Thursday, 18 Jul 2024

Khasiat Leunca Untuk Diabetes

2 minutes reading
Friday, 30 Dec 2022 08:25 0 498 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Siapa yang tidak kenal dengan buah yang satu ini dengan memiliki warna hitam keunguan yang berbentuk bulat kecil yaitu Leunca, nah untuk kamu yang ingin tahu dengan khasiat Leunca untuk diabetes maka bisa dengan menyimak ulasannya dibawah ini.

Leunca yang berasal dari Eropa dan Asia Barat dengan memiliki banyak namanya dimana untuk Leunca yang diambil dari bahasa Sunda sedangkan dalam bahasa Indonesia disebut dengan ranti, nama latinnya yaitu Solanum  nigrum Leunca yang tergolong kedalam keluarga solanaceae.

Selain itu juga tumbuhan Leunca ini yang termasuk golongan semak dengan memiliki ukuran sekitar kurang lebih dari 1,5 meter, dengan akar tunggang, daun berwarna hijau, batang tegak dan juga bunga yang mempunyai mahkota kecil, sedangkan untuk buahnya yang memiliki warna hijau, bulat dengan ukurannya yang sama dengan kacang kapri.

Biasanya Leunca untuk di Jawa Barat yang biasa digunakan sebagai lalapan dan juga bahan masakan dengan memiliki rasa yang enak dan lezat, selain bisa untuk dijadikan bahan makanan buah ini juga yang memiliki banyak manfaatnya untuk kesehatan dan terutama untuk diabetes.

Khasiat Leunca Untuk Diabetes

Khasiat Leunca Untuk Diabetes

Diabetes mellitus atau yang biasa dikenal dengan penyakit gula atau kencing mani yang merupakan salah satu penyakit dengan kadar gula didalam darah yang cukup tinggi dan tidak bisa dilepaskan atau dengan menggunakan insulin sehingga dengan begitu gula yang ada di dalam darah yang tidak bisa dimetabolisme.

Secara umum untuk penyakit Diabetes Melitus ini yang terjadi diakibatkan oleh gaya hidup yang tidak sehat yang menyebabkan akumulasi yang menumpuknya kadar gula di dalam darah, kondisi ini yang berada di atas ambang batas normal bersifat kronis dalam jangka waktu yang panjang.

Leunca ini yang mengandung bahan kimia didalamnya yang sangat bermanfaat untuk kesehatan yaitu sebagai antiseptik, selain itu juga Leunca ini yang bisa membantu untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit yang tergolong sulit untuk disembuhkan.

Untuk penyakit diabetes kamu bisa dengan mengkonsumsi Leunca ini untuk membantu menjaga gula darah, hal ini dikarenakan Leunca yang mengandung senyawa fenolik bioaktif yang secara rutin, asam galat, caffeic, katekin yang akan membantu dalam menurunkan kadar gula darah.

Dimana senyawa ini yang diketahui yang bisa mengurangi stres oksidatif, meningkatkan sekresi insulin dan juga memiliki efek sitoprotektif yaitu untuk melindungi sel dari berbagai bahaya, untuk mendapatkan manfaatnya membantu menjaga gula darah yaitu dengan mengkonsumsi Leunca secara rutin dengan porsi yang tepat.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai khasiat Leunca untuk diabetes yang bisa kamu ketahui, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.