Thursday, 20 Jun 2024

10 Minuman Yang Bisa Menurunkan Berat Badan

7 minutes reading
Thursday, 13 Jul 2023 03:55 0 72 Muti Karya

Nesiaverse.com – Selain makanan ada beberapa minuman yang bisa menurunkan berat badan, sehingga akan membantu program diet kamu menjadi lebih baik lagi. Salah satu usaha untuk menurunkan berat badan yang cepat selain melakukan defisit kalori dan olahraga adalah mengonsumsi minuman yang membantu mendetoks kotoran dalam tubuh.

Selain itu ada beberapa minuman yang bisa dikonsumsi dengan kadar kalori yang sangat rendah,sehingga aman untuk kamu yang menjalankan program diet. Dengan meminumnya akan membantu pembakaran lemak jenuh lebih cepat, sehingga proses penurunan berat badan akan jauh lebih mudah.

Minuman Yang Bisa Menurunkan Berat Badan

10 Minuman Yang Bisa Menurunkan Berat Badan

Banyak sekali tata cara untuk menurunkan berat badan selain melakukan defisit kalori dan berolahraga, kamu juga bisa memperhatikan minuman yang bisa menurunkan berat badan. Selain menurunkan berat badan, diet juga bisa menghindari kita terkena resiko obesitas maupun penyakit lainnya.

Selain makanan yang harus diperhatikan, kamu juga harus memperhatikan minuman yang dikonsumsi dan cocok untuk dikonsumsi ketika kamu diet. Tentunya ada beberapa minuman yang akan membantu proses diet terasa lebih mudah dan tidak berat. Bahkan saat ini banyak sekali produk minuman yang menawarkan fungsi detoks dalam tubuh. Hal ini guna mempercepat pembakaran lemak dan membuat kotoran pada tubuh.

Berikut beberapa minuman yang bisa membantu kamu untuk menurunkan berat badan ketika dalam program diet.

Air Mineral

Siapa sangka jika air yang kita konsumsi setiap hati ini ternyata memiliki manfaat yang bisa menurunkan berat badan. Air mineral merupakan air yang tidak memiliki aroma maupun rasa. Air mineral merupakan salah satu minuman yang bisa kamu konsumsi untuk menurunkan berat badan.

Cara untuk menurunkan berat badan dengan meminum air mineral adalah kebiasaan memenuhi kebutuhan cairan tubuh yang cukup. Kebutuhan cairan dari air mineral dalam kehidupan sehari-hari merupakan hal yang penting. Sehingga tubuh tidak akan terkena dehidrasi, dehidrasi sendiri merupakan salah satu penyebab rasa lapar yang berlebih, hal inilah yang memicu seseorang makan berlebihan.

Teh Hijau

Teh hijau memiliki manfaat untuk membantu menurunkan berat badan dengan baik dan bekerja secara alami. Teh hijau memiliki kandungan antioksidan di dalamnya, hal inilah yang bekerja dengan baik untuk membantu metabolisme tubuh menjadi lebih baik lagi. Sistem metabolisme yang bekerja dengan baik mampu menurunkan kadar lemak di dalam tubuh.

Pastikan dalam mengkonsumsi teh hijau ini kamu tidak menggunakan gula atau pemanis buatan lainnya, pastikan menggunakan air hangat juga. Karena kadar gula akan membuat fungsi dari teh hijau tidak bekerja dengan maksimal, bahkan kadar gula mampu mengganggu program diet kamu.

Air Jahe

Air jahe merupakan olahan minuman yang sangat populer, pasalnya selain mampu menghangatkan tubuh air jahe memiliki banyak manfaat. Air jahe mampu membantu untuk menurunkan berat badan. Dengan mengkonsumsi air jahe, nantonya sistem pencernaan akan bekerja dengan baik, hal ini dikarenakan jahe memiliki kandungan gingerol.

Selain itu jahe memiliki manfaat untuk mengendalikan serta menjaga berat badan seseorang. Maka, jahe merupakan salah satu minuman yang bisa dikonsumsi dan mampu untuk menurunkan berat badan. Jadi jika kamu tengah menjalani program diet, baik untuk mencoba minuman satu ini sehingga diet kamu berjalan dengan lancar dan maksimal.

Kefir

Kefir merupakan minuman susu fermentasi yang memiliki kandungan hingga 61 jenis probiotik yang mampu menyehatkan usus. Probiotik sendiri memiliki fungsi untuk mengurangi berat badan serta lemak di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan probiotik sendiri memiliki peran resistensi insulin, penyimpanan lemak hingga peradangan.

Dalam sebuah studi di tahun 2016 menemukan bahwa seorang wanita yang memiliki kelebihan berat badan atau obesitas melakukan diet terbatas. Dimana dirinya diet menggunakan susu non-kalori dan minum 2 porsi kefir setiap harinya, selama delapan minggu, hasilany berat badannya mengalami penurunan drastis. Selain itu lingkar pinggang jauh lebih kecil daripada sebelumnya. Maka, kefir memiliki manfaat yang nyata untuk menurunkan berat badan.

Air Lemon

Minuman yang bisa menurunkan berat badan selanjutnya adalah air lemon. Air lemon memiliki jumlah kalori yang sangat rendah,sehingga mampu menjadi pengganti yang bagus untuk minuman yang kurang sehat seperti soda. Selain itu lemon tidak memiliki kandungan fruktosa atau gula, sehingga aman untuk dikonsumsi oleh kamu yang tengah dalam program diet. Manfaat air lemon adalah untuk membantu menurunkan berat badan. 

