Thursday, 18 Jul 2024

Cara Menurunkan Berat Badan 20 Kg Dalam Seminggu

6 minutes reading
Saturday, 15 Jul 2023 20:15 0 270 Muti Karya

Nesiaverse.com – Banyak sekali cara menurunkan, namun mungkinkah kita bisa menghilakan 20 Kg dalam seminggu ? berat badan turun 20 Kg merupakan dambaan bagi banyak orang yang meikarta badan yang berlebihan. Misalnya memiliki berat badan dengan kisaran 70 hingga 50 kg. Sehingga melakukan berbagai cara diet untuk mendapatkan berat badan impiannya. Namun, penurunan berat badan secara signifikan bukanlah suatu hal yang baik. 

Memiliki berat badan yang berlebihan memang menjadi salah satu permasalahan yang banyak dikeluhkan orang-orang saat ini. Apalagi jika usia semakin bertambah dan memiliki pola hidup yang buruk. Karena akan menjadi suatu PR yang membutuhkan kinerja dan kerja keras ekstra untuk bisa menurunkan berat badan ketika sistem metabolisme tidak sebaik dulu. 

Cara Menurunkan Berat Badan 20 Kg Dalam Seminggu

Cara Menurunkan Berat Badan 20 Kg Dalam Seminggu

Banyak sekali yang berusaha untuk melakukan diet demi menurunkan berat badan bahkan melakukannya secara ekstrim yaitu dalam jangka waktu yang singkat, misalnya seminggu. Umumnya yang dilakukannya adalah menjalani program diet yang ekstrim, sehingga bisa mengancam kesehatan. 

Menghilangkan 10 hingga 20 Kg dalam seminggu merupakan waktu yang sangat cepat, karena normalnya menghilangkan berat badan yang baik dan normal itu maksimal 2 Kg per minggunya. Untuk mendapatkan penurunan berat badan hingga 20 Kg dalam seminggu memang terdengar mustahil, karena akan mengancam kesehatan pelaku diet tersebut. Selain itu akan terdapat banyak efek samping mulai dari kelelahan, dehidrasi, gangguan metabolisme sehingga kesehatan jantung. 

Meskipun tidak ada hal yang tidak mungkin, namun kamu tetap harus berhati-hati. Dalam melakukan diet dan penurunan berat badan hingga 20 Kg dalam seminggu, kamu bisa mencoba dan memperhatikan beberapa tips dibawah ini. 

Mengurangi Konsumsi Karbohidrat

Mengurangi makanan yang memiliki konsumsi karbohidrat merupakan salah satu cara yang bisa kamu lakukan guna usaha menurunkan berat badan hingga 20 Kg. Cara ini harus kamu terapkan secara teratur dan terus menerus untuk hasil yang sempurna. Mengurangi konsumsi karbohidrat sehari-hari bisa membantu menurunkan berat badan dengan baik. 

Beberapa makanan yang memiliki kandungan karbohidrat yang banyak diantaranya adalah nasi, kentang, roti, kue, permen hingga pasta. Maka, kamu bisa dengan mudah menurunkan berat badan jika asupan karbohidrat yang tidak terhenti. Kamu bisa menggunakan alternatif sumber karbohidrat yang sehat seperti ubi maupun beras merah. Pastikan mengkonsumsinya dalam porsi sedikit dan tidak berlebihan. 

Makan di Waktu dan Jam Yang Sama

Agar diet kamu berhasil, selanjutnya kamu harus menyesuaikan jadwal makan yang teratur. Dengan mengatur jadwal makan yang sama dan teratur akan membantu proses program diet kamu berjalan dengan lancar. Misalnya jika kamu sarap pada jam 7 pagi, maka dalam jangka waktu seminggu kamu harus selalu sarapan pagi pada jam 7 pagi. Begitupun dengan jam makan siang serta jam makan malam, harus berlangsung pada waktu yang sama dan tepat selama 1 minggu. 

Selain itu ada alternatif lain dengan menerapkan intermittent fasting, yang mana merupakan metode berpuasa dengan kurun waktu tertentu. Umumnya intermittent fasting ini adalah 16/8, artinya selama 8 jam kami diperbolehkan mengonsumsi makanan. Misalnya mulai jam 12 hingga jam 8 malam. Maka, dari jam 8 malam hingga jam 12 siang kamu tidak boleh mengkonsumsi makanan apapun, selain air. Cara satu ini dianggap sebagai salah satu cara yang efektif untuk menurunkan berat badan dengan cepat. 

