Thursday, 18 Jul 2024

Cara Minum Air Rendaman Kurma (Air Nabeez)

4 minutes reading
Monday, 1 May 2023 09:24 0 267 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Cara minum air rendaman Kurma ternyata masih banyak orang yang mencari tahunya dan mungkin termasuk kamu, karena memang untuk bisa mendapatkan manfaat dari air rendaman kurma ini kita perlu mengetahui dengan cara membuat dan minum air rendaman kurma dengan baik.

Air rendaman kurma atau bisa dikenal dengan sebutan air nabeez ini yang merupakan salah satu jenis minuman favorit Nabi Muhammad Saw, dimana minuman air rendaman kurma ini yang hampir mirip dengan infused water bedanya ini hanya merendam buah Kurma dengan air matang pada wadah yang tertutup dan dibiarkan selama semalam.

Air rendaman kurma ini yang menjadi kegemaran Rasulullah dan minuman ini juga yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh, dimana minuman air nabeez ini yang merupakan minuman tonik alkaline yang bermanfaat untuk menyembuhkan asam lambung dan juga menyehatkan sistem pencernaan.

Air nabeez juga yang bisa membantu untuk membuang sampah-sampah metabolisme tubuh dengan kandungan serat yang tinggi terdapat pada minuman ini yang memiliki peran penting untuk membantu meningkatkan kinerja sistem pencernaan sehingga mampu membantu mengatasi sembelit pada saat berpuasa.

Sekarang ini bulan suci Ramadhan buah kurma yang sudah banyak dijual di pasaran atau di supermarket dengan memiliki harga yang murah dan terjangkau, buah Kurma ini yang biasanya kerap dimakan pada saat berbuka puasa dan sahur oleh umat muslim.

Selain dengan memakan buah Kurma secara langsung dengan diolah menjadi air rendaman kurma juga yang sangat cocok diminum pada saat berpuasa yang bisa diminum pada saat sahur dan berbuka puasa untuk membantu meningkatkan energi dan juga menghidrasi tubuh selama berpuasa seharian.

Nah untuk lebih jelasnya lagi mengenai air rendaman kurma dengan bagaimana cara membuatnya dan juga cara minumnya maka kamu bisa dengan menyimak penjelasannya dibawah ini dengan baik.

Cara Minum Air Rendaman Kurma

Cara Minum Air Rendaman Kurma (Air Nabeez)

Air rendaman kurma atau air nabeez ini yang memang mirip dengan infused water dan untuk minuman air rendaman kurma ini dengan cara merendam buah kurma selaman untuk bisa memberikan rasa dan juga aroma pada air tersebut, dalam merendahkan kurma di dalam air yang bisa memecah molekul nutrisi di dalamnya sehingga akan lebih mudah diserap oleh tubuh.

Air rendaman kurma ini yang mengandung antioksidan didalamnya yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, kandungan lainnya yang terdapat pada air rendaman kurma yaitu terdapat  serat yang tinggi, karbohidrat, kalsium, zat besi,  dan juga vitamin dan mineral lainnya yang memiliki peran penting untuk kesehatan tubuh.

Minuman air nabeez juga yang dapat digunakan sebagai pengganti untuk mereka yang sedang mengurangi gula, selain itu juga memberikan manfaat untuk membantu meningkatkan energi, daya tahan tubuh, menstabilkan tekanan darah, mengontrol gula darah tetap normal dan juga dapat menghilangkan kolesterol jahat (LDL) didalam tubuh.

Air rendaman kurma juga bisa dibuat dengan menambahkan bahan lainnya seperti madu, jahe, daun mint atau rempah maupun buah yang lainnya, untuk cara minum air rendaman Kurma ini yaitu seperti meminum air pada umumnya yang bisa diminum kapan saja.

Namun pada saat bulan Ramadhan maka air rendaman kurma ini yang dapat diminum pada saat sahur dan berbuka puasa, dalam meminum air rendaman kurma ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, berikut penjelasannya:

  • Hanya menggunakan satu buah kurma saja jangan dicampurkan dengan buah yang lainnya.
  • Air rendaman kurma atau air nabeez hanya dapat bertahan selama 1 – 2  hari saja.
  • Jika air rendaman kurma sudah memasuki hari ke 3 maka haram hukumnya untuk diminum, karena air rendaman kurma tersebut sudah menjadi arak atau terjadinya proses fermentasi.

Untuk kamu yang masih bingung dengan cara membuat air rendaman kurma yang benar maka kamu bisa dengan mengikuti caranya dibawah ini:

Bahan-bahan:

  • 3 – 5 buah Kurma ajwa
  • 1 sendok teh madu
  • 1 gelas air

Cara membuat:

  • Terlebih dahulu silahkan pisahkan buah kurma dengan bijinya.
  • Masukkan buah kurma ke dalam air didalam wadah tertutup.
  • Lalu diamkan selama semalaman.
  • Untuk proses perendaman yang berlangsung 8 hingga 12 jam, air rendaman kurma yang dapat disimpan di dalam kulkas selama 1 hingga 2 hari.

Mungkin hanya itu saja ulasan atau penjelasan mengenai cara minum air rendaman Kurma yang baik yaitu kapan saja tetapi pada saat berpuasa yang bisa diminum pada saat sahur dan buka puasa yang akan memberikan energi pada tubuh, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.