Monday, 15 Apr 2024

10 Buah Untuk Menurunkan Berat Badan Dalam Seminggu

7 minutes reading
Friday, 14 Jul 2023 00:28 0 171 Muti Karya

Nesiaverse.com – Kaya akan nutrisi dan rendah kalori, ada beberapa jenis buah yang bisa digunakan untuk menurunkan berat badan dalam seminggu. Mengingat buah merupakan menu terbaik untuk dikonsumsi selama masa diet, selain sayuran. Hal ini dikarenakan buah memiliki kandungan serat yang tinggi disertai jumlah nutrisi dan vitamin di dalamnya.

Semua buah tentulah baik untuk dikonsumsi, karena memberikan manfaat bagi tubuh. Namun, ada beberapa jenis buah yang memiliki peranan khusus yang akan membantu program diet kamu dalam menurunkan berat badan. Sehingga kamu bisa menambahkan jenis buah tersebut sebagai menu utama maupun menu cemilan dalam program diet kamu. 

Buah Untuk Menurunkan Berat Badan Dalam Seminggu

10 Buah Untuk Menurunkan Berat Badan Dalam Seminggu

Untuk menurunkan berat badan bukanlah perkara yang mudah, namun menurunkan berat badan juga memiliki berbagai macam cara. Mulai dari menjaga pola makan, jumlah kalori yang dipantau, berolahraga secara teratur, mengkonsumsi air putih yang banyak, hingga mengonsumsi buah yang cocok untuk program diet.

Sebagai sumber serat, vitamin dan mineral alami yang baik untuk tubuh kamu bisa mengkonsumsi buah-buah saat masa diet. Sebab kamu akan merasakan kenyang yang lebih lama dibanding mengonsumsi makanan lainnya. Alangkah baiknya mengkonsumsi buah-buahan sebagai salah satu menu maupun cemilan diet kamu. Karena bekerja dengan baik untuk membantu menurunkan berat badan dalam seminggu. 

Beirkut kami telah merangkum beberpaa jenis buah untuk menmeani program menururnkan berat badan dalam seminggu. 

Pisang

10 Buah Untuk Menurunkan Berat Badan Dalam Seminggu

Pisang merupakan salah satu buah yang mampu kamu konsumsi saat menjalankan program diet. Dengan mengkonsumsi pisang kamu akan mendapatkan banyak nutrisi dan vitamin. Pisang merupakan buah yang memiliki kandungan vitamin dan mineral yang bebas lemak. Selain itu fungsi utama mengkonsumsi pisang adalah untuk mendapatkan serat yang banyak di dalamnya. 

Hal inilah yang membuat pisang dapat membantu diet kita sehingga menimbulkan efek kenyang yang lebih lama. Nantinya proses pembakaran lemak dalam tubuh lebih lama juga, sehingga jumlah penurunan berat badan bisa tercapai dalam seminggu. Pisang selain kaya akan serat, vitamin dan mineral di dalamnya ada kandungan kalium yang tinggi dan natrium yang rendah. Sehingga mampu menjaga kesehatan jantung.

Apel

10 Buah Untuk Menurunkan Berat Badan Dalam Seminggu

Apel merupakan buah yang cocok untuk kamu yang tengah diet, hal ini dikarenakan buah apel memiliki kandungan 85% air dan 5 gram serat. Sehingga dengan kandungan air dan serat inilah yang akan membantu diri kita dengan menjaga kadar gula darah dan tubuh akan tetap stabil. Sehingga dalam menjalani program diet dengan mengkonsumsi apel, kamu tidak akan cepat lapar.

Apel juga merupakan buah yang memiliki kadar indeks glikemik yang rendah, khususnya bagi apel yang belum begitu matang. Maka, apel memiliki fungsi untuk menurunkan berat badan dalam seminggu, karena tidak memiliki kadar glukosa yang tinggi dan mempengaruhi glukosa dalam darah. Selain itu apel juga memiliki kandungan antioksidan, sehingga mampu melawan kanker, menjaga fungsi jantung dan mencegah terjadinya kerusakan sel tubuh. 

Lemon

Fungsi buat satu ini pastinya tidak asing, khususnya bagi kamu yang sedang menjalani program diet. Hal ini dikarenakan lemon menjadi buah yang mampu membantu diet kamu dna menurunkan berat badan dalam waktu seminggu. Dengan meminum air lemon secara rutin selama seminggu, berat badan kamu akan turun dalam seminggu. 

Air perasan lemon yang dikombinasikan dengan air mineral, memiliki kandungan yang kaya akan vitamin C dan serat. Sehingga mampu membantu kamu untuk menurunkan berat badan jika dikonsumsi secara rutin. Bhakan buah lemon merupakan buah yang rendah akan kalori namun tinggi nutrisi sehingga kebutuhan tubuh akan terpenuhi. 

Buah Pir

Buah pir sama dengan apel, dimana kaya akan mineral dan serat. Maka, kamu bisa mengkonsumsi buah pir untuk membantu program diet kamu. Pasalnya, kebutuhan mineral dalam tubuh akan terpenuhi selain itu serat buah pir yang tinggi ii akan membantu kamu menjaga rasa kenyang lebih lama. 

