Thursday, 18 Jul 2024

Cara Menggemukkan Kucing Kampung Dengan Cepat

6 minutes reading
Saturday, 29 Jul 2023 20:04 0 91 Sela Rahma

Nesiaverse.com – Bagaimana sih cara menggemukan kucing kampung dengan cepat? Penasaran? Kalau begitu langsung saja baca artikel ini sampai selesai, jika kamu ingin mengetahui cara-caranya dan mengatasi hal tersebut dengan mudah.

Kucing kampung memang sering dan sudah terbiasa untuk mencari makannya sendiri diluar. Tapi hal itu tidak akan menentukan selalu mendapatkan makanan diluar sana, sehingga kebanyakan kucing kampung ini memiliki badan yang kurus-kurus dan tidak terawat.

Kamu sebagai catlovers pastinya sudah sering melihat pemandangan kucing kampung yang seperti itu. Bahkan tidak hanya dengan kurus saja, tapi mereka juga memiliki tubuh yang tidak sehat mulai dari kulitnya, bulunya, bahkan tidak jarang kaki kucing memiliki berbagai luka.

Maka dari itu kamu sebagai cat lovers sejati, jangan biarkan kucing-kucing kampung diluar sana merasakan kelaparan dan kurus kering. Kamu bisa mengatasinya dengan beberapa cara yang akan dijelaskan dan dituliskan di bawah ini, jadi simaklah dengan seksama!

Cara Menggemukkan Kucing Kampung Dengan Cepat

Cara Menggemukkan Kucing Kampung Dengan Cepat

Sebelum itu ada beberapa hal yang harus kamu ketahui terlebih dahulu mengenai kucing kampung ini, sebelum membantunya memberi makan supaya cepat gemuk. Kucing kampung atau bisa disebut dengan kucing domestic yang bisa mudah kamu temukan dimana saja.

Kucing domestic ini cenderung hidup di alam luar atau biasa di jalanan untuk bertahan hidup dan menjadikannya sebagai tempat atau habitat mereka hidup serta tinggal disana. Memang cukup sulit untuk membantu kucing domestic ini agar cepat gemuk.

Harus melakukan banyak hal terlebih dahulu untuk memastikan kondisi tubuhnya apakah memiliki permasalahan kesehatan atau tidak. Karena kucing kampung pastinya hidup dimana saja bersama hewan-hewan liar lainnya dan memakan apapun selama itu bisa dimakan.

Sehingga bisa saja ada penyebab yang dapat menghambat pertumbuhannya dan menjadi tidak akan mudah untuk menggemukan mereka hanya dengan memberinya makan. Contohnya seperti cacingan, kucing yang tidak terawat pastinya akan mengalami cacingan di tubuhnya.

Jadi percuma saja kamu memberinya banyak makan, mereka tidak akan bisa gemuk-gemuk. Maka dari itu sebelum memberinya makan ada hal yang harus kamu lakukan terlebih dahulu, berikut adalah cara-caranya untuk menggemukkan kucing kampung:

Memvaksinnya Terlebih Dahulu

Pertama adalah dengan mem vaksinnya terlebih dahulu. Kucing kampung pasti tidak pernah divaksin lebih dulu, makanya banyak kucing kampung diluar sana yang sakit-sakitan, kulitnya terkena bakteri atau jamur yang membuat kulit kucing itu tidak sehat. Maka dari itu cobalah untuk menghubungi dokter kesehatan kucing untuk datang dan memvaksin kucing kampung.

Jika sudah tervaksin dengan baik, kucing kampung juga akan terhindar dari berbagai virus yang masuk ke tubuhnya. Kamu juga bisa memberinya obat cacing biar gak cacingan yang dapat menghambat pertumbuhan si kucing. Dengan begitu kucing pun akan lebih sehat dan tumbuh dengan baik serta sehat tanpa hambatan karena cacingan atau sakit.

Tambahkan Asupan Vitamin

Kedua adalah memberinya asupan vitamin. Kalau sudah divaksin pastikan kamu memberinya vitamin sebagai tambahan nutrisinya dan agar membuat kucing kampung itu lebih nafsu untuk makan dengan lahap agar cepat gemuk. Kamu bisa menambahkan vitamin ke dalam makanannya saat akan kamu berikan kepada si kucing.

