Wednesday, 17 Jul 2024

5 Gerakan Workout di Rumah Untuk Pemula

6 minutes reading
Sunday, 30 Jul 2023 19:13 0 226 Muti Karya

Nesiaverse.com – Jika kamu adalah pemula, maka kamu dapat melakukan gerakan workout di rumah untuk memulai kebiasaan workout secara rutin. Workout merupakan salah satu jenis olahraga yang bisa kamu lakukan di rumah sekalipun. Ada beragam jenis workout yang bisa kamu lakukan, khususnya bagi pemula. Sehingga bsia dapat ebrkembang dan melakuakan jenis workout dengan tahapan yang lebih tinggi lagi. 

Jika kamu memiliki rencana untuk menurunkan berat badan dan ingin memiliki tubuh yang ideal, maka kamu bisa melakukannya dengan mulai melakukan gerakan workout juga. Tidak hanya dengan mengatur pola makan, jenis makanan diet tapi kamu juga harus mneyeimbanginya dnegan aktiviats olahraga yang mampu membakar kalori dengan baik. Sehingga dengan menyeimbangi dengan olahraga sepetri workout kamu dapat mewujudkan badan ideal impian kamu. 

Gerakan Workout di Rumah Untuk Pemula 

Dengan melakukan gerakan workout di rumah untuk pemula secara rutin, menjadi salah satu solusi terbaik bagi kamu yang ingin menjaga kesehatan tubuh bahkan dapat menurunkan berat badan juga. Ketika kamu tidak memiliki banyak waktu untuk berolahraga di gym, maka kamu dapat melakukannya di rumah saja . Selain menghemat waktu, kamu juga dapat menghemat pengeluaran dengan melakukan workout di rumah.

Workout sendiri adalah salah satu latihan fisik yang masuk kategori olahraga ringan guna meningkatkan dan memelihara kebugaran tubuh di tengah rutinitas harian kamu. Untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh sendiri kamu tidak selalu membutuhkan olahraga yang berat. Jenis olahraga harus kamu sesuaikan dengan kemampuan dan kondisi fisik kamu. 

Bagi kamu yang pemula dan tidak tahu jenis olahraga atau workout yang bisa kamu lakukan di rumah, kamu sudah merangkumnya. Berikut beberapa gerakan workout yang bisa kamu lakukan di rumah sebagai pemula, untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh kamu. Sehingga terhindar dari berbagai risiko serangan penyakit ketika sistem imun tubuh menurun. 

Jumping Jacks

Gerakan Workout di Rumah Untuk Pemula

Jumping jacks merupakan salah satu jenis workout yang digemari banyak orang, khususnya bagi para pemula. Salah satu gerakan workout yang dapat kamu lakukan atau praktikan adalah gerakan jumping jacks. Dengan melakukan gerakan jumping jacks ini kamu akan meningkatkan kemampuan atau kekuatan tubuh serta kardiovaskular jadi lebih terlatih juga. Dengan melakukan jumping jacks di workout kamu, akan membuat kinerja dan fungsi jantung meningkat. Sehingga aliran darah akan berjalan lebih lancar lagi ke seluruh tubuh, pun sebaliknya.

Berikut cara melakukan gerakan Jumping Jacks yang baik dan benar :

  • Pertama, kamu bisa mejeulainya dengan berdiri tegak dan lurus dengan bagian kedua kaki yang saling menempel.
  • Berikutnya, kamu sbai emlanjutkan dnegan mnururnkan kedua tangans ecara lururs ke bagian bawah. 
  • Kemudian letakkan masing-masing sesuai posisinya.
  • Maka, lanjutkan dengan melakukan lompatan sambil merenggangkan kedua kaki secara terbuka dengan lebar. Lakukan ini dalam satu kali gerakan. 
  • Secara bersamaan dengan melakukan gerakan sebelumnya, angkat juga kedua tangan di atas kepala kamu seperti akan bertepuk.
  • Setelah itu kembali ke posisi semula, lakukan gerakan ini secara berulang kali sesuai dengan kemampuan kamu. 

Push Up

Gerakan Workout di Rumah Untuk Pemula

Push up termasuk salah satu gerakan yang bisa dilakukan untuk aktivitas workout yangs angat efektif untuk mnegencangkan otot pada tubuh. Banyak sekali manfaat dari gerakan push up yang bisa kamu rasakan nantinya. Gerakan push up sendiri cocok bagi kamu yang ingin melatih dna membentuk otot, khususnya di bagian dada, trisep, bahu depan dan trisep. 

Berikut cara melakukan gerakan Push up yang baik dan benar :

  • Pertama, kamu bisa memulainya dengan meletakkan kedua telapak tangan dan jari jari kaki pada lantai. Hal ini guna untuk menopang tubuh kamu, hingga membentuk garis lurus dari kepala hingga ke kaki. 
  • Lanjutkan dengan mulai menekan bagian siku, sehingga badan kamu akan menurunkan tubuh mendekati lantai. 
  • Setelah itu kembalikan ke posisi awal, pastikan lengan kamu dalam posisi lurus. 
  • Lakukan gerakan naik turun dalam melakukan push up sesuai dengan kemampuan kamu. 

