Monday, 17 Jun 2024

Cara Mengobati Kucing Jamuran

6 minutes reading
Sunday, 6 Aug 2023 00:41 0 75 Sela Rahma

Nesiaverse.com – Bagaimana cara mengobati kucing jamuran? Bikin khawatir melihat kucing kesayangan merasa gak nyaman karena jamur di kulitnya. Kalau begitu langsung saja baca artikel ini sampai selesai, jika kamu ingin mencari cara untuk mengobati jamuran pada kucing.

Jamur memang bisa menyerang kulit siapa saja, mau itu manusia ataupun kucing. Membuat kulit terasa gatal, dan menjadi bersisik yang membuat kucing pun merasa gak nyaman. Jika dibiarkan terus menerus nantinya dapat menginfeksi kulit menjadi lebih parah lagi.

Sebagai hewan kucing peliharaan kamu, tentunya harus segera diatasi agar jamur tidak semakin menyebar di sekujur tubuh si kucing. Akan semakin parah dan dapat merusak kulit si kucing serta jamur di tubuhnya akan terus berkembang biak dan dapat menular kepada pemiliknya.

Segeralah obati jika kucing kamu mengalami jamuran. Tapi cara ngobatinnya gimana? Nah, disini akan memberi beberapa cara untuk mengobati kucing kamu yang mengalami jamuran. Jadi simaklah ilasannya di bawah ini dengan seksama!

Cara Mengobati Kucing Jamuran

Cara Mengobati Kucing Jamuran

Sebelum itu ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu mengenai apa itu jamuran pada kucing, penyebab kucing jamuran dan bagaimana ciri atau tanda kucing kamu mengalami jamuran. Perlu untuk mengenalnya terlebih dahulu sebelum mengatasinya.

Dermatofitosis merupakan infeksi jamur kulit yang paling umum terjadi pada kucing atau biasa disebut dengan kurap. Jenis jamur yang sering menginfeksi kucing diantaranya ada Microsporum canis, Microsporum gypseum dan Trichophyton mentagrophytes.

Ketiga jenis jamur tersebut yang paling sering menyerang atau menginfeksi kucing. Hal itu bisa disebabkan karena lingkungan yang kotor atau terkontaminasi dengan salah satu jenis jamur tersebut secara langsung. Kucing yang jamuran juga bisa menularkannya kepada kucing lain.

Biasanya kucing yang jamuran ini memiliki perubahan pada kulitnya seperti timbulnya bercak merah di kulit, tekstur kulit yang menjadi gradakan, bulunya menjadi rontok, dan bagian kulit menebal. Jika kucing kamu menunjukan ciri-ciri tersebut, waspadai kalau itu adalah jamuran.

Jika tidak diatasi langsung, bisa menyebabkan si jamur semakin menyebar keseluruh tubuh atau kulit kucing kamu dan semakin parah. Maka dari itu segeralah untuk mengatasinya dan mencegah jamur datang kembali. Berikut adalah cara-caranya:

Memandikan si Kucing Dengan Shampo Anti-Jamur

Sebagai upaya pencegahan jamur tumbuh di kulit si kucing, kamu bisa lakukan dengan cara memandikan dengan shampo anti-jamur. Selain dapat membersihkan tubuh si kucing, shampo anti-jamur juga bermanfaat mencegah jamur tumbuh di kulit kucing kamu. Dengan begitu kamu tidak perlu khawatir lagi dengan kebersihan kulitnya yang bisa terkena jamur.

Namun, walaupun begitu kamu harus melakukannya dengan rutin dan memandikan dengan teratur menggunakan shampo anti-jamur ini. Berikut ada beberapa produk shampo yang bagus untuk kucing kamu agar tidak jamuran, diantaranya:

  1. Dr Flick Anti Fungal
  2. Olive Care Anti Fungal and Fleas
  3. XMOS Anti Fungal

Semua shampo tersebut bermanfaat untuk membasmi jamur, melindungi kulit dari jamur dan bakteri, serta menyembuhkan kulit dari rasa gatal dan kemerahan. Cocok untuk kucing yang jamuran agar dapat mengobati serta membunuh bakteri penyebab jamur dengan optimal.

Memberikan Salep Anti-Jamur

Mengobati kucing yang jamuran bisa kamu lakukan dengan mengoleskan salep anti-jamur kepada si kucing secara rutin. Hal ini dilakukan untuk mencegah jamur tumbuh dan menyebar lebih luas lagi pada kulit si kucing. Dengan begitu dapat meredakan jamur yang meradang dan menenangkan kulit si kucing yang terinfeksi oleh jamur.

