Monday, 17 Jun 2024

Cara Merebus Daun Sirih Untuk Diminum yang Benar

5 minutes reading
Monday, 20 Feb 2023 20:59 0 375 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Daun sirih yang terkenal sebagai salah satu tanaman obat herbal dan bahkan sudah dimanfaatkan sejak jaman dulu, nah untuk kamu yang ingin merasakan manfaatnya maka bisa dengan menggunakan merebusnya dan meminum airnya namun bagaimana dengan cara merebus daun sirih untuk diminum yang benar.

Daun sirih atau Piper Betle Linn ini merupakan salah satu jenis tumbuhan obat yang memiliki manfaat yang sangat melimpah untuk kesehatan tubuh, dimana daun sirih ini yang mengandung zat antiseptik yang hampir seluruh bagian yang mampu membantu untuk membunuh kuman.

Untuk bisa memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh kamu perlu mengetahui dan melakukan cara merebus daun sirih untuk diminum yang benar, karena jika sembarangan dalam merebus daun sirih bukannya mendapatkan manfaatnya melainkan memicu masalah pada kesehatan lainnya.

Sebenarnya untuk merebus daun sirih ini yang bisa dilakukan dengan mudah dan praktis dirumah, namun untuk kamu yang masih awan maka perlu mengetahui cara merebus daun sirih untuk diminum yang benar maka bisa dengan simak ulasannya dibawah ini.

Cara Merebus Daun Sirih Untuk Diminum yang Benar

Cara Merebus Daun Sirih Untuk Diminum yang Benar

Memang sejak dahulu daun sirih ini yang sudah dimanfaatkan sebagai obat alami yang mampu untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan, untuk tanaman daun sirih ini yang tumbuh di Indonesia dan kamu bisa menemukannya dengan mudah dan biasanya daun sirih ini yang digunakan sebagai tanaman hias karena memiliki bentuk daun seperti hati.

Daun sirih yang memiliki dua jenis yang biasa diketahui yaitu daun sirih merah dan juga daun sirih hijau kedua jenis daun sirih ini yang sama-sama mempunyai segudang manfaat, untuk manfaat dari daun sirih ini yang berasal dari kandungan nutrisi, vitamin dan juga mineral di dalamnya seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, sodium, protein, asam nikotinat, iodin, fenol, flavonoid, polifenol, tanin, flavonoid, minyak atsiri, dan juga saponin.

Adapun untuk cara merebus daun sirih untuk diminum yang benar yang bisa kamu coba dan lakukan dirumah dengan mudah, yaitu dengan mengikuti langkah-langkah dibawah ini.

Membantu Menghambat Kanker

Daun sirih yang mengandung alkaloid yang bersifat antikanker yang dipercaya bisa membantu untuk menghambat pertumbuhan sel kanker kandungan ini juga yang digunakan sebagai obat herbal untuk kanker dan juga tumor payudara, selain itu juga mengandung antioksidan eugenol yang mampu membantu untuk memerangi radikal bebas yang menjadi penyebab kanker pada penderita diabetes tipe 2.

Untuk bisa merasakan manfaatnya daun sirih ini perlu diolah terlebih dahulu sebelum digunakan dan untuk cara mengolah daun sirih merah ini untuk obat herbal kanker dan tumor terdapat dua cara yaitu.

Cara Pertama:

  • Terlebih dahulu pilih daun sirih merah yang masih segar.
  • Kemudian daun sirih merah tersebut direndam dalam air sekitar 30 menit.
  • Lalu keringkan selama satu jam.
  • Jika sudah kering¬† lalu simpan daun sirih merah ini ke dalam wadah yang kedap udara.

Cara Kedua:

  • Terlebih dahulu pilih daun sirih merah yang masih segar.
  • Kemudian rebus daun sirih merah ini dengan isi air sekitar 2 gelas.
  • Rebus hingga mendidih dan menyisakan air yaitu sekitar satu gelas.
  • Selanjutnya bagi air rebusan daun sirih merah ini menjadi tiga bagian dengan jumlah porsi yang sama.
  • Minum air rebusan tersebut sehari tiga kali sebelum makan.

Membantu Meredakan Kolesterol

Kandungan antioksidan yang tinggi didalam daun sirih ini yang dimana antioksidan eugenol yang akan bekerja untuk melawan radikal bebas yang memicu munculnya stres oksidatif yang menjadi penyebab berbagai penyakit kronis, daun sirih juga yang mampu membantu mengurangi jumlah lemak total dalam darah.

Kolesterol yang tidak terkontrol yang bisa meningkatkan risiko kardiovaskular, stroke, hipertensi, gagal ginjal dan juga penyakit jantung koroner, daun sirih juga yang bekerja untuk meningkatkan kolesterol yang baik di dalam darah sehingga membuat kesehatan jantung tetap terjaga.

Adapun untuk cara merebus daun sirih untuk diminum yang benar membantu menurunkan kadar kolesterol yaitu sebagai berikut:

  • Terlebih dahulu siapkan daun sirih merah yang masih segar sebanyak 3 hingga 4 lembar.
  • Kemudian cuci daun sirih merah hingga bersih dengan menggunakan air mengalir.
  • Rebus daun sirih ini hingga mendidih.

Membantu Meredakan Batuk

Manfaat dari daun sirih yaitu membantu untuk mengatasi dan meredakan batuk hal ini dikarenakan kandungan vitamin B, vitamin C dan alkaloid didalamnya yang mampu mengatasi peradangan yang menjadi penyebab batuk.

Adapun untuk cara merebus daun sirih untuk diminum yang benar untuk membantu meredakan batuk yaitu sebagai berikut:

  • Terlebih dahulu siapkan daun sirih sebanyak 5 lembar yang masih segar.
  • Kemudian rebus daun sirih ini dengan air sekitar 300 ml selama 15 hingga 20 menit.
  • Jika sudah mendidih lalu minum air rebusan daun sirih ini sehari satu kali.

Membantu Menurunkan Diabetes

Daun sirih yang kaya akan zat yang baik untuk kesehatan sehingga membuat daun sirih ini yang digunakan sebagai obat tradisional dan manfaat daun sirih merah ini yaitu salah satunya mampu mengatasi diabetes, dimana daun sirih merah yang mengandung flavonoid dan alkaloid yang berperan untuk menurunkan kadar gula darah didalam tubuh.

Untuk penderita diabetes yang ingin memanfaatkan daun sirih ini untuk membantu menurunkan kadar gula darah, untuk cara merebus daun sirih untuk diminum yang benar bisa kamu lakukan dengan mengikuti caranya dibawah ini.

  • Terlebih dahulu siapkan daun sirih merah setengah tua sekitar tiga lembar.
  • Lalu siapkan daun sirih yang keenam atau ketujuh dari pucuk.
  • Kemudian iris daun sirih merah tipis-tipis.
  • Silahkan rebus daun sirih yang telah diiris tipis-tipis kedalam air sekitar 600 ml tau setara 3 gelas.
  • Rebus daun sirih merah ini sampai mendidih dan menyisakan air rebusan sekitar 1,5 gelas.
  • Minum air rebusan ini sehari tiga kali setelah makan.

Mungkin hanya itu saja beberapa cara merebus daun sirih untuk diminum yang benar yang bisa kamu coba dan terapkan dengan mudah dirumah, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat selamat untuk mencoba.