Saturday, 22 Jun 2024

Cara Menumbuhkan Kumis Kucing

4 minutes reading
Thursday, 28 Sep 2023 02:41 0 281 Sela Rahma

Nesiaverse.com – Seringkali terjadi ketika kucing sedang bermain atau berburu yang membuat kumis mereka kadang terpotong atau tercabut, terbakar ketika kucing hendak menghampiri api, atau bahkan ada orang jahil yang sengaja menggunting kumis si kucing.

Membuat kita sebagai pemiliknya kebingungan bagaimana cara menumbuhkan kumis kucing yang terpotong seperti itu. Apa kita bisa membantu kucing dalam menumbuhkan kumisnya? Supaya si kucing bisa memiliki kumis yang normal kembali dan dapat berfungsi dengan baik.

Memang menumbuhkan kumis dan bulu kucing itu tidak sama, kalau menumbuhkan bulu bisa dilakukan oleh kamu sendiri dengan berbagai cara tapi kalau kumis kucing bagaimana? Sedangkan kumis pada kucing itu merupakan folikel rambut yang memiliki saraf penting.

Lalu kalau begitu bagaimana cara menumbuhkan kumis kucing? Nah, disini akan memberikan beberapa tips atau cara untuk menumbuhkan kumis pada kucing yang terpotong ataupun tergunting secara singkat dan jelas. Jadi simaklah ulasannya di bawah ini dengan seksama!

Cara Menumbuhkan Kumis Kucing

Kucing sangat bergantung pada kemampuan panca indranya, termasuk kumis. Kumis pada kucing memiliki banyak fungsinya yang dibutuhkan untuk kucing dalam menjalani kehidupan mereka sehari-hari. Nyatanya kumis ini bukan hanya sekedar pajangan dan aksesoris tubuh.

Ternyata faktanya kumis pada kucing itu membantu mereka dalam hal apapun. Seperti apa fakta menarik mengenai kumis kucing? Sebelum itu yuk, bahas terlebih dahulu mengenai fakta menarik dari kumis kucing. Berikut ada beberapa fakta menarik terkait fungsi kumis kucing:

  1. Membantu kucing dalam mengenali lingkungan sekitarnya
  2. Membantu kucing mencari makanan atau minum ketika malam hari
  3. Membantu kucing dalam menjaga keseimbangan tubuhnya
  4. Membantu kucing dalam merasakan getaran atau gerakan mangsa ataupun musuh
  5. Membantu kucing sebagai organ sensorik

Jumlah kumis pada kucing terdapat sebanyak 24 dan setiap sisi memiliki 12 kumis, dengan panjang bisa mencapai 8-12 cm atau bahkan bisa lebih panjang. Folikel rambut yang terdapat pada kumisnya ternyata dipenuhi dengan saraf guna memberikan sinyal pada otak kucing.

Selain itu kumis kucing memiliki material penyusun yang bersumber dari keratin, jadi walaupun kumis kucing terpotong atau tergunting bisa tumbuh kembali. Biasanya membutuhkan waktu 2-3 bulan sampai kumisnya bisa tumbuh kembali, tergantung bagaimana kamu merawatnya.

Meskipun begitu, cara menumbuhkan kumis kucing yang bisa kamu lakukan dengan cepat belum ada informasi yang lebih jelas. Hanya saja dalam membantu menumbuhkan kumisnya yang terpotong kamu bisa memberikan asupan makanan yang bergizi dan seimbang, serta merawat dari luar dengan memberikan vitamin dan mineral.

Memilih pakan yang berkualitas dalam membantu pertumbuhan kumis atau bulu pada kucing, karena fungsi makanan itu sangat penting bagi kesehatan tubuh kucing secara menyeluruh. Di dalam makanan tersebut juga mengandung banyak nutrisi yang diperlukan bagi tubuh kucing.

Kalau kucing kekurangan asupan vitamin bisa menyebabkan bulu menjadi rontok, termasuk kumisnya juga dan kekurangan mineral bisa membuat pertumbuhan bulu tidak efektif. Maka dari itu kamu bisa memberikan perawatan terbaik dalam menjaga kesehatan tubuh kucing.

Karena hal itu pastinya akan berpengaruh juga pada pertumbuhan bulu ataupun kumisnya. Dengan memberikan segala kebutuhan nutrisinya dapat membantu pertumbuhan kumis pada kucing. Jangan sampai dengan sengaja kamu merusak kumisnya atau bahkan memotongnya.

Sebab bisa mengakibatkan kucing kesulitan dalam melakukan aktivitas sehari-harinya. Sebagaimana yang menimpa pada seorang pemilik kucing, dimana saat kucing dari pemilik tersebut sedang bermain lalu ada orang yang jahil menggunting kumisnya hal itu menyebabkan kucingnya berjalan miring tidak seimbang, gak mau makan, bersin-bersin disertai pilek atau flu.

Bahkan bisa menyebabkan semua saraf yang terdapat pada folikel rambut pada kumisnya menjadi tidak berfungsi seperti biasanya dan cukup mengganggu keseharian si kucing. Memang kucing bisa menggunakan panca indra lainnya, tapi tetap saja kumis bagi kucing sama pentingnya dan itu harus dijaga jika kamu tidak mau kucing mengalami hal serupa seperti itu.

Itulah beberapa penjelasan singkat mengenai cara menumbuhkan kumis kucing yang mungkin perlu untuk kamu ketahui, agar bisa mengatasinya dengan baik serta bisa tau seberapa pentingnya kumis untuk kucing dan fungsinya bagi kucing untuk kelangsungan hidupnya.

Usahakan untuk selalu merawat setiap bagian dari anggota tubuh mereka, supaya bisa berfungsi dengan baik atau efektif dan membantu kucing dalam menjalani aktivitasnya sehari-hari tanpa khawatir akan terluka ataupun cedera saat aktivitas. Good Luck semoga membantu.