Saturday, 22 Jun 2024

10 Minuman Pantangan Untuk Penderita Asam Urat

6 minutes reading
Monday, 10 Jul 2023 15:43 0 174 Muti Karya

Nesiaverse.com – Tidak hanya makanan saja, namun bagi penderita asam urat minuman pun ada pantangannya, tentunya kamu harus mengetahuinya sehingga bisa menghindari pantangan minuman tersebut. Dengan demikian akan membuat kamu terhindar dari naiknya asam urat pada darah. Penting untuk mengetahui pantangan makanan dan minuman bagi penderita asam urat, guna menjaga tubuh dari gejala yang menyerang jika kambuh. 

Asam urat merupakan masalah kesehatan yang disebabkan oleh tingginya kadar asam urat di dalam tubuh.Dengan naiknya kadar asam urat dalam tubuh, mampu mengundang berbagi gejala, diantaranya rasa nyeri berlebih pada persendian yang terpapar. Rasa nyeri karena asam urat yang kambuh bisa berjam-jam, tentunya hal ini mampu menghambat aktivitas sehari-hari.

Minuman Pantangan Untuk Penderita Asam Urat

10 Minuman Pantangan Untuk Penderita Asam Urat

Banyak faktor yang bisa memicu asam urat seseorang kambuh, umumnya orang emnetahui penyebab kambuhnya asam urat adalah peningkatan kadar asam urat yang dipicu oleh makanan yang mengandung purin yang cukup tinggi. Padahal, tidak hanya mengonsumsi makanan dengan purin yang tinggi saja, karena minuman juga bisa menjadi penyebab asam urat seseorang naik 

Peradangan sendi yang disebabkan oleh tingginya kadar asam urat di dalam darah akan menimbulkan rasa nyeri yang luar biasa, apalagi jika penderitanya berusia baya. Karena berhubungan dengan darah, maka konsumsi makanan dan minuman harus kamu perhatikan, pasalnya makanan dan minuman yang kamu konsumsi merupakan salah satu sumber yang memiliki peranan besar sebagai faktor pemicu asam urat naik. 

Minuman dengan kandungan gula yang tinggi adalah minuman yang harus dihindari bagi penderita asam urat. Hal tersebut dikarenakan adanya kandungan fruktosa, yang mana kadar gula yang tinggi dapat memperburuk rasa nyeri yang ditimbulkan dari asam urat yang kambuh. 

Berikut beberapa minuman yang masuk daftar pantangan bagi para penderita asam urat

Bir

Minuman pertama yang masuk daftar pantangan bagi penderita asam urat adalah bir. Bir memiliki kandungan purin yang tinggi dan memiliki kaitan yang sangat erat bagi risiko kambuhnya asam urat. Dalam sebuah studi mengatakan bahwa pengidap asam urat yang mengonsumsi 12 ons bir setiap harinya, memiliki risiko 1,5 kali mengalami ancaman dan kekambuhan dibanding yang tidak meminum alkohol atau bir sama sekali. Maka, kamu harus menghindari konsumsi minuman yang tinggi akan zat purin, karena sudah jelas jika penderita asam urat harus menghindari kandungan purin pada makanan maupun minuman yang dikonsumsi.

Kopi

Kopi merupakan minuman yang mampu menghilangkan rasa kantuk hal tersebut dikarenakan kandungan kafein yang akan membuat kita segar kembali dan meningkatkan konsentrasi. Namun, jika kamu penderita asam urat, maka hari berhati-hati, hal ini dikarenakan asupan kafein mampu memicu nyeri pada asam urat. Dalam sebuah penelitian dikatakan bahwa menggandakan asupan kafein pada penderita asam urat akan meningkatkan gejala asam urat hingga 80% tingginya. Maka, jauhi kopi atau konsumsi kafein berlebihan. 

