Monday, 15 Apr 2024

7 Manfaat Tidur Tanpa Bantal Bagi Otak

6 minutes reading
Monday, 12 Feb 2024 19:42 0 49 Muti Karya

Nesiaverse.com – Siapa sangka jika tidur tanpa bantal ini memiliki manfaat bagi otak, sayangnya sedikit yang mengetahui hal satu ini. Tidur sendiri merupakan hal yang penting dna harus dilakukan oleh setiap makhluk hidup. 

Tidur merupakan waktu dimana tubuh harus beristirahat, guna untuk mengisi ulang dan memulihkan energi tubuh yang sudah bekerja dan beraktivitas seharian penuh. Secara siklus tubuh manusia idealnya membutuhkan waktu tidur selama 7- 8 jam setiap malamnya. 

Hal tersebut dilakukan guna menjaga keseimbangan tubuh, supaya selalu dalam kondisi yang fit dan stamina tubuh tetap terjaga. Namun, manusia dewasa memang tidak jarang mengalami gangguan tidur di malam hari. Hal satu ini bisa terjadi karena berbagai macam faktor, salah satunya adalah posisi bantal.

Nah, siapa sangka jika tidur tanpa bantal ini memiliki manfaatnya tersendiri, begitupun bagi otak. Untuk mengetahui ulasan lengkapnya simaklah artikel dibawah ini. 

Manfaat Tidur Tanpa Bantal Bagi Otak 

7 Manfaat Tidur Tanpa Bantal Bagi Otak

Setiap orang memiliki gaya dan selera yang berbeda-beda, sama halnya ketika akan pergi tidur. Ada seseorang yang suka menggunakan bantal dan guling, namun ada juga mereka yang lebih nyaman tidur tanpa bantal dan guling. 

Bantal merupakan salah satu teman setia yang akan menemani kamu tidur, selain itu alas kepala ini juga akan membuat kualitas tidur kamu lebih baik lagi. Namun, memang tidak semua orang suka tidur menggunakan alas kepala atau bantal.

Karena ada juga orang yang bisa tidur dengan nyenyak tanpa menggunakan bantal. Tidur tanpa menggunakan alas kepala watu bantal bukanlah suatu masalah, bahkan memiliki manfaatnya tersendiri. 

Berikut manfaat tidur tanpa menggunakan bantal bagi otak dan tubuh lainnya.

Meningkatkan Kesehatan Otak

Tidur yang berkualitas ini dapat membantu untuk meningkatkan kreativitas dan daya ingat seseorang. Ketika kamu tidur tanpa menggunakan bantal, maka hal ini akan memberikan kenyamanan pada sekujur tubuh, tidak terkecuali pada otak. 

Seperti yang kita ketahui, ketika sedang tidur, otak akan memilah -milah semua informasi yang disimpan sepanjang hari. Kemudian ketika tidur kamu nyenyak, maka otak akan bekerja dengan baik. Dimana kualitas tidur menjadi lebih baik lagi. 

Kualitas tidur yang menjadi lebih baik ini akan berdampak baik pada otak kamu, karena otak akan selalu dalam kondisi yang fresh, sehat dan tingkat kreativitas kamu tentunya akan meningkat dengan baik juga.

Mendukung Kesehatan Punggung

Tidur tanpa bantal ini memiliki manfaat bagi punggung ketika beristirahat, karena dalam posisi natural inilah kamu tidak akan merasakan sakit punggung keesokan harinya. Karena kamu memang tidak menggunakan bantal. jadi posisi tubuh akan tegak sempurna. 

Sementara itu, tidur menggunakan alas kepala yang terlalu empuk juga dapat memicu terjadinya otot leher yang tegang. Hal inilah yang dapat mengurangi aliran darah menuju ke otak. Maka, kamu harus memperhatikan dampaknya bagi otak. 

Jika kepala kamu miring ke bawah ketika tidur karena alas kepala atau bantal, maka nantinya aliran udara akan menuju ke sistem pernapasan dalam jumlah yang jauh lebih sedikit. Hal ini dikarenakan kenapa tidak dapat menyokongnya dengan posisi tersebut. 

Hal inilah yang dapat memicu keesokan harinya kamu mengalami kondisi dimana kepala akan terasa sakit atau pening. Dengand eniian tidur menggunakan alas kepala ini berpotensi menyebabkan kamu mengalami berbagai macam kondisi kesehatan yang memburuk.

