Thursday, 18 Jul 2024

Cara Membasmi Kutu Kucing Yang Menyebar di Kasur dan Rumah

7 minutes reading
Thursday, 24 Aug 2023 14:45 0 239 Sela Rahma

Nesiaverse.com – Bagaimana cara membasmi kutu kucing yang menyebar di kasur dan rumah? Kalau begitu langsung saja baca artikel ini sampai selesai, jika kamu ingin mencari tahu terkait cara-cara untuk membasmi kutu kucing yang menyebar di kasur dan rumah.

Sering kali kucing menyebarkan kutu di sekitar rumah kamu seperti tempat tidur, sofa, belum lg menempel pada pakaian kamu, dan hampir menyebar di seluruh rumah. Membuat kamu bingung dan pusing bagaimana cara membasminya, apalagi kutu itu termasuk serangga kecil.

Kutu akan hidup dan berkembang biak dari rambut atau bulu si kucing. Selain itu juga kutu akan meninggalkan telur-telurnya sampai mereka akhirnya menetas dan menjadi kutu dewasa. Hal ini pastinya akan terus berkembang biak jika kamu tidak segera mengatasinya dengan baik.

Lalu kalau begitu bagaimana caranya untuk membasmi kutu kucing ini agar tidak menyebar atau hinggap di kasur? Nah, disini akan memberikan beberapa cara untuk mengatasi hal tersebut secara menyeluruh. Jadi simaklah penjelasannya di bawah ini dengan seksama!

Cara Membasmi Kutu Kucing Yang Menyebar di Kasur dan Rumah

Cara Membasmi Kutu Kucing Yang Menyebar di Kasur dan Rumah

Kutu pada kucing merupakan salah satu jenis pinjal atau serangga kecil yang menjadi parasit pada kucing dan bertahan hidup dengan menghisap darah si kucing. Walaupun begitu, pinjal pada kucing ini tidak terlalu berbahaya karena jarang sekali membawa agen penyakit.

Pinjal atau kutu kucing ini tidak dapat menular ke manusia dan tidak dapat bertahan hidup serta berkembang biak di tubuh manusia. Jadi kutu kucing hanya dapat menular ke sesama kucing lainnya melalui berbagai kontak fisik ketika mereka sedang bermain atau berdekatan.

Hanya saja serangga satu ini atau kutu kucing ini bisa menyebar atau berloncatan dan menempel pada kasur, bed cover, sofa, karpet, dan barang-barang yang sekiranya memiliki bulu. Sebab kutu kucing dapat berkembang biak pada bulu yang tebal dan rapat seperti kucing.

Hal itu bisa membuat kamu merasa gak nyaman garena bisa menyebabkan gatal-gatal pada kulit jika sampai tergigit, apalagi kalau banyak menempel pada tempat tidur atau kasur. Bisa menyerang kulit kamu, terhirup ke hidung, bahkan bisa membawa penyakit seperti alergi.

Maka dari itu penting sekali untuk selalu menjaga lingkungan rumah dan sekitar serta membasminya agar si kucing juga tidak menjadi kutuan. Berikut ada beberapa cara untuk membasmi kutu kucing agar tidak menyebar ke kasur dan rumah kamu, diantaranya adalah:

Rutin Membersihkan Sprei Kasur Atau Bed Cover

Salah satu cara untuk membasmi kutu-kutu kucing yang hinggap atau menempel pada kasur, terutama pada sprei kasur atau bed cover adalah rutin mencucinya. Kamu harus selalu sigap atau rajin membersihkan sprei kasur agar bersih dari serangga atau kutu kucing yang menempel.

Tidak cukup hanya dengan rutin mencucinya supaya bersih, kamu juga harus rutin mengganti seprai tidur kamu dengan yang baru. Karena pastinya bukan hanya kutu saja yang dapat menempel, tetapi bulu-bulunya yang rontok pun dapat bertebaran dan menempel pada sprei.

Maka dari itu usahakan untuk mencucinya sampai bersih menggunakan sabun cuci yang memiliki kandungan antiseptik agar kutu-kutu yang menempel tersebut bisa mati atau terbasmi dengan baik. Sehingga tidak ada lagi kutu yang tersisa di sprei dan bedcover kamu.

Gunakan Mesin Vacuum

Penting sekali bagi kamu yang memelihara kucing di rumah untuk mempunyai mesin vacum cleaner, agar dapat membersihkan segala debu, kotoran, sampai ke serangga kecil sekalipun dapat terhisap atau tersedot kedalam mesin vacum sampai benar-benar bersih seketika.

Mesin vacum juga bisa membersihkan bulu kucing yang menempel dan beterbangan akibat rontok dengan baik. Selain itu kamu juga bisa menggunakan mesin ini untuk membersihkan seluruh sudut rumah dari segala partikel-partikel kecil dengan efektif dan bisa mengirit waktu.

Berbeda jika dengan menggunakan sapu saja, selain membutuhkan waktu yang cukup lama tapi tidak sampai benar-benar bersih juga. Maka dari itu bersihkan rumah kamu dengan rutin menggunakan mesin vakum agar lebih maksimal dalam membasmi segala serangga parasit.

