Saturday, 22 Jun 2024

Manfaat Leunca Untuk Kolesterol

3 minutes reading
Friday, 30 Dec 2022 08:26 0 622 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Leunca biasanya digunakan untuk lalapan saat makan dan biasanya buah ini digunakan untuk makanan Sunda, selain digunakan sebagai lalapan buah ini juga yang  ternyata ada banyak manfaatnya untuk kesehatan salah satunya untuk kolesterol.

Leunca yang merupakan salah satu tanaman yang memiliki banyak kandungan nutrisi dan vitamin di dalamnya seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B1, seng, lemak, protein, kalori, fosfor, zat besi, karbohidrat, kalsium. dan juga seng.

Dimana buah Leunca ini yang memiliki nama ilmiah yaitu Solanum Americanum, dimana tanaman ini yang memiliki warna hitam keunguan jika sudah matang namun jika masih muda maka warnanya hijau.

Untuk kamu yang ingin tahu dengan mengkonsumsi Leunca apa saja manfaat yang bisa didapatkan untuk kesehatan, terutama manfaat Leunca untuk kolesterol bisa dengan menyimak ulasannya dibawah ini.

Manfaat Leunca Untuk Kolesterol

Manfaat Leunca Untuk Kolesterol

Dimana Leunca yang termasuk ke dalam jenis tanaman yang  dikonsumsi sebagai lalapan namun selain menjadi pelengkap hidangan yang enak dan lezat, Leunca juga yang memiliki sejumlah khasiatnya untuk kesehatan tubuh dimulai dari meredakan rasa nyeri sampai dengan untuk menurunkan kadar kolesterol.

Leunca ini yang termasuk ke dalam jenis tanaman obat yang ditemukan pada daerah berhutan dengan memiliki nama latin yaitu Solanum nigrum, Leunca ini yang berasal dari genus Solanum dengan buahnya yang kecil berwarna hijau dan buah ini juga yang biasanya digunakan sebagai pengobatan tradisional karena memiliki banyak sejumlah manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

Kolesterol sendiri merupakan salah satu keadaan dimana lemak yang terdapat dalam aliran darah atau sel tubuh yang dibutuhkan untuk proses pembentukan dinding sel dan juga untuk bahan baku beberapa hormon.

Jika kadar kolesterol dalam darah tinggi atau berlebihan hal ini yang dapat mengakibatkan terjadinya penyakit termasuk juga dengan penyakit jantung koroner dan juga stroke, aman untuk kolesterol normal yang harus berada dibawah 200 mg/dl namun jika berada diatas 240 mg/dl dan bisa mengakibatkan penyakit.

Untuk penyakit kolesterol ini yang biasanya disebabkan oleh beberapa faktor penyebabnya yaitu diantaranya kebiasaan mengkonsumsi makanan tidak sehat, kelebihan berat, memiliki penyakit yang tertentu hingga dengan penambahan usia.

Ternyata dengan mengkonsumsi Leunca yang dapat membantu untuk menurunkan kadar kolesterol, dimana Leunca yang mengandung senyawa polifenol berfungsi sebagai agen anti obesitas yang bisa membantu dalam mengurangi penumpukan lemak di hati dan juga kadar kolesterol jahat didalam tubuh.

Dengan mengkonsumsi ekstrak Leunca yang telah terbukti bisa membantu dalam menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan juga membantu meningkatkan kolesterol baik (HDL) di dalam tubuh, sehingga dengan demikian bisa membantu kesehatan jantung karena dapat menurunkan terjadinya risiko penyakit jantung yang diakibatkan oleh kadar kolesterol berkurang.

Selain itu juga dengan mengkonsumsi Leunca ini yang memiliki banyak manfaat lainnya untuk kesehatan tubuh diantaranya bisa membantu mencegah terbentuknya sel kanker, melindungi organ hati, membantu menangkal berbagai radikal bebas, mengobati peradangan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga meredakan nyeri.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai manfaat Leunca untuk kolesterol yang bisa kamu ketahui dan untuk merasakan manfaatnya kamu bisa dengan mengkonsumsi Leunca secara rutin dan pastikan tidak berlebihan untuk menghindari efek sampingnya, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.