Menurut Sleep Advisor, ketika kamu tidur menggunakan bantal yang menumpuk, maka kamu akan merasakan sakit, khususnya di area tulang belakang. Sehingga tidur tanpa bantal justru menjadi salah satu alternatif dan khususnya bagi mereka yang mulai merasakan sakit di area punggung hingga leher. 

Mencegah Stres

Manfaat lainnya dari tidur tanpa menggunakan bantal ini dapat membantu untuk mencegah stress. Dimana tidur menggunakan bantal namun mengganggu kualitas tidur dan dapat membuat kamu gelisah ketika mengubah posisi tidur. 

Jika hal ini berlangsung secara terus menerus, maka hal inilah yang dapat membuat stress. Dimana manfaat dari kesehatan yang didapat dari tidur tanpa bantal ini bisa membuat lebih nyenyak dan berkualitas lagi. 

Sehingga dengan adanya peningkatan kualitas tidur, maka dapat membantu untuk meningkatkan stres secara alami akan berkurang. Nantinya otak kamu akan dalam kondisi yang sehat dan bugar juga. 

Membantu Memperbaiki Keselarasan Tulang

Manfaat lainnya dari tidur tanpa bantal ini mampu membantu untuk mengatur postur tulang. Aktivitas yang dilakukan sehari-hari ini tentunya dapat bekerja untuk mempengaruhi postur tulang seseorang, menjadi lebih baik. 

Berbagai aktivitas yang dilakukan dalam kehidupan shera-hari ini tentunya akan mempengaruhi postur tubuh seseorang. Maka, manfaat dari tidur tanpa bantal juga dapat membantu mengurangi efek ini dan mengembalikan postur tubuh menjadi lebih normal.

Mencegah Terjadinya Nyeri Leher

Ketika kamu tidur, leher harus nya sejajar dengan kasur, sehingga jika menggunakan bantal umumnya keinginan untuk memiringkan kepala kekanan dan kekiri tidak bisa dihindari. Hal inilah yang tidak jarang memicu adanya peregangan sendi leher dan otot. 

Dengan terjadinya peregangan sendi leher dan otot, maka dapat menyebabkan nyeri leher yang ekstrim juga. Namun, dengan tidur tanpa menggunakan bantal maka kepala akan beristirahat dalam posisi yang alami tentunya. Dengan begitu akan terhindar dari kerusakan saraf juga. 

Selain itu manfaat dari tidur menggunakan bantal ini akan bekerja untuk merilekskan bagian otot leher yang tegang secara optimal. Maka, kebiasan kamu yang sebelumnya dapat diubah dan mendapatkan banyak manfaat dari posisi tidur yang tepat.

Membantu Memperbaiki Sel yang Rusak

Tidur yang berkualitas dan nyenyak di malam hari ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan ketika malam hari, tubuh akan bekerja memperbaiki sel-sel yang rusak. Salah satunya adalah sel-sel yang berada di kepala dan otak. 

Ketika seseorang tidur dan kualitas tidur nya terganggu maka proses penyembuhan juga tentunya akan terganggu. Maka, ketika kamu memilih tidur tanpa menggunakan bantal, maka hal ini mendukung kualitas tidur kamu menjadi lebih baik lagi dan tubuh dapat bekerja dengan baik lagi. 

Meningkatkan Energi

Sebagian orang pastinya kebingungan bagaimana tidur tanpa alas seperti bantal mampu meningkatkan energi seseorang. Nah, dilansir dari halaman parenting.firstcry.com, dijelaskan hal satu ini memang secara tidak langsung tidak berkaitan atau berhubungan langsung.

Jika tidur tanpa bantal, maka posisi punggung kamu dan leher akan menjadi lebih rileks. Hal inilah yang akan membuat tubuh kamu tidur dan beristirahat dengan baik. Maka, tentunya kualitas tidur kamu akan terjaga. 

Maka, keesokan harinya tubuh akan bisa lebih fresh lagi dan energi di dalam tubuh akan terisi ulang, sehingga mampu menjalani aktivitas seharian yang menjadi lebih baik lagi. 

Nah, demikian pembahasan mengenai beberapa manfaat dengan kebiasaan tidur tanpa menggunakan bantal, bagi otak maupun bagi tubuh. Dengan mengetahui manfaat dari tidur tanpa menggunakan bantal ini kamu dapat mencoba untuk membuktikannya sendiri.