Wednesday, 17 Jul 2024

10 Makanan Yang Dapat Menurunkan Berat Badan Secara Drastis

6 minutes reading
Thursday, 13 Jul 2023 15:13 0 92 Muti Karya

Nesiaverse.com – Terdapat beberapa jenis makanan yang dapat membantu menurunkan berat badan, namun bisakan menurunkannya secara drastis ? Seseorang yang memiliki kelebihan berat badan hingga penderita obesitas pasti ini mendapatkan berat badan yang ideal dengan cara yang tidak menyiksa dan cara yang cepat, namun hal itu tidaklah mungkin. Namun, kamu bisa memperbaikinya dengan memperbaiki asupan makanan. 

Yang mana makanan yang kamu konsumsi merupakan makanan yang dapat menurunkan berat badan yang cukup cepat. Hal ini merupakan salah satu cara yang disebut dengan defisit kalori, sehingga mampu menurunkan berat badan dari segi kalori yang masuk ke dalam tubuh pelaku diet. 

Makanan Yang Dapat Menurunkan Berat Badan Secara Drastis

Selain mengonsumsi minuman yang bisa menurunkan berat badan, ada beberapa jenis makanan yang ampuh dan diklaim mampu menurunkan berat badan dengan cepat. Pasalnya, makanan tersebut akan membantu tubuh memberikan rasa kenyang yang lebih lama, sehingga pembakaran dalam lemak tubuh akan meningkat daripada sebelumnya. 

Makanan yang akan kami rekomendasikan ini tidak hanya mampu menurunkan berat badan secara drastis namun, nantinya akan memberikan kesehatan pada tubuh karena akan menjaga daya tahan tubuh dna memenuhi nutrisi tubuh juga. Namun, tentunya kamu harus menyeimbagi asupannya dnegan melakukan olahraga secara teratur.

Berikut kami sudah merangkum beberapa jenis makanan yang dapat menurunkan berat at badan secara drastis dan aman.

Telur

Telur merupakan salah satu jenis makanan yang dapat menurunkan berat badan secara drastis. Dikutip dari Jurnal Nutrition Research dalam Medical News Today, bahwa konsumsi telur untuk sarapan akan memberikan dampak positif bagi pelaku diet. Hal ini dikarenakan  telur yang kaya akan protein sebagai menu sarapan akan mengendalikan rasa lapar lebih lama. Sehingga proses pembakaran lemak pada tubuh berjalan lebih lama. 

Selain itu, telur juga memiliki kandungan vitamin, mineral seperti fosfor, kalsium dan potasium dan banyak nutrisi lainnya yang bermanfaat bagi kesehatan. Maka, mengkonsumsi telur akan baik untuk kamu yang melakukan program diet. Kamu bisa mengkonsumsi telur rebus sebanyak 2 butir untuk menu sarapan. 

Sayuran Hijau

Sayuran hijau merupakan salah satu jenis makanan yang mampu menurunkan berat badan yang terbilang aman, meskipun tidak drastis atau cepat. Naun, jenis sayuran seperti kangkung, brokoli dan bayam memiliki kandungan kalori dan karbohidrat yang rendah namun seratnya sangatlah tinggi. 

Dengan kandungan serta yang sangat tinggi pada sayuran hijau akan memberikan efek lebih cepat kenyang ketika memakannya. Maka, nantinya sistem pencernaan dan metabolisme kita juga akan lancar. Sehingga menu makanan diet yang berisikan sayuran hijau sangat aman dan mampu membantu menurunkan diet. Selain itu kandungan kalsium dalam sayuran hijau mampu membantu proses pembakaran lemak pada tubuh. 

Daging Rendah Lemak

Kamu tetap bisa berdiet dengan mengonsumsi makanan yang enak, diantaranya diet dengan menggunakan daging rendah lemak. Daging rendah lemak ini bisa kamu dapatkan pada ikan dan dada ayam, pastikan membuang kulit ayamnya. Hal ini dikarenakan dada yaman dan ikan memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, sehingga mampu memenuhi kebutuhan protein harian ketika diet. 

Dalam sebuah penelitian yang dimuat oleh Jurnal Obesity (Silver Spring, Md. ) yang mengatakan bahwa dalam sebuah penelitian menunjukan bahwa tingkat protein hingga 25% dari kalori harian mampu mengurangi keinginan untuk ngemil hingga mencapai 60%. Dengan berkurangnya keinginan ngemil yang mampu menurunkan berat badan. Pastikan kamu tidak mengkonsumsi daging merah saja, jika tidak ingin diet kamu gagal. 

