Monday, 15 Apr 2024

Cara Menghilangkan Bau Mulut Dengan Daun Sirih

4 minutes reading
Monday, 12 Feb 2024 20:08 0 51 Sela Rahma

Nesiaverse.com – Kalau sudah menyangkut tentang daun sirih, pastinya semua orang juga sudah tidak akan kaget lagi dengan manfaat daun sirih untuk kesehatan gigi. Daun sirih dipercaya mampu membunuh bakteri-bakteri yang ada di dalam mulut. Maka, cara menghilangkan bau mulut dengan daun sirih juga sangatlah efektif.

Minyak atsiri yang terkandung dalam daun sirih ini memiliki aroma khas yang segar dan wangi. Makanya, penggunaan daun sirih untuk menghilangkan bau mulut memang dikenal sangat ampuh sekali. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan segudang manfaatnya dalam menjaga kesehatan gigi serta mengatasi masalah kesehatan mulut.

Lantas, bagaimana cara menghilangkan bau mulut dengan daun sirih? Nah, disini akan memberikan beberapa tips atau tata cara penggunaan daun sirih untuk menghilangkan bau mulut. Jadi langsung saja simak ulasannya di bawah ini dengan seksama!

Cara Menghilangkan Bau Mulut Dengan Daun Sirih

Cara Menghilangkan Bau Mulut Dengan Daun Sirih

Dilansir dari laman Halodoc. Halitosis atau bau mulut merupakan penyebab umum nomor tiga, dimana orang mendatangi dokter gigi, selain karena kerusakan gigi dan penyakit gusi. Pengobatan rumah sederhana dan perombakan gaya hidup, seperti meningkatkan kebersihan gigi dan berhenti merokok, seringkali menjadi alternatif solusi menghilangkan masalah ini. 

Selain itu, penyebab utama dari bau mulut adalah adanya bakteri di dalam mulut yang menghasilkan senyawa sulfur. Senyawa sulfur sendiri dikenal sebagai zat dengan bau yang tidak sedap, sehingga demikian membuat bau mulut yang menggelegar.

Menurut buku Khasiat & Manfaat Daun Sirih: Obat Mujarab dari Masa ke Masa oleh Rini Damayanti Moeljanto, dijelaskan bahwa daun sirih memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia dan sudah banyak dimanfaatkan sebagai obat tradisional sejak zaman dulu.

Sirih sendiri merupakan tanaman herbal yang terbilang familiar di Indonesia. Daun dari tanaman herbal ini juga berkhasiat untuk kesehatan tubuh, beberapa diantaranya dapat digunakan sebagai obat diabetes, asam urat, dan berbagai penyakit lainnya apabila daun sirih ini dikonsumsi, termasuk masalah bau mulut.

Daun sirih telah lama digunakan dalam berbagai praktik tradisional karena memiliki kandungan antimikroba dan antiseptik. Daun sirih mengandung berbagai senyawa aktif yang dapat kamu manfaatkan untuk menghilangkan bau mulut. 

Beberapa senyawa tersebut antara lain adalah eugenol, estragol cineole dan linalool. Eugenol dan estragol adalah senyawa yang memiliki sifat antimikroba dan antiseptik. Sementara itu cineole dan linalool dapat memberikan efek penyegar pada mulut. Efek penyegar ini dapat membantu menghilangkan bau mulut yang tidak sedap.

Nah, senyawa-senyawa ini nantinya dapat membunuh bakteri penyebab dari bau mulut seperti bakteri Streptococcus mutans dan Porphyromonas gingivalis. Selain itu senyawa-senyawa tersebut juga dapat menghambat pertumbuhan bakteri di dalam mulut. Oleh karena itu, daun sirih menjadi salah satu cara efektif untuk kamu yang berencana menghilangkan bau pada mulutmu.

Nah, berikut ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan dalam memanfaatkan daun sirih sebagai upaya menghilangkan bau mulut. Kamu bisa lakukan cara menghilangkan bau mulut dengan daun sirih, yaitu mengunyah daun sirih secara langsung. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Bersihkan daun sirih terlebih dahulu 
  • Kemudian, kunyahlah selama beberapa menit
  • Setelah itu, daun sirih dapat dikeluarkan dari mulut
  • Berkumurlah menggunakan air bersih

Selain itu, kamu dapat memanfaatkan daun sirih dengan menjadikannya sebagai bahan pembuatan obat kumur alami. Berikut adalah cara menghilangkan bau mulut dengan daun sirih yang dijadikan sebagai obat kumur, yaitu:

  • Rebus beberapa lembar daun sirih dalam air bersih. 
  • Setelah air mendidih biarkan selama beberapa menit hingga zat-zat aktif dalam daun sirih terlepas ke dalam air. 
  • Saring air rebusan daun sirih.
  • Lalu gunakanlah sebagai obat kumur.

Itulah penjelasan mengenai cara menghilangkan bau mulut dengan daun sirih. Perlu diingat untuk dilakukan secara konsisten dan tetap melakukan perawatan rutin seperti menyikat gigi, atau bersiwak serta melakukan flossing menggunakan benang gigi, agar kamu mendapatkan kesehatan mulut secara maksimal.

Jika bau mulut kamu masih ada, akibat kondisi gigi berlubang atau bahkan kamu mendapati kondisi tertentu seperti mulut lebih sering kering, kurangnya produksi air liur, rasa tidak nyaman pada mulut. Jangan sungkan untuk segera konsultasi ke dokter ahli, agar mendapatkan perawatan yang lebih intens. Good Luck semoga membantu.