Berikut ada beberapa produk salep anti-jamur untuk kucing kamu, diantaranya:

  1. BIODIN Cream
  2. SCABIES Cream
  3. KetoBar Pet Cream Anti Fungal

Salep-salep tersebut dapat membantu mengatasi kucing kamu yang jamuran dengan lebih efektif serta mengatasi kulit yang terinfeksi jamur. Oleskan pada area kulit yang terkena jamur secukupnya hingga merata, rutin mengoleskan nya sebanyak 3x sehari. Dengan begitu salep tersebut akan bekerja dengan maksimal sampai hasilnya bisa terlihat di kemudian hari.

Menggunakan Cairan Antiseptik

Selain dengan mengoleskan salep, kamu juga bisa dengan cara menyemprotkan cairan antiseptik pada tubuh si kucing yang jamuran. Cairan antiseptik ini dapat membunuh kuman dan bakteri penyebab jamur sampai ke akar-akarnya dan mencegah jamur tumbuh kembali. Dengan begitu cara seperti ini akan cukup efektif mengobati kucing kamu yang jamuran.

Bisa dengan mengoleskan betadine juga jika kulit si kucing mengalami luka-luka akibat jamur dengan cara mengisinya menggunakan cotton bud sedikit demi sedikit di area yang terinfeksi. Atau kamu juga bisa gunakan beberapa produk antiseptik untuk kucing yang jamuran seperti:

  1. Spray Antibacterial dari R.A Grooming
  2. Scadix Anti Infeksi Kulit
  3. Vitawell Liquid Bandage Spray

Spray antiseptik tersebut diformulasikan untuk hewan peliharaan seperti kucing yang membantu membasmi jamur, anti scabies, terhindar dari infeksi, membasmi kutu dan telur-telurnya. Cukup dengan menyemprotkannya pada kulit si kucing yang berjamur secara rutin sebanyak 3x sehari dalam 3x semprot.

Menggunakan Minyak Zaitun

Menggunakan bahan alami untuk mengobati kucing yang jamuran adalah memakai minyak zaitun. Selain bisa diminum langsung, kamu juga bisa langsung mengoleskan minyak ini ke kulit si kucing yang terkena jamur setiap hari sampai jamurnya benar-benar menghilang. Kandungan zat kimia pada minyak zaitun seperti oleuropein memiliki sifat anti jamur.

Kamu bisa mengoleskannya dengan cara menggunakan kapas atau cotton bud, lalu celupkan pada minyak zaitun dan oles-oles dengan perlahan pada area kulit yang berjamur serta kemerahan akibat infeksi jamur. Lakukan secara rutin 3x sehari untuk mengoleskannya dengan minyak zaitun, jika tidak punya minyak zaitun bisa pakai minyak kelapa.

Konsultasi ke Klinik Hewan

Cara mengobati paling ampuh untuk si kucing yang memiliki jamur di sekujur tubuhnya dan cukup parah. Kamu bisa konsultasi langsung ke dokter kulit hewan untuk ditangani dan diobati sesuai resep dokter atau dengan memberikannya cairan obat yang disuntikan langsung ke tubuh si kucing supaya jamur-jamur pada kulitnya rontok dan mengering.

Dengan begitu jamur akan terbasmi hingga ke akar-akarnya serta mencegah jamur tumbuh dan datang kembali. Jika kucing kamu memang tidak bisa diatasi dengan cara alternatif lainnya, kamu boleh membawanya ke dokter agar lebih aman dan mengobatinya sampai tuntas. Walau memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit, namun hal ini lebih efektif untuk menyembuhkan kucing yang jamuran.

Itulah beberapa cara mengobati kucing jamuran yang bisa kamu lakukan atau tiru sendiri pada si kucing untuk mengobati jamur yang menjalar di kulit kucing kamu. Pastikan selalu rutin melakukannya atau memberinya obat anti-jamur supaya dapat pulih kembali seperti semula.

Jagalah kebersihan lingkungan sekitar dan rumah kamu agar bersih dari kuman atau bakteri penyebab jamur yang bisa menyerang hewan peliharaan serta kamu sebagai pemiliknya. Rutin memandikan si kucing juga agar terhindar dan terlindungi dari kuman. Good Luck semoga membantu.