Buah pir juga memiliki manfaat yang lain,yaitu mampu melancarkan sistem pencernaan pada tubuh. Sehingga akan membantu kamu yang memiliki masalah pencernaan. Buah pir termasuk golongan buah-buahan yang memiliki indeks glikemik yang cukup rendah, sehingga sangat aman dikonsumsi saat kamu menjalankan program diet. 

Buah Beri

Buah beri merupakan salah satu buah-buahan yang mampu untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Buah beri memiliki kandungan zat aktif yaitu fungsi antiinflamasi dan antioksidan, sehingga mampu melindungi tubuh dari kerusakan sel yang disebabkan oleh paparan radikal bebas maupun gejala peradangan. 

Buah beri sendiri bisa membantu menurunkan berat badan kamu ketika dalam program diet, kamu bisa mengolah buah beri ini sebagai campuran smoothies maupun yogurt. Bahkan buah beri bisa kamu konsumsi sebagai cemilan sehat dalam program menurunkan berat badan. 

Buah Kiwi

Memiliki nutrisi tinggi yang dibutuhkan tubuh saat diet membuat buah kiwi menjadi salah satu buah untuk menurunkan berat badan dalam seminggu. Buah kiwi memiliki kandungan serat yang sangat tinggi sehingga mampu melancarkan pencernaan. Maka, tentunya buah Kiwi ini harus masuk ke dalam menu diet seminggu kamu. 

Memiliki kandungan sedikit kalori yaitu hanya 61 kalori untuk 100 gram nya, membuat buah kiwi menjadi menu andalan ketika akan melakukan diet. Kamu bisa mengolahnya ataupun memakan buahnya langsung dalam keadaan segar. 

Grapefruit

Buah persilangan antara jeruk bali dan jeruk ini bisa kamu gunakan untuk menurunkan berat badan dalam seminggu. Grapefruit atau jeruk limau sendiri memiliki kadar kalori yang sangat rendah, yaitu hanya 39 kalori.Kandungan vitamin C yang tinggi disertai indek glikemik yang rendah membuat grapefruit menjadi menu andalan saat akan melakukan diet. 

Dalam sebuah penelitian dikatakan pada 85 orang gemuk dan mengkonsumsi grapefruit sebelum makan, dalam jangka waktu 12 minggu mereka mendapatkan penurunan asupan kalori 7,1% pada berat badannya. Maka, kamu bisa mencoba mengkonsumsi grapefruit sebagai menu cemilan diet kamu. 

Markisa

 

Buah yang berasal dari Amerika Selatan ini memiliki fungsi untuk menurunkan berat badan dalam seminggu. Buah markisa memiliki kandungan 17 kalori dalam satu buahnya. Diperkaya akan vitamin A, Vitamin C, kandungan zat besi dan kaya akan serat membuat markisa menjadi slash atau pilihan buah buahan dalam menu diet kamu. 

Meskipun buah satu ini kecil, namun kandungan dalam buah ini mampu membantu program diet kamu. Hal ini dikarenakan markisa memiliki fungsi memperlambat pencernaan, memberikan efek dan rasa kenyang lebih lama sehingga dapat mengendalikan nafsu makan dengan baik. 

Melon dan Semangka

Buah yang kaya dengan kandungan air yang tinggi ini memiliki manfaat lebih untuk membantu menurunkan berat badan. Melon dan semangka memiliki kadar kalori yang sangat rendah yaitu 46 hingga 61 kalori saja. Meskipun memiliki kadar kalori yang rendah, melon dan semangka kaya akan vitamin dan serat. 

Melon dan semangka memiliki kandungan serat yang tinggi, antioksidan, vitamin C, beta-karoten serta likopen. Karena melon dan semangka memiliki kandungan air yang tinggi, maka mampu membuat proses penurunan berat badan kamu lebih cepat. Dalam mengkonsumsi buah ini, kamu disarankan untuk tidak berlebihan .

Buah Jambu Batu

Buah berbiji satu ini dikenal juga dengan buah batu. Masuk ke dalam kelompok buah musiman. Buah batu termasuk buah yang memiliki kadar GI yang rendah, kalori rendah namun memiliki kandungan nutrisi yang banyak, mulai dari vitamin A dan Vitamin C. Sehingga buah batu bisa kamu konsumsi sebagai salah satu menu untuk program diet kamu. 

Memiliki kandungan nutrisi dan GI yang rendahlah alasan kenapa buah batu ini disarankan untuk pelaku diet. Karena dengan mengkonsumsi buah batu akan mempermudah kamu untuk menurunkan berat badan dengan cepat. Perhatikan juga jumlah atau porsi makan buah batu, jangan secara berlebihan. 

Demikian pembahasan mengenai beberapa jenis buah untuk menurunkan berat badan dalam seminggu. Kamu bisa mengubah menu buah-buahan yang dikonsumsi setiap harinya agar tidak bosan. Selain itu kamu bisa membuat varian menu dengan topping tambahan buah-buahan tersebut. Adapun saran kami adalah mengonsumsi buahnya secara alami tanpa bahan tambahan atau menjadikannya topping menu diet. Karena dengan begitu segala nutrisi dan vitamin akan kamu dapatkan murni.