Yogurt

Yoghurt memiliki kandungan probiotik yang sangat tinggi, sehingga mampu meningkatkan kinerja usus. Jika usus sehat maka kita akan terhindar dari peradangan dan mampu melindungi tubuh. Selain itu usus yang sehat akan melindungi tubuh dari resistensi leptin yang merupakan kondisi yang memicu hormon utama penyebab obesitas muncul.

Maka, yogurt menjadi salah satu jenis makanan yang dapat menurunkan berat badan secara drastis. Karena kandungan yogurt tersebut mampu melancarkan metabolisme dan melancarkan sistem pencernaan juga. Selain memiliki kandungan probiotik, yogurt memiliki protein yang tinggi. Kamu bisa mengonsumsi jenis greek yogurt dan plain yogurt untuk membantu menurunkan berat badan yang memiliki kandungan asam didalamnya. 

Kentang Rebus

Kentang rebus merupakan salah satu makanan yang bisa menurunkan berat badan secara drastis atau cepat. Ketang dikenal juga sebagai pengganti nasi, maka kamu bisa menggunakan kentang sebagai alternatif nasi dalam menu diet kamu. Karena kentang memiliki sumber karbohidrat yang bisa kamu manfaatkan untuk diet. 

Kamu dapat mengkonsumsi kentang dengan cara merebus, sehingga kandungan didalamnya tidak berubah. Karena jika kamu mengonsumsi dan mengolahnya dengan cara digoreng, alih-alih mendapatkan manfaat untuk diet justru kamu akan mendapatkan risiko berat badan dan kolesterol yang bertambah. Kentang rebus memiliki pati resisten yang banyak, hal inilah yang akan membantu menurunkan berat badan seseorang. 

Buah-Buahan

Buah – buahan merupakan salah satu makanan yang wajib dan harus ada dalam menu diet kamu. Memiliki banyak manfaat dan nutrisi yang mampu memenuhi kebutuhan tubuh, buah-buahan menawarkan berbagai macam manfaat bagi kesehatan. Selain itu buah-buahan mampu membantu kamu untuk menurunkan berat badan dengan cepat. 

Kamu bisa mengkonsumsi buah apel atau buah pri, kedua buah ini memiliki kandungan pektin yang merupakan serat larut air sehingga akan memberikan efek kenyang yang lebih lama pada tubuh kamu. Selain itu buah pir memiliki serat yang banyak untuk membantu melancarkan pencernaan.

Biji Chia

Biji Chia atau Chia Seed emru[akan salah satu makanan yang bisa kamu konsumsi untuk membantu diet kamu. Chia seed memiliki kandungan yang kaya akan protein dan kalori yang sangat rendah. Sehingga akan cocok untuk kamu konsumsi saat menjalankan program diet. Kamu akan lebih cepat kenyang dan mampu mengurangi nafsu makan seperti ngemil. 

Maka, kamu bisa mencoba untuk mengkonsumsi biji Chia untuk menu diet kamu. Karena makanan yang satu ini mampu menurunkan berat badan, meski tidak drastis namun terhitung cepat juga. 

Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan masuk dalam jenis makanan yang dapat membantu menurunkan berat badan, meski tidak secara drastis. Kacang-kacangan seperti buncis dna polong-polongan mampu menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan jenis kacang-kacangan memiliki kandungan protein serat serat yang cukup tinggi.

Dengan kandungan serat dan protein yang tinggilah yang membuat kacang-kacangan mampu memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Sehingga nantinya kamu akan mengalami pembakaran lemak lebih lama juga. Maka, kamu bisa menambahkan menu kacang-kacangan untuk menemani program diet kamu agar lebih efektif dan sempurna. 

Itulah pembahasan dan rekomendasi mengenai berbagai jenis makanan yang dapat menurunkan berat badan secara drastis atau cepat. Tentunya kamu harus mengimbanginya dengan aktivitas olahraga yang rutin juga, sehingga pembakaran lemak dalam tubuh bekerja dengan baik. Pemenuhan nutrisi tubuh juga harus tetap kamu perhatikan ketika menjalani program diet.