Dengan begitu vitamin yang sudah masuk ke tubuh kucing-kucing kampung itu dapat membantu meningkatkan nafsu makan atau selera makannya, lalu kamu berilah makanan pada mereka dengan porsi yang cukup setiap harinya dan juga cobalah untuk mengatur jam makannya seperti pagi, siang, sore, dan malam agar kucing-kucing itu cepat gemuk.

Pastikan Memberi Makanan Yang Higienis

Ketiga adalah untuk pastikan memberi makanan yang higienis. Walau kucing kampung sudah terbiasa makan dimana saja tanpa menggunakan alas atau wadah, tetap saja kamu harus menggunakan wadah yang bersih saat akan memberinya makan. Karena percuma kalau diberikan begitu saja ke tanah atau lantai. Membuat bakteri dan kuman menempel.

Sehingga makanan yang tadinya higienis dan bersih akan menjadi kotor serta kandungan yang ada dalam makanan itu menjadi tidak efektif lagi untuk membuat kucing-kucing itu ternutrisi dengan baik. Karena adanya campuran yang dapat merusak cita rasa serta mengurangi efek atau manfaat makanan itu. Mau seberapa bagus dan mahal produknya kalo kotor percuma.

Berikan Makanan Berprotein Tinggi

Keempat adalah dengan memberikan makanan berprotein tinggi. Kucing biasanya lebih membutuhkan protein daripada karbohidrat untuk membuatnya menjadi gemuk. Makanya kamu harus membeli produk makanan kucing yang mengandung tinggi protein serta kandungan lainnya yang bagus untuk menggemukan kucing seperti lemak baik dan serat.

Dengan begitu kucing-kucing kampung itu dapat tumbuh dengan sehat dan cepat gemuk tidak kurus kering lagi. Kamu bisa membeli produk makanannya seperti whiskas, royal canin, atau yang termurah seperti bolt, felibite dan lain sebagainya. Bisa kamu beli dan dapatkan di berbagai petshop terdekat dengan beragam harga yang tersedia.

Pilihlah Produk Dry dan Wet Food Berkualitas

Kelima adalah dengan memilih produk dry food dan wet food yang berkualitas. Membuat kucing kampung gemuk bukanlah suatu hal yang mudah bukan? Akan membutuhkan waktu yang cukup lama dan itu harus rutin dilakukan atau memberinya makan dengan teratur. Tidak hanya dengan sering memberinya makan tapi kamu juga harus memilih produk berkualitas.

Makanan kucing ini terbagi dalam dua jenis, ada dry food sebagai makanan keringnya dan wet food makanan basahnya. Nah, kamu bisa memilih kedua jenis tersebut untuk kamu berikan pada si kucing. Namun, jika ingin membuat mereka gemuk dengan cepat, pastinya harus memberikan makanan yang berkualitas kan? Seperti whiskas dan royal canin.

Kedua produk itu sangat bagus dan bisa membantu kucing-kucing kampung itu gemuk dengan cepat. Bisa juga membeli produk lain selain itu tapi dengan kualitas yang sama-sama bagus dan cukup efektif membuat kucing cepat gemuk. Asalkan kamu harus rutin memberinya makan dan jangan melupakan jadwal makannya.

Jangan Mengganggu Proses Makannya

Terakhir adalah dengan cara jangan mengganggu proses makannya. Kucing kampung lebih cenderung mudah takut kepada manusia karena bisa saja mereka mengalami kekerasan yang dilakukan oleh manusia, sehingga membuatnya trauma dan saat didekati mereka akan menunjukan perilaku untuk pertahanan diri karena harus waspada terhadap manusia.

Maka dari itu saat kamu akan memberinya makan cukup kamu pantau saja dari jauh, karena kalau didekati pasti akan kabur dan makan dengan tidak tenang membuatnya gak nyaman. Usahakan untuk tidak mengganggunya saja, biarkan mereka makan dengan lahap dan tenang supaya tercerna dengan baik. Sediakan juga minum untuk kucing setelah makan biar gak dehidrasi.

Itulah beberapa cara menggemukan kucing kampung dengan cepat yang bisa kamu lakukan atau tiru langsung agar kucing-kucing kampung diluar sana menjadi sehat dan memiliki tubuh yang gemuk tidak kurus kering lagi.

Selalu rutin memberi mereka makan sesuai takaran yang sudah kamu tentukan, untuk membantunya tumbuh dengan baik. Jangan lupa juga untuk memberi makannya di tempat yang bersih supaya makanannya tidak kotor. Good Luck semoga membantu.