Wednesday, 17 Jul 2024

10 Aplikasi Untuk Mencari Kucing Hilang

7 minutes reading
Wednesday, 27 Sep 2023 03:42 0 428 Sela Rahma

Nesiaverse.com – Seringkali kucing suka kabur-kaburan dari rumah dan susah ditemukan, takutnya ada orang iseng yang ngambil kucing kesayangan. Hal itu pastinya membuat kamu panik, sedih, dan gak tau harus gimana. Tapi tenang saja kamu bisa menggunakan aplikasi untuk mencari kucing hilang untuk menemukannya.

Kucing memang sering tersesat dan terus ngilang, pasti bakal susah nyarinya. Benar, kucing bisa kembali sendiri ke lingkungan asalnya, hanya saja membutuhkan waktu yang lama saat mereka tersesat. Belum lagi kita gak bakalan tau apa yang akan terjadi pada kucing ketika menghilang.

Lalu kalau begitu apa sih aplikasi mencari kucing hilang? Nah, disini akan memberikan beberapa rekomendasi alat atau aplikasi untuk melacak dan mencari kucing kamu ketika hilang ataupun saat tersesat dengan mudah. Jadi simaklah ulasannya di bawah ini dengan seksama!

Daftar Aplikasi Untuk Mencari Kucing Hilang

Aplikasi Mencari Kucing Hilang

Bukan hal yang aneh lagi kalau kucing seringkali kabur dari rumah dan menghilang selama berhari-hari tanpa sepengetahuan kita sebagai pemiliknya yang pusing mikirin kemana kucing kita berada dan panik karena gak tau bagaimana cara mencari si kucing yang hilang begitu saja.

Sebenarnya kucing sendiri bisa pulang sendiri ke rumah kalau memang mereka sudah terbiasa dengan jejak atau arah untuk pulang ke asalnya, bahkan saat kucing tersesat sekalipun mereka masih bisa pulang ketempat asalnya, meskipun membutuhkan waktu yang cukup lama sekali.

Menurut Survei dari Lost Pet Research and Recovery pada tahun 2013 hingga 2018 mengungkapkan bahwa, kucing yang melakukan perjalanan antara 300 meter hingga 1.000 meter bisa kembali lagi ke rumahnya. Biasanya kucing membutuhkan waktu antara 8 jam hingga 2,5 tahun untuk menemukan kembali rumah atau asalnya tentu saja tergantung jarak.

Sebelum itu sebenarnya apa sih penyebab kucing kabur dari rumah dan menghilang? Pasti ada beberapa alasan mengapa kucing bisa menghilang atau kabur selain karena tersesat. Nah, berikut ada beberapa penyebab atau alasan kucing kabur dari rumah, diantaranya adalah:

  • Kucing merasa stress karena tidak betah di rumah
  • Kucing sedang berada di fase kawin dan sering keluar untuk cari pasangan
  • Kucing ingin berburu di malam hari
  • Kucing sedang sakit dan cenderung memilih untuk menyendiri

Tapi, walaupun begitu kamu sebagai pemilik yang kehilangan kucing kesayangan, tentu saja membuat kamu merasa resah dan tidak tenang. Nah, kamu bisa menggunakan aplikasi untuk melacak keberadaan kucing saat menghilang, berikut ada beberapa aplikasi kucing hilang yaitu:

GPS Tracking for Cats

Seperti yang kamu ketahui kalau GPS ini berfungsi untuk melacak keberadaan kucing kamu dimanapun mereka berada. Tapi aplikasi ini dapat beroperasi jika kamu membeli alat pelacak kucing terlebih dahulu. Biasanya alat tersebut banyak terjual di pasaran dengan berbagai jenis.

Dengan adanya aplikasi GPS tracking for cat ini, berperan sebagai sistemnya atau perangkat lunaknya yang bisa kamu unduh di ponsel dan mengaktifkan atau menghubungkan aplikasi ini ke alat pelacak sebagai media agar saling terhubung, dan keduanya bisa mulai beroperasi.

GP Cats

GPCats berfungsi untuk melacak keberadaan kucing kamu dimanapun mereka berada. Sebagai media yang dapat melindungi kucing kamu kemana saja supaya tidak tersesat ataupun hilang. Aplikasi ini mudah digunakan ke database pelacakan yang kamu pasangkan kepada kucing.

Dengan adanya aplikasi GPCats yang berperan sebagai sistemnya atau perangkat lunaknya yang bisa kamu unduh di ponsel dan mengaktifkan atau menghubungkan aplikasi ini ke alat pelacak atau collar sebagai media agar saling terhubung, dan keduanya bisa mulai beroperasi.

ASPCA

ASPCA berbeda dengan aplikasi sebelumnya yang dapat melacak keberadaan kucing disertai alat pelacak sebagai medianya. Sedangkan ASPCA ini merupakan aplikasi seperti sosmed, jadi kamu bisa menggunakannya dengan cara membagikan unggahan foto kucing yang hilang.

Dengan begitu para pengguna ASPCA akan saling membantu kamu dalam mencari keberadaan kucing yang hilang. Selain itu aplikasi ini juga cukup multifungsi, tidak hanya digunakan untuk mencari kucing hilang tapi anjing peliharaan ataupun hewan peliharaan lainnya pun bisa.

