Monday, 15 Apr 2024

Cara Mengolah Lidah Buaya Untuk Wajah

6 minutes reading
Tuesday, 13 Feb 2024 18:06 0 43 Muti Karya

Nesiaverse.com- Ada cara yang tepat untuk mengolah lidah buaya untuk wajah. Seperti yang kita ketahui lidah buaya merupakan salah satu jenis tanaman yang kaya akan manfaat, bahkan diketahui berfungsi untuk kecantikan kulit wajah. 

Memang ada berbagai cara untuk memutihkan dan merawat wajah dengan memanfaatkan lidah buaya. Tanaman satu ini juga dikenal dengan nama Aloe vera yang memang diketahui manfaatnya bagi kesehatan kulit, mencerahkan kulit hingga tampak awet muda.

Daging lidah buaya ini memiliki tekstur yang licin dan basah serupa dengan gel. Gel lidah buaya inilah yang kaya akan kandungan nutrisi, air, antioksidan dan zat yang memiliki sifat anti radang dan anti bakteri. 

Nah, untuk mengetahui cara mengolah daging lidah buaya untuk melakukan perawatan wajah, simaklah penjelasannya dalam artikel di bawah ini. 

Cara Mengolah Lidah Buaya Untuk Wajah 

Cara Mengolah Lidah Buaya Untuk Wajah

Lidah buaya sebagai tanaman serbaguna ini dapat dimanfaatkan sebagai produk skincare juga kosmetik. Kamu tentunya menyadari bahwa lidah buaya ini menjadi salah satu kandungan utama dalam beberapa produk perawatan kecantikan. 

Karena memang lidah buaya memiliki manfaat perawatan bagi kecantikan, baik kamu yang ingin mencoba perawatan alami, seperti masker lidah buaya maka kamu harus mengetahui cara mengolah lidah buaya dengan tepat. 

Lidah buaya atau Aloe vera merupakan jenis tanaman hijau berduri, dimana memiliki bentuk yang meruncing di bagian ujung. Daun lidah buaya sendiri tidak bertulang dan memiliki daging yang tepat berupa gel atau ph getah di dalamnya. 

Bagian gel lidah buaya inilah yang memiliki kandungan zat aktif berkhasiat, lidah buaya ini memang kerap dijadikan bahan untuk masker wajah secara alami. Karena di dalamnya memiliki kandungan vitamin A,vitamin C, vitamin B12, dan vitamin E. Selain itu terdapat kandungan asam folat, kolin mineral berupa magnesium, kalsium, kalium dan natrium di dalamnya. 

Menggunakan Lidah Buaya Sebagai Masker Kulit Wajah

Cara pertama dimana kamu dapat mengolah lidah buaya ini sebagai masker untuk wajah. Salah satu cara untuk memutihkan wajah dengan lidah buaya ini sangatlah mudah, dimana pengaplikasinanya hanya perlu di olehkan langunsg ke kulit wajah. 

Adapun cara atau langkah-langkah tepat mengolah lidah buaya untuk masker wajah :

  • Pertama, kupas kulit lidah buaya, kemudian kamu bisa memisahkan bagian kulit dan daging, buang bagian kulitnya
  • Jika sudah, kamu dapat mencuci daging lidah buaya ini hingga bersih. 
  • Lanjutkan dengan mencincang daging lidah buaya yang sudah dibersihkan tersebut, kemudian mulai menghaluskannya menggunakan blender.
  • Setelah itu, kamu bisa langsung mengaplikasikannya kepala kulit wajah, yang sebelumnya sudah dibersihkan
  • Diamkan selama 15 hingga 20 menit lamanya, kemudian bersihkan menggunakan air dingin. Selain itu, kamu juga bisa menggunakannya sebagai masker malam atau masker tidur, dimana bisa dibilas atau dicuci keesokan paginya
  • Selesai

Nah, jika kamu tidak ingin report, maka dapat menggunakan produk gel lidah buaya yang sudah beredar di pasaran. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, kamu bis mengoleskannya menggunkan teknik yang dbilas atau dibasuh pagi harinya.

Masker Wajah Lidah Buaya dan Jus Lemon

Selain itu lidah buaya yang diolah untuk masker kulit ini bisa dijadikan kombinasi dengan bahan alami lainnya, salah satunya adalah buah lemon. Masker wajah lidah buaya dan lemon ini dapat membantu memutihkan wajah secara maksimal. 

Kamu hanya perlu mencampurkan lidah buaya dengan perasan air lemon. Dimana kedua bahan ini dapat membantu untuk membersihkan pori-pori kulit, mengangkat debu, kotoran dan sel-sel kulit mati di wajah. 