Wall Sit

Gerakan Workout di Rumah Untuk Pemula

Selanjutnya ada gerakan wall sit, yang bisa kamu jadikan salah satu menu untuk melakukan workout di rumah. Gerakan wall sit sendiri akan membantu kamu untuk membentuk kekuatan otot pada tubuh. Selain itu wall sit juga dapat meningkatkan daya tahan pada bagian otot di area bawah tubuh. Sehingga kamu bisa meningkatkan ketahanan dan massa otot juga. 

Berikut cara melakukan gerakan Wall up yang baik dan benar :

  • Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan berdiri, hadapkan bagian punggung ke dinding sekitar setengah meter dari dinding di dekat kamu. 
  • Setelah itu, kamu bisa mulai menggerakan pinggul ke bawah dalam kondisi tetap menempel pada dinding, sampai kaki kamu menekuk hingga dapat membentuk sudut hingga 90 derajat.
  • Dalam melakukan gerakan ini, kamu harus memastikan bahu, panggul serta bagian belakang kepala kamu menempel pada dinding dengan kondisi yang lurus. 
  • Pastikan kedua kaki kamu tampak kokoh di lantai, dengan berita yang sama rata.
  • Jika diperlukan, kamu dapat meluruskan bagian kaki ke depan secara bergantian juga. Kemudian tahanlah hingga 30 detik ataupun lebih. Pastikan sesuai kemampuan kamu. 
  • Lakukan gerakan Wall sit secara terus menerus sesuai dengan kemampuan dan kondisi kamu. 

Squat

Squat merupakan salah satu gerakan workout yang bisa kamu lakukan di rumah khususnya bagi pemula. Gerakan squat sendiri memiliki manfaat untuk melatih tubuh bagian bawah kamu hingga ke otot dan persendiannya. Jika kamu melakukan workout squat ini secara teratur, maka otot, paha dan bokong akan lebih mengencangs heingga dapat memicu melancarkan sistem pencernaan pada tubuh juga, 

Berikut cara melakukan gerakan Squat yang baik dan benar :

  • Pertama, kamu harus berada dalam posisi berdiri yang tegak
  • Lanjutkan dengan membuka kedua kaki, hingga selebar pinggul kamu. 
  • Lanjutkan dengan mulai menurunkan bagian tubuh sejauh yang kamu bisa, kemudian doronglah pinggul ke arah belakang dengan posisi kaki selebar bahu.
  • Pastikan kamu emnjaag keseimbanag, dimana posisi kaki tidak boleh melebihi lebar bahu kamu. 
  • Posisikan tubuh bagian bawah sejajar dengan lantai dan perhatikan bagian dada dibusungkan dan tidak membungkuk. 
  • Jika sudah, kamu bisa mulai mengangkat tubuh hingga kembali ke posisi awal. 
  • Lakukan gerakan squat ini secara terus menerus sesuai dengan kemampuan kamu. 

Plank

Plank merupakan gerakan workout yang wajib kamu lakukan, hal ini akan membantu untuk membangu kekauatan pada bagian atas tubuh. Sehingga nantinya akan meningkatkan fleksibilitas tubuh, sehingga akan meningkat ketika gerakan plank ini kamu lakukan secara rutin. 

Berikut cara melakukan gerakan Plank yang baik dan benar :

  • Pertama, kamu harus memposisikan kedua lengan menekan pada bagian lantai yang menjadi alas kamu. 
  • Lanjutkan dengan memastikan berat badan kamu akan bertumpu pada kedua lengan kamu. 
  • Lanjutkan dengan menekuk jari kaki dan posisikanlah tubuh kamu hingga membentuk garis yang lurus, mulai dari area bahu hingga ke pergelangan kaki. 
  • Posisikan perut kamu dalam keadaan tertahan dan tidak menyentuh lantai juga. 
  • Jika posisinya sudah sesuai kamu bisa langsung memulai plank, dengan menahan posisi tersebut selama 5 hingga 30 menit lamanya. Jika kamu pemula maka lakukan secara bertahap misalnya mulai dengan 30 detik, hari berikutnya 1 menit dna hingga mencapai 30 menit lamanya. 

Demikian pembahasan mengenai beberapa jenis gerakan workout yang bisa kamu lakukan di rumah, untuk pemula sekalipun. Sehingga seiringnya berjalan waktu kamu dapat melatih fisik di sela-sela aktivitas sehari-hari kamu. Alangkah lebih baik lagi jika kamu melakukan gerakan ini secara rutin setiap harinya. Karena selain tubuh yang sehat kamu juga bisa mengalami penurunan berat badan secara signifikan.