Saturday, 22 Jun 2024

Makanan Untuk Penderita Asam Urat

6 minutes reading
Wednesday, 15 Feb 2023 19:24 0 141 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Penyakit asam urat yang bisa diatasi dengan mengkonsumsi obat-obatan dan selain itu juga bisa dengan memilih berbagai jenis makanan yang bisa membantu untuk menurunkan asam urat, untuk kamu yang ingin tahu apa saja makanan untuk penderita asam urat bisa simak ulasannya dibawah ini.

Penyakit gout atau asam urat yang merupakan salah satu jenis penyakit radang sendi yang terjadi adanya penumpukan kristal asam urat, biasanya untuk kondisi asam urat ini yang bisa terjadi pada sendi mana saja yang paling kerap terjadi seperti di jempol kaki, jari kaki, lutut atau pergelangan kaki.

Untuk penyakit asam urat ini yang biasanya diakibatkan dari mengkonsumsi zat purin yang secara berlebihan dan untuk jenis makanan yang mengandung zat purin yang tinggi di dalamnya seperti daging binatang berkaki 4, makanan laut dan juga makanan yang kaya akan lemak dan protein.

Sehingga untuk penderita asam urat yang tidak boleh sembarangan mengkonsumsi makanan karena terdapat beberapa jenis makanan yang akan membuat asam urat menjadi lebih parah, untuk penderita asam urat perlu mengetahui berbagai makanan yang baik dikonsumsi dan bisa membantu menurunkan asam urat.

Makanan Untuk Penderita Asam Urat

Makanan Untuk Penderita Asam Urat

Terdapat beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membantu menurunkan asam urat didalam darah salah satu cara alternatifnya yaitu dengan menjaga pola makan, dimana ada sejumlah makanan yang bisa menurunkan asam urat dan tentunya aman dikonsumsi serta bisa membantu dalam meredakan gejala nyeri yang diakibatkan oleh asam urat.

Menerapkan pola makanan yang sehat selain membantu menurunkan asam urat namun membantu untuk menjaga tubuh terhindar dari berbagai masalah kesehatan yang lainnya, memang tidak ada makanan yang bisa menyembuhkan penyakit asam urat namun dengan mengkonsumsi makanan yang sehat bisa membantu untuk menurunkan kadar asam urat didalam darah.

Sehingga dengan begitu bisa membantu untuk mengurangi gejala asam urat, adapun untuk beberapa jenis makanan yang baik dikonsumsi untuk penderita asam urat dan membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah yaitu sebagai berikut.

Makanan Tinggi Serat

Makanan tinggi serat selain baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan namun makanan tinggi serat juga yang memiliki peran untuk membantu dalam mengontrol kadar asam urat didalam tubuh, makanan yang berserat bisa membantu menyerap asam urat berlebih di dalam tubuh dan ini membantu mengurangi risiko terjadinya penyakit asam urat kambuh.

Air Putih

Dengan mencukupi kebutuhan air setiap harinya yang bisa membantu untuk menjaga konsistensi urine sehingga dengan begitu membuat asam urat menjadi lebih mudah larut dan tidak akan menumpuk didalam tubuh, sehingga untuk penderita asam urat sebaiknya untuk  mencukupi asupan air setiap harinya.

Kamu bisa dengan mengkonsumsi air putih hangat untuk mendapatkan manfaat yang lebih optimal, dengan minum air putih hangat yang akan membantu dalam melancarkan peredaran darah sehingga metabolisme tubuh yang akan meningkat.

Sayuran

Sayuran menjadi salah satu jenis makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita asam urat, namun perlu berhati-hati dalam memilih sayuran karena terdapat beberapa jenis sayuran seperti asparagus atau bayam yang mengandung zat purin tinggi menjadi pantangan penderita asam urat.

Penderita asam urat harus memilih sayuran rendah purin seperti timun, kentang kubis, wortel, tomat dan brokoli yang bisa membantu menurunkan kadar asam urat didalam tubuh, selain sayuran ini rendah purin namun sayuran ini juga yang mengandung berbagai zat antioksidan yang sangat baik dikonsumsi oleh penderita asam urat.

Susu Rendah Lemak

Penderita asam urat yang direkomendasikan untuk mengkonsumsi susu rendah lemak seperti yoghurt dan juga keju, dimana kandungan protein yang terdapat didalam susu rendah lemak ini yang bisa membantu untuk melancarkan pembuangan asam urat dengan melalui urine.

