Wednesday, 17 Jul 2024

Cara Mengobati Mata Kucing Berair dan Belekan

6 minutes reading
Saturday, 4 Nov 2023 19:03 0 82 Sela Rahma

Nesiaverse.com – Masalah kesehatan mata pada kucing sudah merupakan hal yang wajar dan paling umum terjadi. Menyebabkan berbagai masalah pada bagian matanya seperti berair dan belekan. Walaupun sudah biasa terjadi pada kucing, tetap saja kita harus mencegahnya.

Supaya mata kucing senantiasa terjaga kesehatannya dan tidak menimbulkan berbagai masalah serius. Cara mengobati mata kucing berair dan belekan cukup mudah dilakukan sendiri oleh kamu, hanya dengan menggunakan alat bantu yang tersedia di rumah atau berikan obat mata.

Jangan sesekali kamu abaikan ya, para cat lovers! Jika memang terjadi perubahan atau ada gejala maupun tanda-tanda yang mencurigakan dari matanya, segeralah untuk mengecek dan memberikan perawatan guna mencegah kondisi mata si kucing jadi semakin memburuk.

Lalu kalau begitu bagaimana cara mengobati mata kucing berair dan belekan? Nah, disini akan memberikan beberapa tips atau cara untuk mengobati mata kucing yang berair dan belekan secara menyeluruh, agar kamu pahami. Jadi simaklah ulasannya di bawah ini dengan seksama!

Cara Mengobati Mata Kucing Berair dan Belekan

Cara Mengobati Mata Kucing Berair dan Belekan

Mata merupakan bagian tubuh yang memiliki peran penting untuk kelangsungan hidup si kucing. Tanpa adanya mata, mana mungkin kucing dapat bertahan hidup dengan baik. Membuat mereka kesulitan melihat, mengamati sekitarnya dari hewan buas, dan berburu.

Maka dari itu penting sekali untuk menjaga kesehatan mata si kucing ini dengan baik. Supaya mereka bisa hidup dengan nyaman dan aman, dapat melakukan aktivitas sehari-harinya dengan baik dan lancar, serta kucing jadi bisa dengan mudahnya berburu saat malam hari.

Uniknya mata si kucing ini mampu melihat dengan jelas saat malam hari sekalipun dalam keadaan redup cahaya, namun tidak dengan kondisi gelap total. Kucing juga memiliki bentuk dan warna mata yang indah dan unik, membuat kita ingin selalu menjaga keindahan matanya.

Tetapi, di dunia ini tidak ada makhluk hidup yang selalu dapat menghindari penyakit, salah satunya adalah penyakit yang mempengaruhi kesehatan matanya. Menyebabkan mata jadi kering, iritasi, belekan dan berair, membuat kucing jadi tidak nyaman dan kesulitan melihat.

Sebenarnya apa sih penyebab mata kucing berair dan belekan ini? Penting untuk kamu kenali penyebabnya agar mempermudah kamu untuk mencegahnya. Nah, berikut ada beberapa penyebab mata kucing berair dan belekan, diantaranya adalah:

  • Infeksi feline herpesvirus
  • Infeksi mata akibat bakteri atau radikal bebas
  • Reaksi alergi
  • Epifora atau banjir air mata
  • Mata kering

Jika kamu sudah mengetahui penyebabnya berarti langsung saja mengatasi masalah mata berair dan belekan yang dialami oleh si kucing dengan cara mengobati mata kucing berair dan belekan seperti berikut dibawah ini, diantaranya adalah:

Rutin Membersihkan Mata si Kucing

Supaya mata kucing tidak terus kotor atau belekan dan basah, tentunya kamu harus rutin membersihkan mata si kucing. Jika dibiarkan terus menerus tanpa di bersihkan, nantinya kotoran di mata semakin menumpuk dan bagian wajah jadi sering basah karena mata berair.

Apalagi teruntuk kucing Persia yang memiliki moncong pendek ke dalam dan mengalami mata berair akan mudah membanjiri wajahnya. Maka dari itu cara untuk mengobatinya atau coba mengatasi masalah tersebut adalah dengan membersihkan area mata yang kotor dan berair.

Seka belek dan air mata yang keluar menggunakan bola kapas atau bisa juga gunakan cotton bud yang sudah kamu basahi pakai air. Cobalah untuk mengambil beleknya terlebih dahulu sampai benar-benar bersih, lalu lap pakai tisu basah pada bagian wajah yang terkena air mata.

Pastikan semuanya steril, jangan gunakan tisu kotor ataupun cotton bud bekas. Usahakan tangan kamu juga bersih, supaya tidak ada sedikitpun kotoran atau bakteri menempel di benda yang kamu gunakan untuk membersihkan matanya agar tidak menginfeksi mata si kucing.

Kompres Mata Dengan Air Hangat

Jika terdapat belek menumpuk pada bagian pupil matanya dan cenderung sebagian ada yang mengering, cobalah untuk mengompres mata si kucing dengan air hangat. Hal ini membantu beleknya melunak dan tidak akan sakit saat kamu mengambil atau membersihkan matanya.

