Monday, 17 Jun 2024

Cara Mengobati Kucing Keracunan

6 minutes reading
Saturday, 5 Aug 2023 18:34 0 202 Sela Rahma

Nesiaverse.com – Bagaimana cara mengobati kucing keracunan? Membuat kamu panik ketika melihat kucing kamu mengalami keracunan dan tidak tahu harus bagaimana. Kalau begitu langsung saja baca artikel ini sampai selesai, jika kamu ingin tau cara mengobatinya.

Tidak jarang jika ada kucing yang keracunan karena memakan makanan yang berbahaya bagi si kucing hingga dapat membuatnya keracunan. Selain itu kucing memang selalu bertindak ceroboh dan akan memakan makanan apa saja jika diberikan atau saat menemukan makanan.

Membuatnya harus menderita kesakitan akibat dari makanan yang mengandung zat beracun untuk kucing dan harus segera ditangani. Jika dibiarkan terus menerus, resiko terburuknya adalah kematian. Racun yang tidak dikeluarkan pasti akan segera menyebar keseluruh tubuh.

Lalu bagaimana dan apa yang harus kamu lakukan ketika kucing kamu keracunan? Bagaimana cara mengobatinya? Nah, disini akan memberikan beberapa cara untuk mengobati kucing kamu yang keracunan. Jadi simaklah penjelasannya di bawah ini dengan seksama!

Cara Mengobati Kucing Keracunan

Cara Mengobati Kucing Keracunan

Sebelum itu ada beberapa hal yang harus kamu ketahui terlebih dahulu kenapa kucing bisa keracunan dan seperti apa ciri-ciri atau tanda kucing yang sedang keracunan. Perlu untuk mengenali terlebih dahulu sebelum kamu mengatasi atau mengobatinya.

Biasanya kucing keracunan bisa saja karena ketidak sengajaan mereka ketika memakan atau meminum cairan seperti kosmetik, pembersih, atau bahkan makanan yang sudah berjamur dan kadaluarsa. Sehingga mereka tidak sengaja menjilatnya lalu termakan sampai tercerna.

Racun juga bisa terdapat pada tanaman atau tumbuhan yang tidak sengaja kucing kamu makan. Tanaman yang dapat meracuni kucing adalah lavender, lidah buaya, bunga lili, bunga tulip, asparagus dan masih banyak lagi tanaman lainnya yang dapat membuat keracunan.

Ketika kucing kamu mulai keracunan mereka akan menunjukan gejala seperti sulit untuk bernafas, muntah-muntah, kejang, diare, keluar banyak air liur serta terlihat lebih lemas dan lesu tidak bertenaga. Bahkan bisa saja kucing kamu mati karena keracunan jika dibiarkan.

Jika racun sudah cukup menyebar ke tubuh si kucing, mereka akan mengalami kelumpuhan setelah racun itu masuk. Gejala tersebut bisa terjadi saat 15-30 menit setelah kucing kamu menelan zat beracun. Maka dari itu kamu harus segera memberikan pertolongan pertama.

Saat kucing kamu menunjukan gejala-gejala seperti yang sudah disebutkan diatas, kamu harus segera mengobati kucing kamu atau memberikan pertolongan pertama sebagai upaya pencegahan racun menyebar lebih luas. Berikut ada beberapa cara mengobatinya:

Memberikan Air Minum Mineral

Disaat kucing kamu mengalami keracunan, segeralah memberikan kucing kamu air minum mineral sebagai pertolongan pertama yang bisa kamu lakukan sendiri. Usahakan untuk menggunakan air mineral yang biasa kamu minum, jangan pakai air keran supaya lebih bersih dan higienis terhindar dari bakteri atau kuman yang kemungkinan tercampur di dalam air.

Air mineral membantu si kucing membersihkan racun di tubuhnya yang berperan untuk mendetox racun agar keluar dari tubuh si kucing melalui air pipisnya. Kamu bisa membantunya menggunakan sendok atau pipet untuk menuangkan air atau meminumkannya kepada si kucing yang sedang keracunan secara perlahan agar tidak tersedak.

Berikan Norit

Salah satu untuk mengobati atau menolong kucing yang sedang keracunan adalah dengan norit. Norit merupakan karbon aktif atau biasa disebut sebagai arang aktif yang dapat menyerap racun di tubuh, termasuk untuk kucing yang keracunan. Biasanya norit ini berupa tablet padat seperti obat tablet pada umumnya.