Minuman Berenergi

Minuman berenergi memang sangat bagus manfaatnya, namun tahukah kamu jika minuman berenergi masuk daftar pantangan minuman yang dilarang bagi penderita asam urat. Jika kamu mengonsumsi minuman berenergi dalam jumlah yang besar. Hal ini mampu meningkatkan asupan kafein. Selain itu di dalam minuman berenergi terdapat kandungan kafein, sehingga memiliki kandungan gula yang sama tingginya. Maka, jika kamu memiliki keluhan asam urat, cara mengatasinya adalah dengan menghindari konsumsi minuman berenergi,

Jus dengan Gula Tambahan

Jus buah merupakan salah satu minuman yang sehat dan menyegarkan. Namun jus buah yang memiliki kandungan vitamin C termasuk ke daftar pantangan minuman bagi penderita asam urat. Jus yang memiliki tambahan atau kombinasi gula akan membuat rasanya lebih manis dan tidak memiliki kandungan yang original. Hal tersebut akan meningkatkan dan mampu memperburuk penyakit asam urat seseorang. Alangkah baiknya untuk menghindari jenis minuman satu ini, kecuali kamu tidak menambahkannya dengan menggunakan gula. 

 Minuman Beralkohol

Pantangan minuman bagi penderita asam urat adalah minuman beralkohol. Minuman beralkohol mampu menghambat sistem kerja ginjal untuk membuat asam urat dengan kadar berlebih dalam tubuh. Sehingga dengan mengonsumsi minuman beralkohol akan berdampak dan mampu memperburuk rasa nyeri dari peradangan sendi atau arthritis yang terinfeksi.

Minuman Tinggi Gula

Seperti yang sebelumnya kami bahas jika salah satu penyebab asam urat kambuh adalah kadar gula yang berlebihan. Minuman yang memiliki kadar gula yang tinggi menjadi salah satu minuman pantangan asam urat, dimana kandungan fruktosa mampu memicu naiknya asam urat seseorang. Fruktosa dari minuman yang memiliki kadar gula yang tinggi inilah yang akan dipecah dan menghasilkan purin. Sehingga jika purin berlebihan maka bisa memicu naiknya sam lambungs emaki tinggi lagi. 

Sirup Jagung

Selanjutnya ada sirup jagung, yang mana sirup jagung merupakan minuman yang dipantang bagi penderita asam urat. Hal ini dikarenakan sirup jagung memiliki kadar dan kandungan fruktosa yang sangat tinggi. Fruktosa sebagai salah satu jenis pemanis buatan dan bukan alami, sehingga jika dikonsumsi secara berlebihan mampu memicu asam urat yang kambuh 

Minuman Kemasan atau Soft drink

Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh Nu’est Healthy Study pada 79.000 perempuan mengatakan, risiko asam italy akan lebih tinggi dibandingkan yang mengkonsumsi soft drink tiap harinya. Hal ini dikarenakan mampu meningkatkan kadar asam urat pada minuman bersoda. Maka, minuman kemasan menjadi salah satu minuman pantangan bagi penderita asam urat.

Produk Susu

Susu merupakan salah satu minuman yang berasal dari susu penuh lemak, seperti kamu ketahui jika susu merupakan pantangan bagi penderita asam urat. Kamu bisa mengatasinya dengan mengkonsumsi susu yang memiliki kadar asam urat yang kecil. Kamu bisa mengganti kebutuhan dan nutrisi dari susu dengan memakan kue, susu, yogurt, es krim.

Minuman Bermadu atau Sirup

Madu dan sirup merupakan bahan makanan dan minuman yang memang memiliki banyak manfaat, khususnya untuk menjaga kesehatan. Sayangnya, Madu dan sirup masuk ke daftar minuman pantangan bagi penderita asam urat. Madu dan sirup memiliki kandungan fruktosa yang sangat tinggi. Sehingga nantinya dapat memicu kambuhnya asam urat untuk kambuh. Namun, jika kamu membutuhkan kandungan madu, maka konsumsilah madu hitam yang memiliki kadar fruktosa yang sangat rendah.

Itulah daftar dari berbagai jenis minuman yang menjadi pantangan bagi penderita penyakit asam urat. Maka, kamu bisa menghindarinya sedari dini. Minuman yang dapat memicu dan meningkatkan kadar purin sehingga asam urat kambuh begitu saja. Nantinya asam urat akan mengkristal di bagian persendian sehingga menimbulkan rasa nyeri.

Perhatikanlah pola makanan dan pola hidup, seimbangi kebutuhan nutrisi dan vitamin dalam tubuh, jangan lupa melakukan olahraga dengan rutin. Selain menjaga kebugaran dan sistem imun, berolahraga ringan akan melatih persendian juga. Dengan mengetahui pantangan dalam jenis minuman kamu bisa berhati-hati dalam mengkonsumsi minuman dan terhindar dari minuman yang mampu memicu asam urat kambuh.