Monday, 17 Jun 2024

Cara Merebus Daun Kelor Untuk Kolesterol

4 minutes reading
Wednesday, 15 Feb 2023 19:21 0 268 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Daun kelor yang terkenal sebagai salah satu obat herbal hal ini dikarenakan tanaman ini yang kaya akan manfaat didalamnya yang sangat melimpah, untuk kamu yang ingin tahu dengan cara merebus daun kelor untuk kolesterol bisa dengan simak ulasannya dibawah ini.

Daun kelor atau moringa oleifera yang biasanya dijuluki dengan superfood yang berasal dari Himalaya dan kemudian tanaman ini yang menyebar ke benua Asia dan Afrika, tanaman daun kelor ini yang bisa kamu temui dengan mudah dan daun kelor memiliki manfaat untuk kesehatan yang sangat melimpah.

Tanaman kelor yang memiliki tinggi pohon sekitar 7 hingga 14 meter dengan memiliki bentuk daun kelor yang bulat telur dengan susunan daunnya yang majemuk, terdapat bunga dan juga bijinya, tanaman ini bisa tumbuh dimana saja bahkan di tanah yang kurang subur dengan mudah.

Sebuah penelitian yang telah menunjukkan bahwa daun, biji dan batang kelor ini yang memiliki sejumlah senyawa yang memiliki peran penting untuk kesehatan tubuh seperti vitamin A, vitamin C, antioksidan, chrorogenic acid, quercertin dan juga kalium didalamnya.

Dengan sejumlah senyawa yang terkandung didalam daun kelor ini yang bermanfaat untuk membantu menurunkan kolesterol, mengontrol tekanan darah, menyehatkan kulit dan rambut, mengurangi tekanan darah dan juga kadar gula untuk penderita diabetes serta manfaat lainnya.

Lalu bagaimana cara merebus daun kelor untuk membantu menurunkan kolesterol, untuk kamu yang ingin menggunakan daun kelor sebagai obar kolesterol maka kamu bisa dengan menyimak ulasannya dibawah ini.

Cara Merebus Daun Kelor Untuk Kolesterol

Cara Merebus Daun Kelor Untuk Kolesterol

Daun kelor atau dikenal dengan nama moringa eliefora ini yang mengandung serat didalamnya yang bisa membantu untuk mengurangi kadar lemak yang ada didalam tubuh, dengan kandungan serat ini yang bisa mengurangi kemampuan tubuh dalam menyerap kolesterol dalam aliran darah.

Daun kelor yang digunakan sebagai obat kolesterol dan untuk mendapatkan manfaatnya kamu bisa dengan merebusnya dan minum selagi masih hangat atau bisa juga dengan dibuat sayur atau teh, untuk kamu yang ingin memasak atau mengolah daun kelor yang masih segar maka sebaiknya untuk dikonsumsi maksimal dalam 4 jam setelah pemetikan.

Daun kelor yang biasanya sangat mudah mengalami proses fermentasi dan terlihat daun kelor yang mudah layu dan menguning dan ini bisa membuat kandungan nutrisi didalamnya akan berkurang, untuk daun kelor yang masih segar bisa kamu olah dengan merebusnya menjadi teh.

Cara Merebus Daun Kelor Menjadi Teh

Untuk membuat teh daun kelor ini yang membutuhkan bubuk daun kelor atau daun kelor kering, adapun untuk cara membuatnya kamu bisa dengan mengikuti langkah-langkahnya dibawah ini.

  • Pastikan memilih daun kelor yang sudah agak tua agar lebih mudah kering
  • Cuci daun kelor dengan merendam didalam air bersih untuk membersihkan kotoran yang teradpat dan menempel pada daun kelor.
  • Jika daun kelor sudah bersih lalu letakkan di nampan atau di tempatkan di permukaan yang bersih dan rata.
  • Sebisa mungkin untuk tidak meletakan daun kelor langsung dibawah sinar matahari, paparan sinar matahari secara langsung yang membuat akndungan gizi pada daun kelor berkurang.
  • Biarkan daun kelor hingga mengering dan ini membutuhkan waktu sekitar 1 hari atau lebih
  • Jika daun kelor sudah kering maka selanjutnya pisahkan daun kelor dengan batangnya, namun tidak bermasalah jika batangnya tidak dipisah karena batangnya yang dapat dijadikan minuman nantinya.
  • Selanjutnya blender atau tumbuk daun kelor hingga halus atau bisa juga dengan memotong langsung daun kelor hingga ukurannya lebih kecil.
  • Kemudian masukkan duan kelor ke dalam kanting teh atau toples yang bersih dan juga kering agar lebih awet digunakan dalam beberapa hari kedepannya.
  • Untuk mengkonsumsinya lanjutkan dengan mendidihkan air secukupnya.
  • Jika sudah mendidih airnya kemudian matikan api dan masukkan daun kelor ke dalam air tersebut.
  • Diamkan hingga air berubah warna dan menyerupai teh hijau.
  • Jika warna airnya sudah berubah mala saring.
  • Tambahkan madu secukupnya dan aduk hingga merata.
  • Teh daun kelor telah siap untuk diminum.

Dengan cara merebus daun kelor untuk kolesterol diatas tentu saja sangat mudah untuk kamu lakukan, dan teh daun kelor ini yang bisa membantu untuk proses penyembuhan kanker, dimana ekstrak daun, kulit batang dan juga biji kelor ini yang bisa meningkatkan jumlah sel kanker apopyosis untuk pasein penderita kanker payudara dan juga kolon.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai beberapa cara merebus daun kelor untuk membantu menurunkan kolesterol, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat selamat untuk mencoba dirumah dengan mudah.