beberapa tips atau cara dalam mengetahui umur kucing yang bisa kamu lakukan sendiri dengan cara-cara yang cukup mudah. Jadi simaklah ulasannya di bawah ini dengan seksama!

Cara Mengetahui Umur Kucing

Cara Mengetahui Umur Kucing

Fakta menarik tentang umur kucing yang perlu kamu ketahui, sebagaimana dilansir dari Catster menjelaskan bahwa lama usia kucing dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti faktor lingkungan, kesehatan, dan perawatan yang kamu berikan kepada kucing selama hidup.

Melakukan sterilisasi pada kucing sangat penting untuk kelangsungan hidupnya agar panjang umur. Bahkan dengan kemajuan di bidang medis lainnya saat ini dapat membantu kucing bisa hidup lebih lama hingga 20 tahun atau lebih. Hal itu tentunya memerlukan biaya cukup mahal.

Namun, rata-rata hidup pada kucing domestik hanya mencapai 15 tahun saja. Selain itu masih ada faktor lainnya yang menjadi penentu usia atau umur kucing bisa bertahan sampai kapan, seperti halnya faktor dari genetik atau jenis dan ras kucing juga sangat berpengaruh.

Masih banyak orang yang mengabaikan betapa pentingnya untuk mengetahui usia atau umur kucing. Kebanyakan yang orang tau hanya bisa membedakan mana bayi kucing, mana anak kucing dan kucing dewasa saja karena dilihat dari segi fisik atau ukuran tubuh pada kucing.

Namun, orang-orang tidak tahu bagaimana cara untuk mengetahui umur kucing ketika mereka sudah mulai bertumbuh besar dan dewasa. Tapi sebelum itu ada hal yang perlu untuk kamu ketahui terlebih dahulu mengenai pentingnya atau manfaat kita mengetahui usia kucing, yaitu:

  1. Supaya kamu bisa memberikan perawatan yang tepat pada kucing
  2. Membantu kamu dalam memilih makanan atau pakan yang tepat
  3. Melatih kucing dalam melakukan berbagai hal
  4. Menyesuaikan lingkungan untuk kucing

Buat kamu yang ingin bisa mengetahui usia atau umur kucing, bisa ikuti atau tiru langkah dan cara-cara berikut dibawah ini, diantaranya yaitu:

Mengamati Umur Kucing Dari Awal Perkembangan

Langkah pertama pastinya kamu bisa lakukan dengan mengamati umur kucing mulai dari mereka terlahir. Misalnya menghitung umur pada anak kucing yang baru lahir sampai mereka menginjak usia dewasa. Berikut ada beberapa informasi mengenai cara mengetahui umurnya:

  • Anak kucing umur 1 hari > ditandai dengan ciri telinga yang masih melipat ke dalam, matanya masih belum bisa terbuka dan di awal kelahiran mereka tidak banyak bergerak.
  • Anak kucing umur 3 hari > ditandai dengan ciri telinga mulai terbuka ke atas dan sudah mulai aktif untuk banyak bergerak sedikit demi sedikit, walaupun masih terasa lemah.
  • Anak kucing umur 6 hari > ditandai dengan ciri telinga sudah terbuka dengan sempurna, matanya sudah sedikit terbuka, dan sudah mulai bergerak merangkak, tapi mereka belum bisa mendengar suara dengan jelas walaupun telinganya sudah terbuka sepenuhnya.
  • Anak kucing umur 10-15 hari > ditandai dengan ciri mata mulai terbuka sepenuhnya, hanya saja pupil mata mereka belum bisa bergerak dengan baik menyesuaikan cahaya.
  • Anak kucing umur 2 minggu > ditandai dengan ciri kucing sudah mulai bisa berjalan secara perlahan, namun masih belum bisa berjalan secara teratur atau masih ugal-ugalan.
  • Anak kucing umur 3 minggu > ditandai dengan ciri kucing sudah mulai bisa mendengar dan merespon suara, karena saluran telinga mereka sudah sepenuhnya terbuka. Selain itu di usianya yang sekarang, anak kucing sudah bisa berjalan dengan baik dan cukup aktif untuk mengenal lingkungan sekitarnya. Mulai tumbuh gigi susu dan mereka sudah bisa mengunyah serta bisa memberikan makanan padat untuk memperkenalkan makanan.
  • Anak kucing umur 4-5 minggu > ditandai dengan ciri kucing sudah banyak bertingkah dan aktif sekali, senang bermain, menggigit barang serta mulai bisa grooming sendiri.
  • Anak kucing umur 6 minggu > ditandai dengan ciri warna mata sudah mulai terlihat jelas.
  • Anak kucing umur 8 minggu > ditandai dengan ciri bobot tubuhnya mulai berkembang.

