Monday, 17 Jun 2024

6 Latihan Menambah Berat Badan di Rumah

6 minutes reading
Saturday, 29 Jul 2023 21:05 0 207 Muti Karya

Nesiaverse.com – Latihan untuk menambahkan berat badan seseorang, dapat dilakukan di rumah juga. Tidak semua jenis olahraga untuk menurunkan berat badan. Karena ada beberapa jenis olahraga yang juga diperuntukan untuk menambah berat badan seseorang selain untuk menyehatkan. Hal ini layak dilakukan pagi kamu yang memiliki tubuh kurus yang ingin berisi dan tampak sehtai. Olahraga tidak hanya memberikan tubuh yang sehat saja, namun dapat memperbaiki volume dan bentuk tubuh kamu. 

Dalam melakukan kegiatan olahraga kamu dapat melakukannya dimana saja. Tidak harus melakukannya di luar ruangan atau datang ke tempat gym. Pasalnya, kamu bisa melakukan kegiatan latihan olahraga di rumah juga. Nah, bagi kamu yang pemula juga bisa memulainya dengan latihan mandiri di rumah. Selain menghemat waktu, kamu juga dapat menghemat pengeluaran. 

Latihan Menambah Berat Badan di Rumah

Jika kamu ingin mendapatkan berat badan yang meningkat, kamu tidak cukup fokus dalam memperbaiki atau penambahan porsi dna nutrisi makanan saja. Namun, kamu juga harus memperhatikan jenis olahraga yang dapat dilakukan untuk meningkatkan berat badan seseorang. Dengan melakukan latihan berat badan di rumah, kamu bisa melakukannya kapan saja. 

Untuk mengimbangi asupan nutrisi dna porsi makan yang bertambah, kamu harus melakukan olahraga. Tentunya tujuan ini selain untuk memanjakan berat badan dapat juga meningkatkan dan menjaga massa otot. Dengan demikian, penting bagi kamu untuk mengetahui jenis latihan olahraga yang dapat menambahkan berat badan di rumah secara bertahap. 

Berikut beberapa jenis latihan olahraga yang dapat menambah berat badan di rumah. Sehingga kamu dapat menyeimbangi nutrisi dan porsi makan yang bertambah, selama program penaikan berat badan berlangsung. 

Push Up

6 Latihan Menambah Berat Badan di Rumah

Jenius olahraga pertama yang bisa kamu gunakan sebagai latihan untuk menambah berat badan di rumah adalah push up. Push up adalah salah satu olahraga yang akan emmebantu kamu untuk emabntung otot di area lengan dan bahu. Sehingga jika dilakukan secara rutin kamu akan dapat menjaga dan meningkatkan massa otot. Maka, kamu akan bertambah berat badan dan mendapatkan volume tubuh yang baik juga. 

Berikut cara untuk melakukan push -up yang baik dan benar :

  • Pertama, berbaringlah secara telungkup
  • Lanjutkan dengan meletakan tangan pada alsa, jika kamu menggunakannya. Pastikan juga telapak tangan rata dengan tangan yang terentang di samping, selebar bahu. 
  • Lanjutkan dengan secara perlahan mendorong tubuh ke atas, pastikan lenkan kamu terentangs epenuhnya. 
  • Jaga uga bagian punggung dan kaki hingga lurus dan tubuh akan membentuk garis lurus dengan baik. 
  • Secara perlahan kamu bisa mulai menurunkan tubuh kamu kembali ke posisi bawah, hingga hidung hampir menyentuh lantai. 
  • Ulangi gerakan naik dan turun semampunya. 

Pull Up

6 Latihan Menambah Berat Badan di Rumah

Selain Push up kamu dapat melakukan latihan untuk menambahkan berat badan seperti pull up di rumah kamu. Latihan ini akan membantu kamu untuk membantu bagian otot lengan dan bahu dengan baik. Sehingga tubuh kamu akan bervolume dan berat badan akan bertambah seiringnya wkatu. Pull up hampir sama dengan gerakan push up. 

Berikut cara untuk melakukan pull up yang baik dan benar :

  • Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan memegang pull up bar dengan menggunakan kedua tangan. 
  • Perhatikan kedua lengan kamu harus selebar bahu, tidak boleh terlalu dekat apalagi terlalu jauh dari garis bahu. 
  • Jika sudah, kamu bisa mulai melakukan gerak menarik tubuh, sehingga kaki tidak menyentuh bagian dasar lantai. Pastikan lengan kamu dalam keadaan yang tetap lurus. 
  • Jika sudah kamu bisa mulai menarik tubuh, hingga bagian dagu kamu berada diatas tiang pull up bar yang digunakan. 
  • Turunkan kembali tubuh secara perlahan, agar lengan menjadi lurus kembali. Jangan menurunkan badan secara sekaligus, karena akan menimbulkan cedera parah.
  • Lanjutkan gerakan pull up tersebut secara terus menerus, sesuai kemampuan kamu. 

