Monday, 15 Apr 2024

Cara Menghilangkan Bau Mulut Dengan Jeruk Nipis

5 minutes reading
Monday, 12 Feb 2024 19:39 0 49 Sela Rahma

Nesiaverse.com – Masalah bau mulut, ternyata dapat di atasi dengan memanfaatkan bahan alami, salah satunya adalah jeruk nipis. Cara menghilangkan bau mulut dengan jeruk nipis cukup beragam caranya dan yang paling penting, pastinya hemat biaya.

Jeruk nipis tidak hanya terkenal karena manfaatnya dalam bidang kecantikan, namun manfaat dalam masalah kesehatan mulut juga tidak kalah banyak, termasuk menghilangkan bau mulut. Selain itu, jeruk nipis juga banyak digunakan serta dijadikan bahan dasar yang cukup populer pada produk pasta gigi dan obat kumur.

Bahan alami satu ini memang dipercaya sangat efektif dalam menghilangkan bau bauan. Biasanya, jeruk nipis juga selalu dimanfaatkan untuk menghilangkan bau amis pada ikan ataupun daging. Begitupun dengan bau mulut, kamu bisa mengatasinya dengan jeruk nipis.

Lantas, bagaimana cara menghilangkan bau mulut dengan jeruk nipis? Nah, disini akan memberikan beberapa tips atau cara menghilangkan bau mulut menggunakan jeruk nipis secara menyeluruh. Jadi langsung saja simak ulasannya di bawah ini!

Cara Menghilangkan Bau Mulut Dengan Jeruk Nipis

Cara Menghilangkan Bau Mulut Dengan Jeruk Nipis

Bau mulut atau halitosis adalah kondisi di mana terdapat bau yang tidak sedap yang berasal dari mulut seseorang. Bau mulut dapat menjadi masalah sosial yang membuat seseorang merasa tidak nyaman dan tidak percaya diri.

Selain itu, bau mulut sering disebabkan oleh penumpukan bakteri di mulut, makanan yang terjebak di gigi, gusi yang terinfeksi, atau masalah kesehatan lainnya seperti gangguan pencernaan atau infeksi sinus. 

Pada beberapa studi, ditemukan bahwa jeruk nipis dapat membantu menghilangkan bau pada mulut. Jeruk nipis juga ternyata dapat digunakan secara langsung atau sebagai bahan alami dalam perawatan mulut.

Jeruk nipis (Citrus aurantifolia) adalah jenis jeruk yang populer di Indonesia dan memiliki berbagai manfaat kesehatan. Salah satu manfaat yang sering dikaitkan dengan jeruk nipis adalah kemampuannya dalam menghilangkan bau mulut.

Bau mulut yang tidak sedap dapat menjadi masalah yang cukup serius dan mengganggu aktivitas sosial sehari-hari. Maka dari itu, kamu bisa menggunakan jeruk nipis untuk menghilangkan bau mulut.

Tapi, sebelum itu perlu kamu ketahui terlebih dahulu alasan jeruk nipis memiliki peran dalam menghilangkan bau mulut serta manfaat lainnya bagi kesehatan mulut, yaitu:

  • Jeruk nipis mengandung senyawa aktif seperti asam sitrat limonen dan vitamin C. Ketiga kandungan ini berperan penting dalam menghilangkan bau mulut. Asam sitrat memiliki sifat antibakteri yang dapat membunuh bakteri penyebab bau mulut. Bakteri ini sering hidup di dalam mulut dan menghasilkan senyawa sulfur yang menyebabkan bau tidak sedap. 
  • Selain itu, jeruk nipis juga mengandung limonen senyawa yang memberikan aroma segar pada jeruk dan berperan dalam menghilangkan bau tidak sedap. Limonen memiliki sifat antiseptik dan dapat membantu membersihkan mulut dari bakteri penyebab bau mulut 
  • Jeruk nipis juga mengandung vitamin C yang tinggi. Vitamin C memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu melawan radikal bebas dalam mulut dan mencegah kerusakan gusi. Gusi yang sehat penting untuk menjaga kebersihan mulut dan mengurangi bau tidak sedap.

Penggunaan jeruk nipis secara teratur dapat membantu mengendalikan pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut dan memberikan rasa segar pada mulut.

Nah, berikut ini adalah cara menghilangkan bau mulut dengan jeruk nipis sesuai kondisi mulut kamu. Diantaranya adalah

Kebersihan Mulut yang Buruk

Salah satu penyebab utama bau mulut adalah kebersihan mulut yang buruk. Plak dan sisa makanan yang menempel di gigi dan lidah dapat menjadi tempat berkembangnya bakteri penyebab bau mulut.

Cara menghilangkan bau mulut dengan jeruk nipis akibat kebersihan mulut yang buruk, kamu dapat mencoba menggosok gigi secara teratur dan membersihkan lidah dengan sikat gigi atau alat pembersih lidah. Setelah itu bilas mulut dengan air jeruk nipis yang telah dicampur dengan sedikit air hangat. Lakukan ini setidaknya dua kali sehari untuk hasil yang optimal.

Masalah Gigi dan Gusi

Infeksi gigi dan gusi juga dapat menjadi penyebab bau mulut. Kamu cukup melakukan beberapa cara menghilangkan bau mulut dengan Jeruk nipis, yang memiliki sifat antiseptik dan dapat membantu mengurangi inflamasi pada gusi serta membunuh bakteri penyebab bau mulut.

Caranya, oleskanlah sedikit air jeruk nipis pada gusi yang terasa sakit atau kamu dapat berkumur dengan perasan jeruk nipis yang telah dicampur dengan air hangat. Namun perlu diingat untuk tidak menggunakan jeruk nipis secara berlebihan karena asapnya dapat merusak email gigi.

Konsumsi Makanan Tertentu

Makanan tertentu seperti bawang putih, petai, jengkol, dan makanan amis dapat meningkatkan produksi belerang dalam mulut yang merupakan salah satu penyebab bau mulut. Jeruk nipis dapat membantu menghilangkan bau mulut yang disebabkan oleh makanan tersebut.

Cara menghilangkan bau mulut dengan jeruk nipis sehabis makan makanan yang memiliki aroma kuat, cobalah mengunyah irisan jeruk nipis setelah mengonsumsi makanan berbau tersebut atau berkumurlah dengan air jeruk nipis yang telah dicampur dengan sedikit air hangat.

Itulah penjelasan mengenai cara menghilangkan bau mulut menggunakan jeruk nipis. Beberapa eksperimen memang telah membuktikan bahwa cara ini terbilang efektif untuk mengatasi masalah bau mulut. Namun penting untuk diingat bahwa, jeruk nipis saja tidak dapat menggantikan praktik kebersihan mulut yang baik seperti menyikat gigi dan menggunakan benang gigi secara teratur.

Apabila kamu mendapati bau mulut secara berlebihan bahkan setelah kamu melakukan banyak perawatan pada mulutmu. Segeralah berkonsultasi pada dokter ahli, untuk mendapatkan solusi serta penanganan yang tepat. Good Luck semoga membantu.