Wednesday, 17 Jul 2024

8 Posisi Tidur Kucing Yang Baik dan Benar

6 minutes reading
Friday, 3 Nov 2023 19:19 0 183 Sela Rahma

Nesiaverse.com – Tidur dan beristirahat merupakan salah satu kebutuhan biologis bagi semua makhluk hidup, termasuk untuk kucing. Hewan mungil satu ini senang menghabiskan waktunya hanya untuk tidur, dan kebanyakan tidur di siang hari daripada saat malam hari.

Biasanya kucing lebih aktif di malam hari tidak lain hanya untuk berburu, namun hal itu juga tergantung pada kucingnya. Adapun mereka sulit tidur pada malam hari karena suatu alasan tertentu, sehingga membuat kucing jadi lebih terjaga di malam hari apalagi saat tengah malam.

Tapi, apakah kamu tau Posisi tidur kucing yang baik itu bagaimana? Terkadang kamu tidak terlalu memperhatikan posisi tidur si kucing. Padahal hanya dengan melihat cara mereka tidur atau posisi mereka tidur itu menandakan kondisi tidur si kucing, apakah nyaman atau tidak.

Lalu kalau begitu seperti apa sih posisi tidur kucing yang baik? Nah, disini akan memberikan beberapa penjelasan mengenai posisi tidur kucing yang baik, menandakan tidur mereka sangat nyaman dan tidur dengan nyenyak. Jadi simaklah ulasannya di bawah ini dengan seksama!

Posisi Tidur Kucing Yang Baik dan Benar

Posisi Tidur Kucing Yang Baik dan Benar

Kucing adalah hewan yang banyak disukai oleh para cat lovers, tidak sedikit orang-orang ingin memeliharanya untuk dijadikan teman, atau hiburan mereka di rumah dikala sedang merasa lelah dan stress. Cukup dengan melihat kelucuan kucing pun semua beban seketika hilang.

Tapi, apakah kamu tau kalau kucing ini ternyata banyak tidur? Faktanya kucing lebih sering atau banyak tidur, bahkan waktu mereka untuk tidur adalah 12-16 jam dalam sehari. Adapun anak kucing dan kucing tua, tidur lebih dari 16 jam atau sampai 20 jam hanya untuk tidur saja.

Menariknya lagi 70% kucing menghabiskan waktunya cuma untuk tidur, udah kayak kebo aja hihi. Memangnya kenapa sih tidur kucing ini lebih lama dibandingkan manusia? Tentu saja kucing membutuhkan tidur yang lebih lama, karena aktivitas fisik mereka yang cukup berat.

Apalagi kucing termasuk predator yang senang berburu, dan itu sering dilakukan pada tengah malam sampai pagi hari. Makanya di siang hari kucing akan tertidur selama belasan jam hingga petang untuk mengisi ulang energinya yang terkuras habis dengan beristirahat yang cukup.

Bahkan dalam keadaan tertidur pun kucing juga masih tetap sigap, lho! Walaupun mereka tidur tapi panca inderanya tetap berjalan, ketika ada bahaya mereka akan langsung merasakannya. Hal itu sudah wajar terjadi, karena sudah merupakan naluri alaminya dalam bertahan hidup.

Tapi, biasanya kucing rumahan atau peliharaan lebih sering tertidur di bandingkan kucing liar. Sebab kucing rumahan tidak perlu mengkhawatirkan mencari makan, terganggu oleh hewan buas lainnya, serta bisa tidur nyaman dan aman dengan posisi yang berbeda-beda sesukanya.

Ternyata hanya dengan melihat posisi tidur si kucing, kamu bisa mengenali atau mengetahui kondisi mereka apakah tidur nyenyak atau sebaliknya. Nah, buat kamu yang ingin mengetahui posisi tidur kucing yang baik, berikut ada beberapa posisi ternyaman kucing diantaranya yaitu:

Posisi Tidur Melingkar

Saat kucing tidur melingkar seperti bola, dengan bagian tubuh sepenuhnya terlipat melingkar adalah posisi tidur yang baik dalam menjaga tubuhnya tetap hangat dan mempertahankan suhu tubuh mereka dari cuaca yang dingin dengan membentuk sebuah benteng melingkar.

Sehingga bagian tubuh bawah kucing atau bagian perut tidak mudah kedinginan, mereka memposisikan tubuh atas atau area punggung yang cenderung bulunya lebih lebat untuk dijadikan sebagai selimutnya serta melindungi bagian organ vital mereka dari serangan musuh.

Posisi Tidur Menyamping atau Miring

Tidur menyamping atau miring ke kanan dan ke kiri, dengan bagian tumbuh samping jadi bantalannya serta bagian kaki atau tangannya dibiarkan sedikit saling bertumpang tindih adalah posisi tidur yang baik dalam membuat mereka tidur dengan nyaman namun waspada.

