Saturday, 22 Jun 2024

Cara Menghilangkan Kutu Kucing Dengan Sunlight

6 minutes reading
Thursday, 24 Aug 2023 23:51 0 192 Sela Rahma

Nesiaverse.com – Bagaimana cara menghilangkan kutu kucing dengan Sunlight? Apakah bisa hanya dengan pakai sunlight? Kalau begitu langsung saja baca artikel ini sampai selesai, jika kamu ingin mencari tahu terkait cara menggunakan Sunlight untuk menghilangkan kutu pada kucing.

Sunlight yang biasa kamu pakai sebagai sabun untuk mencuci piring, ternyata bisa kamu gunakan untuk memandikan kucing agar dapat menghilangkan kutu pada bulu-bulunya, lho! Sangat menarik sekali bisa menghilangkan kutu hanya dengan sabun Sunlight ini.

Memangnya apa alasannya sampai Sunlight ini mampu menghilangkan kutu pada kucing? Mungkin ada suatu kandungan yang cukup efektif dalam membasmi kutu, jadi sabun sunlight ini bisa kamu gunakan sebagai shampo alternatif untuk kucing kamu yang sedang kutuan.

Lalu kalau begitu bagaimana cara untuk menghilangkan kutu kucing dengan sunlight ini? Nah, disini akan memberikan beberapa cara dalam penggunaan sabun sunlight untuk kucing yang kutuan agar bisa terbasmi. Jadi simaklah penjelasannya di bawah ini dengan seksama!

Cara Menghilangkan Kutu Kucing Dengan Sunlight

Sebelum itu ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu seputar kutu pada kucing, mulai dari apa penyebabnya dan dari mana asalnya agar mempermudah kamu untuk mengatasinya dengan baik. Penting sekali untuk kenali terlebih dahulu terkait hal tersebut.

Kutu pada kucing merupakan salah satu jenis pinjal atau serangga kecil yang menjadi parasit pada kucing dan bertahan hidup dengan menghisap darah si kucing. Walaupun begitu, pinjal pada kucing ini tidak terlalu berbahaya karena jarang sekali membawa agen penyakit.

Biasanya mereka akan berkembang biak di dalam tubuh si kucing, tepatnya di bulu-bulunya yang lebat dan rapat, dimana hal itu menjadi tempat tinggal ideal bagi para serangga atau kutu kucing. Mereka akan bertelur dan bersarang di bulunya sampai mereka akhirnya menetas.

Kutu kucing mampu bertelur sebanyak 6 butir telur dan menetas sampai kurang lebih 10 hari mereka akan menetas. Walaupun memang tidak terlalu banyak, namun dengan jumlah kutu yang terdapat pada tubuh si kucing tidaklah hanya 1 atau 2 saja, tapi lebih dari itu.

Jika dibiarkan mereka akan semakin berkembang biak dan membuat kucing kamu tidak nyaman bahkan iritasi pada kulitnya akibat gigitan dari kutu tersebut. Maka dari itu rajinlah membersihkan atau memandikan kucing kamu menggunakan shampo khusus anti kutu kucing.

Selain itu pastikan juga untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan rumah dan tempat tinggal kucing kamu, mulai dari tempat tidurnya dan tempat pupnya agar tidak menjadi sarang kuman, bakteri, dan parasit yang menjadi salah satu penyebab kucing kamu kutuan.

Karena kutu kucing sendiri merupakan serangga parasit, yang dimana mereka berasal dari lingkungan-lingkungan atau tempat yang tidak terawat kebersihannya. Selain itu juga kutu kucing dapat menular ke sesama kucing lainnya. Jadi hindari kucing kamu dari kucing kutuan.

Namun, apakah kamu tau? Ternyata Sunlight atau yang kamu kenal sebagai sabun pencuci piring ini dapat membantu membasmi atau menghilangkan kutu pada kucing. Karena Sunlight sendiri mengandung ekstrak lemon dan jeruk nipis yang berperan sebagai antiseptik.