Mengamati Dari Perubahan Fisiknya

Langkah selanjutnya bisa kamu lakukan kalau memang kucing kamu sudah cukup dewasa dan tidak sempat mengamati umurnya dari awal pertumbuhan mereka, yaitu dengan melihat dari perubahan fisik pada kucing. Berikut ada beberapa cara-caranya, diantaranya yaitu:

Memeriksa Dari Perkembangan Giginya

  • Kucing mulai tumbuh gigi pertamanya pada umur 2-4 minggu dengan tumbuh gigi seri, umur 3-4 minggu mulai tumbuh taring, dan umur 4-6 minggu mulai tumbuh gigi lainnya.
  • Kucing yang sudah menginjak umur 6 bulan sampai 1 tahun semua gigi dewasa sudah tumbuh sepenuhnya dan warna pada giginya masih terlihat fresh atau putih bersih.
  • Kucing yang sudah mulai menginjak umur 2 tahun warna gigi pada kucing sudah tidak fresh lagi dan mulai terlihat sedikit keruh atau menguning pada giginya.
  • Kucing yang sudah menginjak umur 5 tahun warna gigi kucing akan bertambah kuning.
  • Kucing yang menginjak umur 10 tahun warna gigi kuning nya akan tampak lebih jelas.
  • Pada umur 10 tahun ke atas semua warna gigi akan menguning dan mulai kehilangan ketajaman dari giginya atau tumpul. Kucing yang sudah semakin tua gigi-giginya semakin berkurang serta ada resesi gusi. Tapi walaupun begitu hal ini sesuai dengan perawatan gigi yang kucing dapatkan, semakin bagus perawatannya mungkin tidak akan cepat rusak.

Memeriksa Bulu dan Tubuh Kucing

  • Pada kucing yang masih muda biasanya memiliki bulu yang lebih halus dan lebat.
  • Pada kucing yang sudah tua bulunya cenderung lebih kasar dan terdapat warna abu-abu.
  • Kucing yang masih muda memiliki tubuh yang lebih ramping dan berotot pada kucing jantan, karena masih aktif-aktifnya melakukan banyak aktivitas.
  • Kucing yang dewasa atau usia pertengahan bobot mereka akan lebih berisi dan bulat.
  • Kucing yang sudah tua memiliki tulang bahu yang terlihat lebih jelas dan kulitnya mulai mengendur.

Memeriksa Dari Perubahan Mata Kucing

  • Kucing yang masih muda kecerahan matanya lebih jernih dengan warna mata yang jelas serta kucing muda memiliki iris mata yang lebih bersih dan halus.
  • Kucing yang sudah tua kecerahan matanya akan mulai memudar dan warna matanya jadi lebih keruh karena terjadi penuaan atau bahkan katarak, serta iris mata kucing terlihat lebih tipis dan beberapa urat atau pigmen akan mulai terlihat.

Memperhatikan Kematangan Seksual

Langkah terakhir yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui umur kucing adalah dengan melihat dari kematangan seksualnya. Karena biasanya kucing akan mulai memasuki masa birahi jika mereka sudah cukup umur. Berikut ada beberapa cara-cara mengetahui umurnya:

  • Kucing jantan mencapai kematangan seksualnya pada umur 6 bulan, masa-masa pubertas kucing jantan biasanya ditandai dengan spraying atau pipis sembarangan untuk menandai wilayah kekuasaannya supaya kucing betina bisa datang mendekatinya.
  • Kucing betina mencapai kematangan seksualnya pada umur 5-9 bulan, paling subur saat menginjak umur 18 bulan hingga 8 tahun untuk mulai bisa menghasilkan anak.

Itulah beberapa cara mengetahui umur kucing yang mungkin perlu untuk kamu ketahui, agar kamu dapat mengenali usia kucing dengan melihat dari berbagai perubahan yang ada. Baik secara fisik, maupun perubahan-perubahan pada perilaku mereka yang semakin berubah.

Meskipun begitu kamu bisa mencegah perubahan yang terjadi atau membuat kucing bisa tumbuh panjang umur dan sehat dengan selalu memberikan perawatan yang terbaik, entah itu dari makanan yang bergizi ataupun perawatan kesehatan. Good Luck semoga membantu.