Jemur Kasur

Sinar matahari akan sangat efektif dalam membunuh segala bakteri, virus, kuman, atau bahkan parasit seperti kutu dengan baik. Kamu bisa rutin menjemur kasur kamu ketika matahari sedang terik agar tungau dan serangga-serangga kecil lainnya, termasuk kutu bisa dibasmi.

Menjemur kasur juga sangat bermanfaat agar kasur kamu tidak lembab yang dimana bakteri, kuman, dan parasit atau serangga kecil ini sangat suka sekali di tempat-tempat yang lembab dan bersarang. Selain itu menjemur kasur juga bisa mencegah jamuran yang bisa menular.

Maka dari itu rutinlah menjemur kasur di teras rumah selama 15-20 menit supaya semua parasit dapat dibasmi dengan alami. Sehingga kutu-kutu kucing yang menempel di kasur dan telur-telur kutunya akan mati, jangan lupa juga untuk menepuk-nepuk menggunakan rotan.

Pastikan Kucing Dimandikan Pakai Shampo Anti Kutu

Salah satu cara supaya kucing kamu bisa bebas dari kutu, sehingga tidak akan lagi bisa menyebar di kasur dan rumah adalah dengan rutin memandikan si kucing pakai shampo anti kutu. Kamu juga harus bisa menjaga kebersihan serta kesehatan kulit dan bulu si kucing.

Bukan hanya menjaga kebersihkan lingkungan saja, tetapi kebersihan tubuh si kucing juga hal yang paling utama. Karena kucing sendiri yang bisa menyebarkan kutu yang terdapat pada tubuhnya. Sehingga bisa menyebar kemana-mana dan mengganggu kenyamanan keduanya.

Maka dari itu rutinlah memandikan si kucing sebanyak seminggu 2-3 kali menggunakan shampo khusus untuk kucing yang diformulasikan membasmi kutu beserta telur-telurnya. Dengan begitu akar permasalahannya akan teratasi dan tidak menimbulkan gangguan lagi.

Jangan Biarkan Kucing Bermain di Atas Kasur Tidur

Sebagai upaya untuk pencegahan atau menghindari kutu si kucing bisa menempel atau hinggap di kasur adalah dengan tidak membiarkan kucing kamu bermain atau bahkan berguling-guling di permukaan kasur tempat kamu tidur. Hal itu menjadi permulaan tersebarnya kutu kucing.

Usahakan kalau memang kucing kamu sedang mengalami kutuan, jangan membawanya ke tempat pribadi seperti kamar tidur kamu karena kutunya bisa saja meloncat dan menempel ke sprei atau bedcover serta bisa hinggap di kasur jika si kucing dibiarkan terus menerus main.

Maka dari itu hindari mengajak kucing main di kamar kamu dan usahakan untuk memandikan kucing dengan rutin agar tidak kutuan, begitu pula dengan rutin mengganti sprei serta mencucinya jika si kucing habis main di atas kasur agar bersih dari kutu dan telur kutu kucing.

Pakai Kapur Barus

Kapur barus merupakan suatu zat padat dengan ciri khas aroma yang kuat dan sering digunakan pada lemari pakaian. Kapur barus sendiri dapat membantu membunuh atau membasmi hewan tertentu serta mengurangi kelembaban ruangan, sehingga dapat terjaga.

Kamu juga bisa memanfaatkan kapur barus untuk membasmi kutu pada kasur, termasuk kutu yang disebarkan oleh kucing. Hal ini dapat membuat kutu keracunan sampai akhirnya mati begitu saja, karena zat kimia ini akan sangat beracun untuk hewan jadi harus hati-hati juga.

Pastikan kucing kamu tidak sampai menghirup atau bahkan memakan kapur barus ini agar tidak keracunan. Caranya kamu bisa melarutkan kapur barus dengan minyak tanah sampai membentuk cairan atau larutan, lalu simpan ke botol dan semprotkan pada permukaan kasur.

Hubungi Jasa Pembasmi Serangga

Jika kamu tidak mau repot dan cape buat ngelakuin pembasmian kutu kucing yang sudah terlanjur menyebar di kasur serta seluruh ruangan di rumah kamu, bisa dengan menggunakan jasa atau layanan dari pembasmi serangga. Kamu bisa hubungi mereka agar cepat ditangani.

Biasanya menggunakan jasa pembasmi serangan akan lebih efektif, karena mereka membawa alat dan bahan secara lengkap. Sehingga tidak hanya membasmi kutu saja, serangga-serangga lainnya pun bisa mereka tangani, seperti kecoa, lipan, kelabang, dan lain-lain.

Itulah beberapa cara membasmi kutu kucing yang menyebar di kasur dan rumah, perlu untuk kamu ketahui agar dapat mengatasinya dengan baik di rumah dengan memanfaatkan berbagai cara yang bisa kamu atasi sendiri baik menggunakan alat maupun menggunakan jasa.

Usahakan untuk tidak membiarkan kucing kamu yang sedang mengalami kutuan untuk bebas bermain di rumah seperti kamar tidur kamu, tempat duduk atau sofa dari bahan kain atau semacamnya yang dapat membuat kutunya menempel. Good Luck semoga membantu.