Pawtrack GPS Cat Tracking

Pawtrack GPS cat tracking dirancang untuk dapat melacak kucing peliharaan kamu kemana pun si kucing pergi. Sebagai media yang dapat melindungi kucing kamu kemana saja supaya tidak tersesat ataupun hilang dengan cukup menyalakan wifi akan langsung memberikan notif.

Sama seperti GPS tracking dan GPs cats yang dapat beroperasi dengan adanya collar atau kalung pelacak yang bisa kamu pasangkan ke kucing. Karena aplikasi ini berperan sebagai sistemnya saja yang bisa kamu untuk di ponsel dan kamu hubungkan ke alat pelacaknya agar terhubung.

Pawscout Pet Finder

Paw Scout pet finder adalah aplikasi sosial dan keamanan hewan peliharaan kamu. Membantu mencari kucing kamu yang hilang dengan memanfaatkan sosial komunitas karena aplikasi ini berbasis sosial, jadi kamu bisa memberitahukan lokasi terakhir kucing yang hilang di paw scout.

Dengan begitu aplikasi tersebut akan mulai beroperasi saat sudah kamu unduh dan melacak lokasi yang telah kamu kirimkan sampai menemukan hasilnya, lalu jika kucing kamu sudah ditemukan aplikasi ini akan langsung mengirimkan hasilnya secara otomatis ke akun kamu.

Runway Pets

Runway pets adalah aplikasi yang berbasis sosial juga, jadi kinerjanya tidak jauh berbeda seperti aplikasi Paw Scout dan aplikasi ASPC. Kamu bisa mengunduh aplikasi ini secara gratis di ponsel dan bisa kamu gunakan dengan mudah untuk membantu mencari kucing kamu hilang.

Caranya pun sangat mudah cukup unggah foto kucing kamu dan kasih keterangan singkat, jelas, dan terperinci mengenai ciri-ciri kucing kamu supaya para pengguna runway juga dapat mengenali kucing kamu. Aplikasi ini juga bermanfaat untuk mencari uang hasil dari reward.

Finding Rover

Finding rover adalah aplikasi berbasis sosial yang fungsinya sama seperti aplikasi Runway, bedanya finding rover dapat mengenali wajah atau fisik dari kucing kamu yang hilang secara akurat hampir 98% dengan kamu mengunggah foto kucing kamu terlebih dahulu pada finding.

Dengan begitu orang-orang yang menggunakan aplikasi tersebut dapat membantu mencari kucing kamu dengan memotret kucing yang hilang, kalau sama persis mereka akan langsung menghubungi kamu untuk memberitahukan lokasi kucing kamu yang hilang lewat dinding.

Nextdoor Pet Directory

Nextdoor pet directory adalah aplikasi berbasis sosial khusus perangkat iOS. Caranya cukup mudah kamu hanya perlu mengunggah foto kucing kamu dan sertai info atau ciri-ciri terkait kucing kamu secara detail dan rinci agar mempermudah para pengguna untuk mengenalinya.

Sebelum itu kamu perlu mengunduhnya terlebih dahulu dan bisa langsung daftar atau login dengan akun yang telah kamu buat. Dengan begitu aplikasi tersebut bisa kamu gunakan untuk mencari kucing hilang dan sebagai penghasilan juga karena biasanya bisa dapat reward juga.

Missing Pets

Missing pets adalah aplikasi berbasis sosial yang fungsinya hampir sama seperti aplikasi runway, kamu hanya perlu mengunggah foto kucing kamu yang hilang dan diberikan keterangan singkat, jelas, terperinci terkait ciri-ciri kucing dan lokasi terakhir kucing kamu.

Dengan begitu aplikasi tersebut akan mulai bekerja dengan memberitahukan kepada para pengguna aplikasi missing pets, dan mereka akan sebisa mungkin untuk memberitahukan informasi mengenai lokasi kucing yang hilang kepada kamu jika ada yang menemukannya.

Findster

Findster adalah aplikasi untuk mencari hewan peliharaan kamu, termasuk kucing. Dengan melacak keberadaannya secara real-time. Tapi aplikasi ini memiliki dua macam findster yang digunakan untuk kamu dan satunya lagi untuk kucing kamu berupa alat GPS untuk kucing.

Menariknya findster ini memberikan fitur-fitur seperti live GPS monitoring yang bisa melacak kucing secara real-time atau zona aman yaitu pagar buatan yang akan memberitahukan kepada kamu kalau kucing melewati batasan tersebut, dengan begitu aplikasi ini akan mulai beroperasi.

Itulah beberapa aplikasi mencari kucing hilang yang mungkin perlu untuk kamu ketahui, agar bisa segera mengunduh dan memasang alat serta aplikasi untuk melacak kucing yang hilang. Dengan begitu kamu tidak perlu khawatir lagi saat bermain keluar bersama kucing akan hilang.

Pastikan kamu juga membeli alat khusus yang terhubung dengan aplikasi tersebut sebagai alat pelacaknya. Usahakan juga untuk tidak terlalu membebas liarkan kucing kamu agar mereka tidak tersesat, cukup ajak main di lingkungan sekitar rumah. Good Luck semoga membantu.