Thursday, 20 Jun 2024

Cara Mengolah Kulit Buah Delima

4 minutes reading
Friday, 23 Jun 2023 14:36 0 73 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Buah Delima atau Pomegranate yang kerap dilihat sebagai tanaman hias karena memang kebanyakan orang yang menanam tanaman buah Delima ini yang dijadikan sebagai tanaman hias namun buahnya juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh, untuk kamu yang ingin tahu dengan cara mengolah kulit Delima maka bisa dengan simak penjelasannya disini.

Buah Delima yang memiliki nama latinnya yaitu Punica Granatum yang merupakan salah satu tanaman semak belukar yang berbuah dan bisa dikonsumsinya buahnya, dimana tanaman buah Delima ini yang berasal dari keluarga Lythraceae dengan memiliki tinggi yang dapat mencapai 5 hingga 8 meter.

Bahkan banyak orang yang memanfaatkan buah Delima sebagai bahan herbal yang berkualitas yang memberikan banyak khasiat dan juga manfaatnya untuk kesehatan tubuh, memang sudah sejak dulu yang dimana tradisi telah mengajarkan berbagai cara untuk merebuskan kulit buah Delima untuk kesehatan dan kecantikan.

Bahkan selain itu juga Delima ini yang umumnya dijadikan sebagai campuran jus, salad, hiasan makanan, pemanis dan bahkan campuran minuman beralkohol, sudah banyak sekali  resep yang  digunakan oleh masyarakat untuk bisa mendapatkan kelezatan dari buah Delima terlebih lagi jika buah Delima yang sangat baik untuk kesehatan.

Namun bagaimana cara mengolah kulit Delima, nah untuk kamu yang belum tahu dengan cara mengolahnya maka kamu bisa dengan simak penjelasannya disini yang dapat bisa kamu coba dan terapkan di rumah.

Cara Mengolah Kulit Buah Delima

Cara Mengolah Kulit Delima

Pastinya sudah banyak orang yang mengetahui dengan berbagai manfaat yang bisa didapatkan dari buah Delima untuk kesehatan dan juga kecantikan, tidak hanya biji buah Delima saja yang bermanfaat namun kulit buah Delima juga yang memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh dan juga kecantikan.

Biasanya kulit buah Delima yang sering dibuang begitu saja dan dianggap tidak berguna namun kamu bisa menggunakan kulit Delima secara teratur yang akan mendapatkan berbagai manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan, untuk hal ini yang sudah dipraktekkan dalam pengobatan Ayurveda yaitu sebuah praktik alternatif yang berakar pada budaya India.

Dimana untuk cara mengolah kulit Delima yaitu dengan memisahkan kulit dan juga daging buah Delima lalu kulit buah Delima yang bisa dikeringkan dan juga digiling menjadi bubuk halus untuk direndam ke dalam air hangat atau panas dan dikonsumsi sebagai teh atau bisa juga dicampur dengan air untuk membuat sebuah pasta yang bisa dioleskan sebagai masker atau scrub.

Memang untuk kulit buah Delima ini yang tidak seperti buah Delimanya yang bisa langsung dikonsumsi karena untuk kulit buah Delima yang harus diolah terlebih dahulu sebelum diambil manfaatnya, untuk manfaat dari kulit buah Delima ini yang bisa kamu dapatkan dengan mengolahnya sendiri menjadi bubuk atau pasta.

Atau kamu juga bisa dengan langsung membeli produk perawatan yang mengandung ekstrak kulit buah Delima agar lebih praktis, adapun untuk cara mengolah kulit Delima yang lebih jelasnya bisa kamu coba dan lakukan dirumah dengan mengikuti cara dibawah ini yaitu sebagai berikut:

  • Terlebih dahulu pisahkan kulit dari buah Delimanya.
  • Kemudian tempatkan kulit Delima di dekat jendela dengan sinar matahari langsung.
  • Diamkan sekitar 2 hingga 3 hari atau bahkan sampai kulitnya benar-benar kering.
  • Tambahkan kulit Delima ke dalam blender atau food processor dan digiling menjadi bubuk halus.
  • Jika sudah halus kemudian simpan bubuk kulit Delima pada suhu kamar di dalam wadah yang kedap udara.
  • Bubuk kulit Delia ini yang bisa dicampurkan dengan air secukup nya jika akan digunakan.

Untuk kamu yang ingin memanfaatkan bubuk kulit Delima sebagai masker wajah maka kamu bisa dengan menjadikannya seperti pasta terlebih dahulu, adapun untuk cara membuatnya yaitu sebagai berikut:

  • Silahkan campurkan 2 bagian bubuk kulit Delima dengan 1 bagian air untuk membuat pasta.
  • Kemudian aduk hingga merata.
  • Jika sudah lalu oleskan ke wajah yang bersih.
  • Lalu biarkan dan diamkan sekitar 15 menit atau bisa juga sampai mengering.
  • Lalu bilas dan cuci hingga bersih dengan menggunakan air mengalir.

Untuk kulit Delima ini yang memiliki berbagai kandungan nutrisi, vitamin dan juga antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan juga kecantikan seperti menyehatkan jantung, mendukung kesehatan mulut, mengatasi masalah jerawat, ruam, menguatkan tulang, mengatasi batuk dan sakit tenggorokan,melawan penuaan dini, sebagai agen detoksifikasi, mengurangi risiko kanker dan bahkan dapat mencegah ketombe.

Mungkin hanya itu saja untuk beberapa cara mengolah kulit Delima yang dapat kamu lakukan dan juga bisa kamu coba memanfaatkannya secara rutin agar bisa merasakan manfaatnya secara optimal, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.