Monday, 17 Jun 2024

Manfaat Leunca Untuk Asam Urat

3 minutes reading
Friday, 30 Dec 2022 09:30 0 500 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Siapa yang tidak kenal dengan buah yang satu ini dengan memiliki bentuk yang bulat kecil yang berwarna hijau atau hitam keunguan yaitu Leunca, nah ternyata Leunca juga selain digunakan untuk lalapan namun juga terdapat manfaatnya Leunca untuk asam urat.

Leunca yang merupakan salah satu buah yang termasuk ke dalam keluarga terung-terungan dimana buah ini yang dikenal sebagai Solanum Nigrum L yang sering dikonsumsi oleh warga Indonesia sebagai pelengkap lalapan, buah ini yang memiliki yang pahit tetapi sangat segar.

Dimana buah Leunca ini yang selain dikonsumsi untuk lalapan untuk menambah rasa yang nikmat, ternyata Leunca juga yang memiliki banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh dan salah satu manfaatnya yaitu untuk asam urat untuk kamu yang ingin tahu  manfaat untuk asam urat bisa dengan menyimak ulasan di bawah ini.

Manfaat Leunca Untuk Asam Urat

Manfaat Leunca Untuk Asam Urat

Leunca yang dimana merupakan salah satu buah dengan memiliki banyak kandungan nutrisi dan vitamin di dalamnya sehingga tidak heran jika Leunca memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, adapun kandungan yaitu seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B1, seng, fosfor, zat besi, kalsium. dan juga seng.

Di Dalam 100 gram buah Leunca yang mengandung 49 kkal kalori, 4,7 gram protein, 8,1 gram karbohidrat dan juga 0,5 gram lemak yang tentunya semua kandungan tersebut yang sangat baik dan bagus untuk kesehatan tubuh, yaitu salah satunya untuk asam urat.

Asam urat sendiri yang merupakan salah satu kondisi produk limbah ditemukan didalam darah, dimana limbah ini yang muncul pada saat tubuh melakukan proses memecahkan bahan kimia atau yang biasa disebut atau dikenal dengan purin.

Asam urat yang kebanyakan akan larut di dalam darah dengan melalui ginjal dan keluar melalui urin, penderita ini diakibatkan dengan mengkonsumsi makan dan minuman yang mengandung purin yang tinggi sehingga dengan begitu dapat meningkatkan kadar asam urat.

Jika didalam tubuh tertinggal banyak asam urat  maka kondisi ini yang dapat terjadi hiperurisemia yang dimana kondisi ini yang bisa menyebabkan pembentukan kristal asam urat, dengan kristal ini yang bisa mengendap di dalam persendian dan juga bisa menyebabkan asam urat hal ini sejenis dengan artritis yang dapat menyakitkan.

Namun masalah tersebut yang dapat diatasi dengan mengkonsumsi Leunca dimana buah ini yang memiliki banyak manfaat untuk membantu dalam mengatasi masalah asam urat yang berlebihan, hal ini dikarenakan Leunca yang tidak mengandung purin di dalamnya sehingga dengan begitu sangat baik dikonsumsi oleh penderita asam urat.

Selain itu juga Leunca yang bisa membantu dalam mengontrol kandungan purin yang ada didalam tubuh, dengan kandungan antioksidan di dalam Leunca yang bisa menjaga fungsi ginjal tetap baik.

Untuk mendapatkan manfaatnya untuk asam urat kamu dapat mengkonsumsi Leunca ini secara langsung mentah  untuk menjaga kandungan yang terdapat didalam Leunca, karena jika diolah bisa saja kandungan yang terdapat di dalam Leunca yang berkurang.

Namun walaupun Leunca ini yang baik dikonsumsi oleh penderita asam urat namun bukan berarti tanaman Leunca ini yang dapat dijadikan sebagai obat untuk memberikan kesembuhan asam urat yang secara total, sebaiknya kamu juga tetap dengan melakukan pengobatan yang lebih tepat kepada dokter.

Selain itu juga manfaat dari Leunca ini selain untuk asam urat namun juga terdapat manfaat lainnya yaitu bisa membantu dalam melancarkan sistem pencernaan, meredakan sakit punggung, pegal, pinggang kaku, nyeri otot dan juga mencegah sembelit.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai manfaat Leunca untuk asam urat yang dapat kamu ketahui dan untuk mendapatkan manfaat untuk mengkonsumsi buah Leunca ini secara mentah, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.