Pastikan kamu bersihkan bagian wajah yang basah karena air mata, lalu sediakan kain bersih dan air hangat. Celupkan kain bersih tersebut ke dalam air hangat, lalu perut hingga tidak terlalu basah dan kompreskan kain basah tersebut ke bagian mata si kucing 1-2 menit saja.

Kamu juga bisa tep-tep kan saja kain basah tersebut pada area matanya secara perlahan dan sedikit tekan-tekan seperti memijat. Kalau bapaknya sudah tidak begitu melekat pada bagian kulit mata si kucing, bersihkan menggunakan cotton bud lalu lap matanya menggunakan tisu.

Berikan Obat Tetes Mata Kucing

Mata yang mengalami masalah infeksi dan menyebabkan mata kucing jadi belekan disertai berair, gunakanlah obat tetes mata yang diformulasikan untuk kucing. Obat tetes mata membantu membersihkan bagian bola mata kucing serta membuat mata jadi lebih cerah.

Belek-belek yang ada di dalam bola matanya akan langsung menggumpal ke bagian pupil mata si kucing, dengan cukup meneteskan obat mata. Mempermudah kamu membersihkan sisa-sisa kotoran matanya, tanpa perlu khawatir mata si kucing akan terasa perih, gatal atau iritasi.

Pastikan untuk menggunakan obat tetes mata yang sudah diresepkan oleh dokter, seperti tetes mata doxycycline dengan dosis penggunaan cukup 1-2 tetes setiap 2-4 kali sehari. Gunakan secara rutin sekitar sampai 5-7 hari untuk lebih efektif, serta agar hasilnya lebih maksimal.

Bersihkan Lingkungan di Sekitar

Cara mengobati mata kucing yang sedang bermasalah, tentunya harus menjaga kebersihan lingkungan di sekitar si kucing. Jika dibiarkan kotor dan tidak terawat, hal itu beresiko makin memperburuk keadaan atau kondisi mata mereka yang sedang sakit jadi semakin parah.

Bersihkan rumah kamu mulai dari menyapunya lalu mengepel lantai, supaya debu-debu dan alergi tidak beterbangan mengganggu atau masuk ke mata si kucing. Jangan lupa juga untuk membersihkan kandangnya, dimana tempat mereka untuk tidur dan beristirahat tetap bersih.

Rutin membersihkan litter boxnya juga, supaya tidak menjadi sarang kuman atau bakteri, parasit, dan virus yang menyebabkan kucing sakit flu. Karena flu dapat mempengaruhi kesehatan matanya, sebab menginfeksi saluran pernafasan si kucing hingga menjalar ke mata.

Berikan Obat Lisin

Salah satu penyebab mata kucing jadi berair atau belekan, tidak lain adalah dari penyakit Feline herpesvirus. Virus ini menyerang saluran pernafasan si kucing yang menyebabkan rhinitis dan konjungtivitis, kondisi seperti ini juga dapat mempengaruhi kesehatan matanya.

Mata jadi lebih berair, memerah, terasa panas, mudah belekan, dan terinfeksi. Solusinya bisa dengan memberikan obat lisin yang sudah diresepkan oleh dokter hewan. Lisin ini merupakan asam amino esensial yang dapat membantu menghambat perkembangan virus di tubuh kucing.

Sehingga feline herpesvirus tidak akan makin menyebar lagi di tubuh si kucing. Kamu juga bisa memberikan asam amino alami yang terdapat pada makanannya atau vitamin untuk kucing. Memberikan vitamin membantu meningkatkan imun tubuh kucing agar terhindar dari virus.

Pakaikan Collar Corong

Cara mencegah kondisi mata semakin memburuk setelah diobati adalah dengan memakaikan collar corong pada bagian leher si kucing. Hal ini membantu meminimalisir kucing menggaruk atau mencakar bagian matanya, karena kuku kucing tidak selalu bersih beresiko menginfeksi.

Dengan begitu kamu bisa mengenakan collar corong pada kucing, sebelum ataupun sesudah mengobati matanya dan membersihkan matanya. Sehingga obat akan bekerja dengan baik, tanpa khawatir kucing mencakar matanya yang akan memperburuk kondisi matanya.

Itulah beberapa cara mengobati mata kucing berair dan belekan, mungkin perlu untuk kamu ketahui. Supaya dapat kamu mengatasi permasalahan mata pada si kucing dengan baik, agar tidak berair ataupun belekan lagi. Dengan begitu mata kucing bisa kembali normal dan sehat.

Jika kondisi mata kucing semakin memburuk dan tidak kunjung sembuh, segeralah untuk membawanya ke dokter hewan agar mendapatkan perawatan yang lebih intensif. Kemungkinan tidak dapat diobati sendiri dan memerlukan tindak dari medis. Good Luck semoga membantu.