Kamu bisa memberikannya kepada kucing dengan cara menghancurkan beberapa butir tablet norit hingga halus, lalu kamu taburkan ke makanannya atau bisa juga dicampur air sedikit lalu diminumkan pada si kucing agar mudah dicerna dan masuk ke tubuh si kucing. Tunggu hingga obat itu bekerja sampai racunnya benar-benar terserap dengan baik.

Memberikan Madu atau Air Kelapa

Madu dan air kelapa ternyata memiliki manfaat untuk menetralisir racun yang terdapat pada tubuh kucing dengan baik. Selain itu madu juga dapat meningkatkan imun tubuh kucing agar mampu menahan racun dan supaya kucing kamu tidak mudah sakit atau terserang penyakit. Begitupun dengan air kelapa yang dapat membersihkan tubuh kucing yang keracunan.

Kedua bahan alami ini bisa membantu kucing yang yang keracunan dan mengeluarkannya secara alami. Kamu bisa memberikan beberapa sendok madu asli untuk kucing kamu minum atau bisa juga dengan air kelapa dengan cara memberikannya untuk diminum si kucing sampai benar-benar terlarut didalam tubuhnya dan bekerja dengan maksimal untuk mengusir racun.

Bantu Kucing Untuk Memuntahkan Makanannya

Cara yang bisa kamu lakukan untuk menolong kucing yang keracunan adalah dengan membantunya untuk bisa memuntahkan makanan atau minuman yang termakan oleh si kucing di dalam perutnya. Kamu bisa dengan cara mengurut-ngurut atau mengusap-ngusap bagian perutnya secara perlahan ketika kucing kamu sedang ingin siap-siap untuk muntah.

Tekan di bagian perutnya dan dorong secara perlahan sampai kucing kamu benar-benar muntah mengeluarkan semua makanan nya sampai habis. Jika kucing sudah selesai memuntahkan makanan di perutnya, jangan lupa untuk langsung memberikannya minum air mineral agar membantu membersihkan sisa-sisa racun yang menempel pada organ dalamnya.

Membasuh Tubuh Kucing

Salah satu alasan kucing dapat keracunan adanya kemungkinan zat beracun yang menempel di bulu si kucing lalu kucing kamu tidak sengaja menjilatnya ketika sedang menjilat-jilati bulunya. Sehingga racun itu termakan oleh si kucing secara tidak langsung dan akhirnya keracunan. Sebelum racun itu menyebar lebih luas ke dalam tubuhnya segeralah untuk menolongnya.

Kamu juga segeralah membasuh atau mengusap bulu si kucing sampai benar-benar bersih dan tidak ada lagi racun yang menempel di bulunya. Setelah itu kamu bisa langsung memberikan pertolongan pertama pada kucing kamu yang keracunan dengan memberikannya air minum mineral lalu hubungilah dokter hewan atau bawa ke klinik hewan untuk diobati langsung.

Bawa Kucing ke Dokter Hewan

Jika kamu takut dan tidak bisa melakukannya sendiri untuk mengobati atau menolong kucing kamu yang sedang keracunan, kamu bisa langsung hubungi dokter atau membawanya ke klinik hewan untuk segera diatasi dan diobati langsung dengan resep obat dokter atau menyuntikan beberapa cairan obat kedalam tubuhnya untuk melawan racun di tubuhnya.

Dengan begitu kucing kamu bisa pulih kembali dan sehat karena sudah tertolong oleh bantuan medis dengan baik dan benar. Pastikan juga untuk selalu mengeceknya atau konsultasi lebih lanjut ke dokter agar mendapatkan arahan dan perawatan untuk si kucing sampai benar-benar pulih akibat racun. Sebagai jaga-jaga jika terjadi atau terulangi kesalahan yang sama.

Itulah beberapa cara mengobati kucing keracunan yang bisa kamu lakukan atau tiru di rumah kepada kucing kamu yang keracunan agar dapat segera menolong si kucing sebelum terlambat. Pastikan untuk selalu mengecek kondisi dan suhu tubuhnya serta berikan pertolongan pertama.

Hindari memberinya makanan yang sudah kadaluarsa atau daging mentah kepada si kucing yang memungkinkan membuatnya bisa keracunan. Selalu jauhkan juga kucing peliharaan kamu dari barang atau tumbuhan yang sekiranya mengandung racun. Good Luck semoga membantu.