Kamu bisa memanfaatkan hal itu untuk membantu kucing kamu dari kutuan dengan cara memandikan kucing menggunakan Sunlight. Berikut ada beberapa langkah-langkah dalam memandikan kucing menggunakan Sunlight yang bisa kamu ikuti:

  1. Sediakan air hangat di bak mandi si kucing, cukup setengah bak saja (jangan gunakan air dingin, pastikan suhu airnya pas) agar si kucing juga merasa nyaman saat dimandikan.
  2. Masukan sabun sunlight ke dalam bak yang sudah di isi air hangat secukupnya. Pastikan sabunnya tercampur atau terlarut dengan air sampai terlihat sedikit berbusa.
  3. Kamu bisa dibasahi terlebih dahulu si kucing, mulai dari kepalanya perlahan-lahan agar si kucing bisa menyesuaikan suhu tubuhnya supaya tidak terlalu kaget dan kedinginan sebelum kamu masukan ke bak mandinya untuk berendam.
  4. Jika sudah, kamu bisa mulai mengangkat si kucing agar masuk ke dalam bak air mandi secara perlahan-lahan, jangan langsung di rendam begitu saja supaya tidak memberontak.
  5. Biarkan si kucing berendam di bak mandinya sambil kamu bilas dan gosok-gosok bulunya secara menyeluruh dengan lembut dan menambahkan sedikit sabun sunlight lagi untuk digosokkan pada bulunya sampai berbusa.
  6. Pastikan jangan terlalu kasar juga dalam menggosoknya agar tidak melukai kulitnya. Kamu juga bisa gunakan penggosok mandi khusus untuk kucing agar lebih optimal lagi dalam membersihkan si kucing dari kutu.
  7. Mandikan dan berendam selama beberapa menit sampai si kucing benar-benar bersih, cukup selama 10-15 menit saja.
  8. Jika sudah, kamu bisa membilas kucing dengan air hangat yang bersih di akhir, untuk menghilangkan busa-busa dan bekas sabunnya.
  9. Angkat si kucing dan beri handuk yang lembut untuk mengeringkan bulunya. Kamu juga bisa sambil menjemur si kucing sehabis mandi agar tidak flu (pastikan memandikannya di pagi hari jam 7-8 pagi agar bisa sambil berjemur di bawah sinar matahari pagi).
  10. Jika sudah mengeringkan tubuh dan bulunya, kamu juga bisa berikan vitamin bulu atau obat untuk bulu si kucing agar dapat membasmi kutu beserta dengan telur-telurnya supaya lebih efektif.

Peringatan!

Menggunakan Sunlight untuk memandikan kucing cukup hanya 1-2 kali saja, jangan terlalu sering karena ada beberapa juga kucing yang memiliki alergi terhadap bahan kimia yang terkandung di dalam sabun Sunlight. Karena mau bagaimanapun juga itu adalah sabun cuci.

Supaya lebih aman kamu juga bisa dengan mengatasinya terlebih dahulu kepada si kucing, seperti mencoba memandikan tangannya saja dengan sabun Sunlight. Jika terjadi reaksi alergi hindari pemakaian sabun Sunlight kepada si kucing. Kamu bisa gunakan shampo khusus.

Banyak produk shampo khusus untuk kucing yang bisa kamu dapatkan di berbagai petshop, selain itu agar lebih aman dan efektif membasmi kutu kucing sampai akarnya. Resiko menggunakan Sunlight kemungkinan membuat bulu rontok dan kulit kucing menjadi kering.

Ada beberapa saran atau rekomendasi produk shampo untuk kucing yang mungkin membantu kamu agar dapat mencarinya. Berikut daftar shampo anti kutu untuk kucing:

  1. Dr.Flick Flea and Tick
  2. Olive Care Anti Fungal and Fleas
  3. Haqimi Pet Essential
  4. Live Care Anti Fungal and Fleas
  5. Zeva Shampoo Flea and Tick

Itulah beberapa cara menghilangkan kutu kucing dengan Sunlight, yang mungkin perlu untuk kamu ketahui agar bisa mengetahuinya dan dapat memanfaatkan kegunaan Sunlight ketika tidak punya shampo anti kutu untuk kucing, supaya bisa segera mengatasinya menggunakan bahan atau alat yang ada di rumah.

Pastikan untuk tidak terlalu sering menggunakan Sunlight, gunakan shampo khusus dalam memandikan si kucing untuk hasil yang lebih maksimal. Selain itu juga pastikan lingkungan sekitarnya tetap selalu terjaga supaya bersih, terhindar dari bakteri, kuman, parasit dan virus yang bisa bersarang. Good Luck semoga membantu.