Memperbanyak Konsumsi Makanan Berprotein Tinggi

Salah satu tips diet berhasil adalah dengan mengonsumsi makanan yang memiliki protein yang sangat tinggi, hal inilah yang akan menjadi pengganti sumber energi ketika kamu sedang diet. Selain serat, kandungan protein yang tinggi dalam sebuah makanan bisa membantu kamu untuk mendapatkan efek dan rasa kenyang lebih lama. Dengan demikian kamu akan memiliki nafsu makan yang rendah saat itu. Kamu bsia memperbanyak konsumsi makanans perti telur, kacang-kacangan, tahu, teman sebagai menu diet kamu yang memiliki sumber protein tinggi. 

Memakan Camilan Sehat

Camilan merupakan komponen yang sulit dihindari ketika kamu sedang beraktivitas di mejamu. Kamu tetap bisa mengkonsumsi cemilan meskipun sedang menjalani program diet, hanya saja cemilan yang bisa kamu konsumsi merupakan cemilan yang sehat dan kaya akan nutrisi di dalamnya. Kmau bsiamengonsumsi buah-buahans eperti buah pir, apel hingga semangka. Selain itu kamu juga bisa mengkonsumsi cemilan yang kaya akan gizi dan aman untuk dikonsumsi, misalnya kacang-kacangan. 

Dengan mengkonsumsi camilan di sela-sela aktivitas dan kegiatan sehari-hari kamu tidak akan lemas atau loyo. Kemudian, kamu harus memperhatikan waktu untuk mengkonsumsi cemilan, yaitu 3 jam setelah sarapan pagi dan 3 jam setelah makan siang. Cemilan tidak boleh kamu konsumsi dari jam 5 hingga makan malam tiba, karena tidak ada cemilan malam. 

Mencatat Kalori 

Salah satu cara untuk menurunkan berat badan yang tidak kalah pentingnya adalah dengan mencatat jumlah kalori. Jumlah kalor yang dicatat merupakan jumlah kalori dari makanan yang kita konsumsi setiap harinya. Hal ini sangat penting untuk mengawasi asupan kalori pada tubuh. Sehingga dengan mengetahui makanan yang dimakan apakah memenuhi kebutuhan kalori tubuh atau belum. 

Bahkan kamu juga bisa membuat catatan khusus dalam buku harian, maupun ponsel mengenai catatan kalori ini. Namun,saat ini kamu bahkan dipermudah dengan teknologi yang canggih,sehingga banyak bermunculan aplikasi kalkulator penghitung jumlah kalori sehari-hari kamu, dalam bentuk website pun kamu bisa mengaksesnya secara gratis.

Olahraga

Salah satu kunci diet sukse adalah olahra yang rutin. Semua akan sia-sia jika kamu tidak melakukan olahraga secara rutin. Maka, mulailah berolahraga minimal 30 menit setiap harinya. Banyak sekali jenis olahraga yang bisa kamu lakukan dengan mudah, paling sederhana adalah kamu bisa mencoba jalan kaki selama 15 hingga 30 menit setiap harinya.

Hal ini akan membakar kalori pada tubuh. Selain itu cara cepat untuk membakar kalori dan menurunkan berat badan adalah dengan melakukan senam kardio, selain menyehatkan jantung kamu kardio akan membantu kamu membakar lemak tubuh sehingga berat badan akan berkurang secara drastis. Maka, biasakan menyisihkan waktu untuk berolahraga setiap harinya. 

Menjaga Motivasi Diet

Untuk bisa sukses menjalankan program diet kamu membutuhkan semangat dan motivasi yang kuat, sehingga tujuanmu akan tercapai. Diet bukanlah suatu hal yang mudah, dimana kamu harus melakukan berbagai kegiatan yang sebelumnya tidak kamu lakukan, mengubah pola makan dan pola hidup juga. Mungkin awalnya akan sangat menyiksa badan, namun jika kamu sudah terbiasa hal ini tidak akan seburuk itu. 

Selain itu jika kamu memiliki motivasi untuk melakukan diet, kamu pastinya akan terasa terdorong dan semakin semangat untuk melakukan diet. Contohnya kamu bisa menuliskan tujuan kamu untuk diet apa? sperti untuk menyehatkan badan, untuk menggunakan pakaian idaman kamu, untuk terlihat lebih cantik lagi atau menghadapi pacaran atau momen penting seperti tunangan hingga pernikahan. Maka, carilah motivasi dalam melakukan diet, sehingga kamu akan semangat dan konsisten dalam melakukannya. 

Itulah pembahasan mengenai beberapa cara yang bisa kamu lakukan guna untuk menurunkan berat badan mulai dari 10 hingga 20 Kg dalam seminggu. Meskipun belum ada testimoni, bukti dan review seseorang yang turun berat badan sebanyak 20 Kg dalam seminggu, tidak ada salahnya kamu mencoba. Namun jangan menyiksa diri dengan diet ketat, karena hal itu justru akan memberikan dampak buruk pada kesehatan tubuh kamu.