Selain itu dapat menghasilkan kolagen dan wajah akan tampak lebih cerah, mulus, kencang dan bersih juga. Nah, berikut cara atau langkah-langkah mengolah lidah buaya dan jus lemon untuk masker wajah. 

  • Pertama, kamu dapat mencampurkan ½ sendok teh jus lemon atau air jus lemon yang suda di peras, 2 sendok makan jus lidah buaya segar juga. 
  • Kemudian kamu dapat melarutkan dengan mengoleskan campuran masker ke wajah,dan diamkanlah masker tersebut selama 10 hingga 15 menit lamanya. Jika sudah kamu dapat membilasnya menggunakan air bersih
  • Selesai 

Masker Lida Buaya dengan Madu dan Kunyit

Selanjutnya, kamu bisa mengolah lidah buaya menjadi masker dengan kombinasi madu dan kunyit, sebagai bahan-bahan alami yang sehat dan baik bagi kulit wajah. Kamu bisa membuat masker Aloe vera dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini. 

  • Pertama, siapkanlah lidah buaya yang sudah dibuang kulitnya dan dicuci daging lidah buayanya dengan benar-benar bersih. 
  • Jika sudah, kamu bisa langsung menambahkan sedikit kunyit dan satu sendok madu kedalamanya. 
  • Lanjutkan dengan menghaluskannya menggunakan blender, jika sudah dirasa cukup halus kamu bisa menggunakan kuas untuk mengoleskan masker lidah buaya dengan madu dan kunyit ke kulit wajah
  • Diamkanlah selama 15 hingga 20 menit lamanya
  • Selesai

Semprotan Wajah Atau Face Mist Dari Lidah Buaya

Lidah buaya juga saat ini sudah banyak diolah menjadi produk perawatan kecantikan, salah satunya adalah face mist dan juga toner. Yang mana lidah buaya juga dapat digunakan sebagai face mist.

Produk satu ini dapat digunakan untuk meningkatkan kelembaban kulit wajah tanpa harus menyebabkan produksi minyak berlebihan yang menyumbat pori-pori . Sehingga tentunya baik digunakan untuk mencegah munculnya jerawat ataupun komedo.

Penggunaan face mist ini juga dinilai lebih praktis, mudah dan cepat. Kamu hanya perlu menyemprotkannya ke bagian wajah dengan menutup mata guna menghindari iritasi. Selain itu kamu dianjurkan untuk mengocok face mist terlebih dahulu sebelum digunakan. 

Scrub Dari Campuran Lidah Buaya, Gula hingga Minyak Zaitun

Bagi kamu yang membutuhkan scrub, maka dapat mengolah lidah buaya ini sebagai scrub wajah alami dan membuatnya menjadi exfoliator alami. Kamu dapat menggunakan bahan-bahan yang juga mudah didapatkan. 

Adapun bahan-bahan yang digunakan seperti lidah buaya, gula putih, minyak almond atau minyak zaitun. Nah, berikut cara mengolah lidah buaya untuk menjadi scrub alami bagi wajah.

  • Pertama, campurkanlah ½ gelas minyak zaitun ataupun minyak almond dengan ½ gelas gula putih, kemudian aduklah hingga tercampur rata. 
  • Jika sudah, kamu bisa langsung menambahkan ¼ gel ataupun gel lidah buaya murni , dimana kamu harus membuang kulitnya terlebih dahulu
  • Lanjutkan dengan mengaduknya hingga tercampur secara merata, namun pastikan gula putih ini tidak mencair, karena untuk mendapatkan efek scrubbing yang baik juga. 
  • Lanjutkan dengan gosok perlahan scrub lidah buaya, gula dan minyak zaitun ini ke permukaan kulit wajah secara merata. Nah, kamu harus menghindari area sekitar mata. 
  • Melakukan scrubbing jangan terlalu lama, jika sudah kamu dapat langsung membilasnya menggunakan air bersih
  • Selesai

Nah, itulah cara untuk mengolah lidah buaya untuk berbagi jenis perawatan kulit wajah. Dimana kami sudah menjelaskan tata cara pengolahan untuk membuat masker wajah, face mist, scrubbing dengan berbagai bahan alami campuran lainnya.

Dengan mengetahui caranya kamu bisa mengolahnya sendiri, selain itu pastikan mengguankan perawatan stau ini secara rutin. Sehingga kamu bisa mendapatkan hasil yang maksimal dan optimal darinya.