Dengan posisi seperti ini akan mempermudah kucing untuk terbangun ketika merasakan keberadaan musuh ingin menghampirinya, sehingga kucing akan dengan cepat terbangun dari tidurnya untuk menghindar, atau berlari. Posisi tidur yang baik untuk menjamin keselamatan.

Posisi Tidur Tengkurap

Posisi tengkurap mirip superman ketika sedang terbang, dimana posisi bagian perut mereka di bawah menjadi bantalannya dan posisi kaki atau tangan mereka lurus ke depan. Posisi ini menandakan kalau kucing sedang merasa rileks, serta menjaga tubuhnya agar tidak kepanasan.

Dalam posisi ini kemungkinan kucing merasa kepanasan akibat cuaca atau suhu ruangan yang terlalu panas, sehingga mereka ingin tidur dengan nyaman sembari mendinginkan tubuhnya di lantai dengan posisi tengkurap, selain itu juga posisi ini guna melindungi bagian perut kucing.

Posisi Tidur Terlentang

Posisi tidur terlentang dengan bagian tubuh atas mereka dijadikan sebagai bantalannya, bagian perut di atas dan terbuka, serta kaki atau tangannya dibiarkan mendangkak atau terlentang, menandakan kalau kucing tidur dengan percaya diri, merasa aman, nyaman, dan rileks.

Biasanya kucing tidur dalam posisi yang lebih tertutup pada bagian vitalnya seperti perut untuk melindunginya. Namun posisi terlentang ini artinya si kucing sedang merasa baik-baik saja dan bagus untuk merilekskan tubuhnya. Posisi tidur ini kebanyakan dilakukan kucing rumahan.

Posisi Tidur Meringkuk

Posisi meringkuk dengan tubuh terlipat dan kaki diposisikan tertarik ke bawah, menandakan kucing tertidur dalam keadaan nyaman untuk menjaga suhu tubuhnya tetap hangat, sembari melindungi bagian perutnya dan posisi ini mempermudah si kucing untuk melakukan aksinya.

Walaupun tidur dalam keadaan nyaman, tetap saja kucing harus dalam posisi sigap jika terjadi suatu hal yang buruk tak terduga. Tidur meringkuk juga termasuk posisi yang cukup umum dilakukan oleh kucing, karena memang senyaman itu tanpa khawatir keadaan sekitar.

Posisi Tidur Sambil Duduk

Pernah melihat posisi tidur kucing sambil duduk? Posisi kaki atau tangan dijadikan sebagai bantalannya untuk menopang tubuh si kucing, dengan kepala tetap tegak adalah posisi yang paling praktis dan aman bagi kucing. Dalam posisi ini mempermudah kucing untuk terbangun.

Kenapa bisa termasuk posisi yang paling praktis? Karena jika ada bahaya yang mendekati, kucing akan segera berdiri, berlari, melompat, dan bahkan langsung berkelahi. Mereka akan tetap tidur dengan aman dan nyaman, tetapi posisi ini juga menunjukan kewaspadaan mereka.

Posisi Tidur Seperti Bentuk Sepotong Roti

Posisi tidur yang unik dan lucu seperti membentuk sepotong roti dengan posisi hampir sama seperti sedang duduk, hanya saja bagian kaki belakang kucing terlipat ke dalam sebagai penopang tubuhnya sedangkan tangan bagian depan mereka melengkung ke depan tubuhnya.

Menandakan kalau kucing sedang tidur dengan rileks sembari menyimpan energi, serta dalam posisi tidur ini mereka tetap terjaga dan panca indera dalam mode aktif. Mempermudah kucing untuk mengamati sekitar dan langsung sigap jika ada bahaya yang tak terduga menimpanya.

Posisi Tidur Dengan Tangan Menutupi Wajahnya

Tidur dengan posisi bagian lengan atasnya menutupi wajah mereka, menandakan kalau kucing ingin tidur nyaman tanpa ada cahaya atau suara yang mengganggu. Terutama jika kucing sedang tidur di ruangan yang terlalu terang, pastinya mereka merasa tidak nyaman dan silau.

Makanya dengan tidur posisi menutupi wajah adalah hal yang tepat, mereka jadi lebih nyaman tidurnya tanpa khawatir cahaya atau suara bising mengganggu si kucing. Walaupun begitu jika kamu melihat kucing tidur dengan posisi seperti ini, pastikan lampu mati dan jangan berisik.

Itulah beberapa posisi tidur kucing yang baik, mungkin perlu untuk kamu ketahui supaya dapat mengenali arti dari posisi mereka tidur. Dengan begitu kamu bisa memastikan kalau si kucing tidurnya nyaman, nyenyak, dan posisi tidurnya dalam keadaan tetap terjaga atau waspada.

Pastikan kamu menyediakan tempat tidur yang nyaman, empuk, dan hangat juga untuk kucing. Jangan lupa juga untuk rutin membersihkan tempat tidurnya, agar terhindar dari penyakit serta tidur juga jauh lebih nyenyak tanpa adanya gangguan. Good Luck semoga membantu.