Monday, 15 Apr 2024

Efek Samping Memutihkan Gigi Dengan Jeruk Nipis dan Garam

4 minutes reading
Tuesday, 13 Feb 2024 18:04 0 50 Sela Rahma

Nesiaverse.com – Garam dan jeruk memang dipercaya dapat memutihkan gigi secara alami. Namun, perlu kamu ketahui ada beberapa efek samping memutihkan gigi dengan jeruk nipis dan garam, jika digunakan terlalu sering ataupun berlebihan.

Kedua bahan alami tersebut memiliki banyak manfaatnya, termasuk untuk menjaga kebersihan dan memutihkan gigi. Tapi, disisi lain kebanyakan orang mengabaikan efek samping dari penggunaan jeruk nipis dan garam untuk memutihkan gigi secara alami.

Seperti yang kamu tau, kalau kadar pH pada jeruk nipis sangat mempengaruhi kesehatan gigi, begitupun dengan garam. Maka dari itu, sebelum kamu mencoba mengikuti cara memutihkan gigi dengan bahan alami, ketahui juga efek sampingnya.

Lantas, apa saja sih efek samping memutihkan gigi dengan jeruk nipis dan garam? Nah, disini akan memberikan beberapa penjelasan mengenai efek samping dari jeruk nipis dan garam untuk memutihkan gigi. Jadi simaklah ulasannya di bawah ini!

Efek Samping Memutihkan Gigi Dengan Jeruk Nipis dan Garam

Efek Samping Memutihkan Gigi Dengan Jeruk Nipis dan Garam

Gigi yang putih dan bersih merupakan idaman bagi setiap orang. Seiring dengan perubahan zaman, banyak sekali metode untuk memutihkan gigi yang dapat kamu praktikkan, salah satunya adalah memutihkan gigi dengan jeruk nipis dan garam.

Jeruk nipis dan garam diketahui memiliki antiseptik yang baik untuk menghilangkan bau tidak sedap pada mulut, sekaligus dapat membantu memutihkan gigi. Oleh karena itu, banyak orang yang tertarik menggunakan dua bahan ini untuk memutihkan gigi. 

Tidak hanya dipercaya dapat memutihkan gigi saja, manfaat yang dimiliki oleh jeruk nipis dapat memberikan dampak baik bagi kesehatan gigi dan tubuh kita. 

Dilansir dari National Library of Medicine. Jeruk nipis atau Citrus Aurantifolia memiliki sifat anti-bakteri, anti-kanker, anti-diabetes, anti-jamur, anti-hipertensi, anti-inflamasi, anti-lipidemia, dan antioksidan.  Selain itu, dapat melindungi jantung, hati, tulang, dan mencegah penyakit saluran kandung kemih. Zat-zat yang terkandung pada jeruk nipis memiliki kontribusi pada sifat penyembuhan.

Begitupun dengan garam yang dipercaya dapat memutihkan gigi, apabila kamu rutin berkumur dengan larutan garam ataupun mencampurkannya pada bahan-bahan tertentu, seperti jeruk nipis, baking soda, lemon dan sebagainya.

Meski dua bahan tersebut dinyatakan sebagai bahan yang efektif untuk memutihkan gigi, berdasarkan testimoni dari banyak orang. Disisi lain, ada sebagian ahli yang berpendapat bahwa justru penggunaan jeruk nipis dan garam secara berlebihan malah dapat merusak gigi atau menyebabkan efek samping lainnya pada kesehatan gigi.

Nah, berikut adalah efek samping memutihkan gigi dengan jeruk nipis dan garam, diantaranya yaitu:

Menyebabkan Kerusakan Pada Email Gigi

Jeruk nipis mengandung asam nitrat yang dapat merusak email gigi, begitupun garam yang bersifat abrasif sehingga dapat mengikis email gigi dan menyebabkan gigi sensitif.

Email gigi adalah lapisan terluar gigi yang melindungi gigi dari kerusakan. Jika email gigi rusak, gigi menjadi lebih rentan terhadap kerusakan dan gigi berlubang.

Selain itu, asam nitrat pada jeruk nipis serta sifat abrasif pada garam berpotensi merusak lapisan email gigi dan mengikis lapisan dentin yang lebih lunak.

Sehingga hal tersebut dapat menyebabkan efek samping gigi menjadi jauh lebih sensitif, terutama ketika dihadapkan pada suhu yang dingin maupun panas.

Memicu Gejala Iritasi

Efek memutihkan gigi dengan jeruk nipis dan garam, ternyata dapat menyebabkan iritasi di sekitar rongga mulut, dan berpotensi menyebabkan luka di gusi.

Hal ini terjadi, akibat kandungan asam nitrat pada jeruk nipis dapat merusak jaringan lunak di sekitar gigi, dan garam berkontribusi memicu iritasi di sekitar rongga mulut dan gusi seperti mulut terasa perih, panas, melepuh, atau bahkan sampai bengkak.

Nah, maka dari itu kamu harus bisa lebih bijak lagi dalam merawat gigi. Boleh menggunakan kedua bahan tersebut, asalkan tidak berlebihan. Kamu pun jangan melewatkan rutinitas lainnya, kalau ingin mendapatkan gigi yang sehat dan putih.

Asosiasi Dokter Gigi Amerika Serikat merekomendasikan langkah sederhana untuk membuat gigi tetap putih adalah sebagai berikut:

  • Gosok gigi minimal dua kali sehari selama kurang lebih 2-3 menit
  • Gunakan pasta gigi yang bisa memutihkan gigi berdasarkan komposisi bahan yang sesuai standar kesehatan atau BPOM.
  • Bersihkan sela-sela gigi minimal sehari sekali menggunakan benang gigi.
  • Batasi konsumsi makanan yang dapat menodai gigi, contohnya kopi dan the
  • Hindari merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol.

Itulah beberapa penjelasan terkait efek samping memutihkan gigi dengan jeruk nipis dan garam. Penting sekali bagi kamu ketahui dan pahami, seperti apa penggunaan yang baik dan benar untuk memutihkan gigi dengan bahan alami, sebelum mencobanya.

Ada baiknya kamu konsultasi ke dokter sebelum mencobanya, dan apabila kamu ingin membersihkan gigi secara lebih maksimal, kunjungilah dokter gigi dan lakukan pemeriksaan serta perawatan secara rutin. So, good luck semoga membantu.