Bench Press

6 Latihan Menambah Berat Badan di Rumah

Selanjutnya kamu dapat melakukan olahraga bench press, dimana kamu membutuhkan flat bench yang digunakan untuk berbaring dan barbel bar. Namun, kamu harus memperhatikan jenis barbel yang digunakan. Jangan menggunakan barbel yang terlalu berat. Latihan dengan gerakan bench press ini akan membantu kamu untuk membentuk bagian otot bahu, trisep hingga dada. Jenis latihan satu ini sangat cocok untuk menambahkan berat badan. Karena mampu memberikan tubuh volume yang banyak. 

Berikut cara untuk melakukan bench press yang baik dan benar :

  • Pertama, kamu harus dalam posisi berbaring terlentang pada flat bench. ( Jika bench yang kamu gunakan memiliki rak untuk menaruh barbel bar, maka kamu dapat menghadapkan tubuh ke bar tersebut. Namun, jika tidak ada kamu dapat memegang barbel dengan berhati-hati, dengan perlahan berbaling ke belakang di bangku sehingga kamu dapat merasa nyaman. 
  • Peganglah barbel bar dengan menggunakan kedua tangan, termasuk ibu jari juga. Jangan ragu untuk mulai merenggang jari sedikit. 
  • Mulai dengan menurunkan lengan secara perlahan, sehingga barbel akan mendekat ke dadamu. 
  • Jika sudah, perlahan luruskan kembali lenganmu
  • Lakukan dan ulangi sebanyak 4 hingga 5 kali, sesuaikan saja dengan kemampuan dan kondisi fisik kamu. 

Lunges

Lunges merupakan salah satu jenis latihan untuk menambah berat badan yang bisa kamu lakukan di rumah. Latihan Lunges ini bermanfaat untuk membesarkan dan mengencangkan otot kaki dan pantat. Sehingga selain berisi badan kamu juga akan terbentuk dengan baik dan bagus. 

Berikut cara untuk melakukan Lunges yang baik dan benar :

  • Pertama, kamu dapat memulainya dengan posisi tubuh berdiri tegak, kemudian regangkan otot perut. 
  • Lanjutkan dengan rentangkan juga satu kaki seperti sedang melangkah. Lanjutkan dengan mencondongkan tubuh ke arah depan, seperti kamu sedang berlutut sehingga nantinya lutut kamu membentuk sudut 90 derajat. 
  • Jika sudah, dorong kembali tumit kaki akmu sehingga tubuh akan terangkat ke posisi awal, yaitu berdiri dengan tegak. 
  • Ulangi gerakan lunges ini sebanyak yang kamu bisa disesuaikan dengan kondisi tubuh kamu. 

Tricep Dips

Olahraga satu ini dapat menambahkan berat badan kamu dengan baik. Tricep dips sendiri akan membantu kamu untuk membentuk otot bagian lengan dan bahu, sehingga berat badan kamu juga akan bertambah dan dapat dilakukan di rumah, kapan saja. 

Berikut cara untuk melakukan Tricep Dips yang baik dan benar :

  • Pertama, kamu bisa menekan kedua tangan, untuk memulai gerakan mengangkat badan dan goreslah posisi tubuh kamu menjauh dari kursi atau bangku yang digunakan. 
  • Jika sudah, kamu dapat menurunkan kembali posisi badan hingga siku bagian tangan tertekuk dan membentuk sudut 45 hingga 90 derata. Kontrol gerakan tersebut agar tetap stabil.
  • Kemudian dorong badan kamu ke posisi semula secara perlahan, pastikan kedua lengan kamu dalam keadaan lurus pada posisi balik ini. 
  • Lakukan gerakan triceps dips ini secara berulang kali. 

Traditional Flat Bench Press

 

Terakhir, kamu dapat melakukan latihan untuk menambahkan berat badan di rumah menggunakan Traditional flat bench press. Jenis olahraga satu ini bisa kamu manfaatkan untuk menambahkan berat badan kamu dengan cepat. Dalam menggunakan latihan ini di rumah, kamu membutuhkan barbel dan bangku datar. Jenis olahraga satu ini dapat melatih otot bagian atas, sehingga kamu akan tampak berisi dengan bagian badan yang bervolume baik.

Berikut cara untuk melakukan Traditional flat bench press yang baik dan benar :

  • Langkah pertama yang bisa kamu lakukan darah dengan berbaring ke arah langit-langit. 
  • Jika sudah, rentangkan tangan pada sisi tubuh kamu, Mulailah pegangan tiang pengangkat bench press dengan memastikan siku kamu menekuk hingga 90 derajat. 
  • Pergilah, kamu dapat mengangkat tiang dengan memposisikan posisi di bagian depan dada dengan tangan yang lurus. 
  • Setelah menahan beberapa detik, kamu dapat mengembalikan tiang pada rak penyangga tersebut.
  • Lakukan gerakan ini sesuai kemampuan kamu. 

Demikian pembahasan mengenai jenis latihan yang dapat menambah berat badan yang bisa kamu lakukan di rumah . Tidak hanya menghemat waktu kamu juga bisa lebih bersantai dan nyaman melakukan kegiatan olahraga di rumah. Kamu dapat melakukan kegiatan latihan olahraga diatas kapan saja, sehingga dapat mendukung program penambahan berat badan kamu dengan baik.