Sehingga dengan begitu bisa membantu untuk menurunkan kadar asam urat di dalam darah dan sekaligus untuk membantu mengurangi resiko kambuh asam urat, kamu bisa mengkonsumsi susu rendah lemak ini secara rutin dengan batas yang wajar.

Pisang

Buah Pisang yang memiliki kandungan kalium yang sangat tinggi dan senyawa ini memiliki peran penting untuk membantu mencegah proses pembentukan kristal asam urat dalam tubuh, sehingga dengan begitu buah Pisang yang baik dikonsumsi oleh penderita asam urat dan kamu bisa dengan mengkonsumsi buah Pisang 1 atau 2 buah setiap hari mendapatkan manfaatnya yang secara optimal.

Namun jika kristal telah terbentuk maka kandungan kalium yang akan mencegah pengerasan sehingga dengan begitu akan lebih mudah dikeluarkan oleh ginjal, buah Pisang juga yang rendah zat purin dan kaya serat serta vitamin C di dalamnya yang berperan untuk membantu ekskresi purin dan juga asam urat.

Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan menjadi salah satu jenis makanan untuk penderita asam urat seperti kacang buncis, kacang polong, dan juga kacang lentil yang bisa membantu untuk menurunkan kadar asam urat didalam tubuh, hal ini dikarenakan kacang-kacangan yang mengandung protein nabati yang sangat baik untuk tubuh.

Sebuah penelitian menyatakan bahwa dengan mengkonsumsi makanan kaya akan protein nabati untuk penderita asam urat tinggi  yang bisa memiliki  kadar asam urat lebih rendah, makanan yang memiliki protein nabati yang tinggi tidak akan berpotensi memicu kambuhnya asam urat.

Ikan Salmon

Ikan salmon yang mengandung omega 3 yang bisa membantu untuk menurunkan asam urat dan juga membantu mengurangi pembengkakan serta peradangan yang diakibatkan asam urat, selain itu juga ikan salmon yang mengandung purin dan asam lemak jenuh rendah bisa menurunkan dan menjaga kadar asam urat dan kolesterol di dalam tubuh.

Buah Ceri

Makanan untuk penderita asam urat yaitu buah Ceri yang akan membantu untuk menurunkan kadar asam urat didalam tubuh, pasalnya buah Ceri ini yang mengandung antioksidan atau pigmen yang berwarna merah-ungu memiliki sifat anti inflamasi dan juga antioksidan.

Dengan kandungan tersebut yang dipercaya bisa membantu untuk menurunkan kadar asam urat dan juga meredakan nyeri sendi, kamu bisa mengkonsumsi buah Ceri ini dengan obat asam urat yang akan merasakan manfaatnya menjadi lebih optimal.

Cuka Apel

Cuka apel menjadi salah satu jenis makanan untuk penderita asam urat hal ini dikarenakan tinggi kalium yang akan membantu menjaga keseimbangan pH tubuh, dengan kandungan asam asetat ini yang mampu mengurangi risiko terjadinya penyakit yang bisa mempengaruhi asam urat seperti diabetes dan obesitas.

Cuka apel yang diketahui memiliki fungsi sebagai anti inflamasi alami yang memiliki peran penting untuk membantu meredakan peradangan atau mengurangi rasa nyeri yang diakibatkan oleh asam urat, untuk merasakan manfaatnya kamu bisa dengan mengkonsumsi cuka apel ini secara rutin dengan batas wajar.

Teh dan Kopi

Makanan untuk penderita asam urat yang terakhir yaitu teh hijau dan juga kopi yang bisa membantu menurunkan kadar asam urat di dalam  tubuh, ekstrak teh hijau selain diseduh namun sering digunakan juga sebagai campuran makanan,

Teh hijau ini kaya antioksidan bernama katekin yang bisa membantu menghambat produksi asam urat didalam tubuh dan mencegah pembentukan kristal asam urat serta batu ginjal yang berukuran besar, selain teh hijau kopi juga bisa membantu mengurangi terjadinya risiko asam urat tetapi untuk ini masih dibutuhkan penelitian yang lebih lanjutnya.

Mungkin hanya itu saja beberapa jenis makanan yang baik dikonsumsi penderita asam urat dan juga membantu menurunkan kadar asam urat didalam tubuh, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.