Dalam sebuah studi di tahun 2021 lalu terbitan American Journal of Clinical Nutrition menemukan fakta bahwa orang dewasa yang memiliki kelebihan berat badan atau obesitas mengalami penurunan berat badan mulai dari 2% hingga 2,5% karena mengonsumsi air lemon selama 6 bulan. Karena itulah lemon mampu menjadi salah satu minuman yang bisa kamu manfaatkan untuk menurunkan berat badan. 

Infused Water

Kamu harus mengganti minuman yang memiliki kadar kalori dan gula yang tinggi. Infused water merupakan salah satu minuman yang mampu menurunkan kadar kalori dalam tubuh, dan meningkatkan metabolisme didalam tubuh. Jika kamu bosan mengkonsumsi air putih, maka dengan mengkonsumsi infused water kamu tidak akan bosan, kamu bisa membuat campuran dna kombinasi seperti irisan jeruk nipis, daun mint, timun dan kemangi. Sehingga memiliki rasa yang menyegarkan, selain rasanya infused water memiliki manfaat yang sangat bagus untuk kamu yang sedang diet. 

Teh Hitam 

Selain teh hijau, teh hitam juga memiliki manfaat yang sama bagusnya sebagai minuman yang bisa menurunkan berat badan. Teh hitam memiliki manfaat antioksidan, khususnya polifenol dimana hal inilah yang akan menurunkan resiko seseorang terkena obesitas. Pada tahun 2018 lalu ditemukan bahwa polifenol merupakan zat yang mampu mengurangi jumlah lemak dengan cara menyerap lemak serta gula secara bersamaan. 

Dengan manfaat tersebut akan membantu seseorang yang tengah diet mudah untuk menurunkan berat badannya. Pada 2014 lalu ditemukan bahwa dengan minum 3 cangkir teh hitam sehari mampu mengurangi risiko kenaikan berat badan, bahkan mampu mengurangi lingkar pinggang. Maka, teh hitam masuk ke daftar minuman yang bisa digunakan untuk menurunkan berat badan.

Protein Shake

Protein shake seperti protein kedelai, protein putih telur, protein kacang dan protein kasein memiliki fungsi untuk menurunkan berat badan. Karena itulah protein shake akan membuat kamu merasa kenyang, sehingga membutuhkan lebih banyak energi untuk dicerna tubuh. Dengan demikian hal inilah akan terjadi pembakaran kalori yang banyak.

Ditinjau dari sebuah penelitian kecil pada tahun 2014, bahwa mencerna protein mampu meningkatkan jumlah kalori yang dibakar dalam tubuh hingga 30%. Kemudian pembakaran karbohidrat dan lemak akan meningkat hingga 20%. Maka, tidak heran jika diet dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang tinggi protein akan membakar lemak lebih banyak lagi. 

Cuka Sari Apel

Asam asetat merupakan bahan aktif yang terkandung dalam cuka sari apel. Asam asetat memiliki fungsi untuk menekan nafsu makan, hal inilah yang akan meningkatkan proses pengosongan makanan dari perut lebih lama. Sehingga nantinya kamu akan merasa lebih kencang dari biasanya. Dengan demikian kamu tidak akan mengkonsumsi banyak makanan na merasa lapar setiap waktu. 

Pada sebuah studi kecil di tahun 2009 lalu bahwa orang dewasa Jepang yang gemuk mengalami penurunan lemak tubuh 0,09% dikarenakan mengonsumsi 2 sdm cuka yang dicampur dengan minumannya setiap hari. Fakta inilah yang membuat cuka sari apel menjadi salah satu minuman yang bisa menurunkan berat badan dengan baik.

Untuk mengkonsumsi cuka sari apel dalam minuman kamu caranya sangat mudah, kamu hanya perlu menambahkan 1-2 sdm cuka sari apel ke dalam air mineral setiap harinya. Maka, dengan begitu akan bekerja dengan mengikis enamel. 

Air Kelapa

Terakhir ada air kelapa, air kelapa merupakan minuman yang memiliki kalori rendah dan karbohidrat juga sama rendahnya. Air kelapa memiliki kandungan yang kaya akan vitamin dan mineral di dalamnya. Memiliki elektrolit berupa kalium, natrium dan magnesium membuat kamu terhindar dari rasa dehidrasi berlebihan yang memicu tindakan impulsif dan mengkonsumsi banyak makanan. 

Maka, kamu bisa mengkonsumsi air kelapa ketika sedang diet. Air kelapa juga memiliki kandungan potasium di dalamnya, sehingga mampu menghilangkan natrium ekstra di dalam tubuh. Hal inilah yang bekerja untuk mengurangi berat air guna membantu penurunan berat badan juga. Dalam mengkonsumsi air kelapa pastikan tidak mencampurnya dengan gula, sehingga kandungannya tetap alami dan bagus. 

Demikian pembahasan mengenai berbagai macam minuman yang bisa menurunkan berat badan. Dengan memanfaatkan minuman diatas akan sangat berguna bagi kamu yang sedang menurunkan berat badan, serta akan membuat diet kamu menjadi lebih ringan dan mudah untuk dijalankan.