Monday, 15 Apr 2024

10 Ciri-Ciri Burung Cendrawasih

5 minutes reading
Thursday, 30 Nov 2023 10:56 0 134 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Untuk kamu yang tertarik mengenal lebih dalam lagi mengenai dengan burung cendrawasih, maka kamu bisa dengan simak ulasan dibawah ini yang akan membahas mengenai dengan ciri-ciri burung cendrawasih.

Burung cendrawasih merupakan salah satu jenis burung yang memiliki banyak penggemarnya dan bahkan burung yang satu ini dijuluki sebagai birds of paradise, bahkan tidak hanya itu saja burung cendrawasih juga dijuluki menjadi burung surga.

Hal tersebut karena burung cendrawasih yang memiliki keindahan bulu yang begitu sangat cantik dan terkenal di seluruh belahan dunia, burung cendrawasih yang memiliki habitat aslinya berasal dari Indonesia di bagian timur, Papua Nugini, pulau di Selat Flore hingga Australia bagian Timur.

Namun sayangnya dengan keindahan bulu yang dimiliki burung cendrawasih ini yang menjadikan burung tersebut selalu diburu dan digunakan untuk dijual kembali, sehingga tidak heran jika populasi burung cendrawasih yang setiap tahunnya semakin berkurang.

Dengan populasi burung cendrawasih yang semakin berkurang dan bahkan terancam punah membuat burung tersebut termasuk satwa dilindungi oleh pemerintah, sehingga agar burung cendrawasih tidak punah kita harus melestarikan burung tersebut.

Mungkin belum banyak orang yang tahu ternyata burung cendrawasih ini memiliki banyak sekali jenis atau spesiesnya dan sebagian besarnya bisa kamu temukan dengan mudah di daerah Indonesia yang terkhususnya di Papua.

Pada biasanya jenis atau spesies burung cendrawasih khas Papua ini yang dinamakan sesuai dengan warna serta ciri fisik yang dimilikinya diantaranya terdapat burung cendrawasih botak, cendrawasih gagak, cendrawasih merah, cendrawasih bidadari halmahera dan masih banyak lagi yang lainnya.

Untuk kamu yang belum tahu dengan ciri-ciri yang dimiliki burung cendrawasih lebih jelasnya, maka kamu bisa dengan simak ulasan di bawah ini dengan seksama.

Ciri-Ciri Burung Cendrawasih

10 Ciri-Ciri Burung Cendrawasih

Tentunya mengetahui ciri-ciri burung cendrawasih menjadi salah satu hal yang perlu kamu ketahui, dimana biasanya burung cendrawasih jantan yang akan memiliki bulu lebih berwarna-warni dan terlihat sangat cerah seperti perpaduan antara warna biru, kuning, merah, hitam dan hijau.

Bahkan selain berwarna lebih cerah burung cendrawasih juga yang cenderung akan memiliki bulu yang unik terdapat di beberapa bagian atau area tubuh terutama di bagian ekornya, sehingga dengan begitu burung cendrawasih yang terlihat sangat indah dan cantik.

 Pada saat musim kawin tiba biasanya mereka yang kerap menari-nari demi memikat burung cendrawasih betina atau lawan jenisnya, tidak hanya menari saja namun mereka juga yang biasanya akan berkicau di atas ranting pohon dan tarian setiap jenis atau spesies burung cendrawasih berbeda-beda.

 Untuk ciri-ciri burung cendrawasih yang sesuai dengan spesies atau jenisnya bisa kamu ketahui yaitu sebagai berikut:

 Burung Cendrawasih Bidadari Halmahera

 Jenis burung cendrawasih bidadari halmahera yang memiliki ciri-ciri khasnya yaitu bulunya berwarna putih panjang menekuk hingga keluar sayap dan bisa ditegakkan atau diturunkan yang sesuai dengan keinginan burung cendrawasih bidadari halmahera.

 Burung Cendrawasih Gagak

 Ciri-ciri burung cendrawasih gagak yang memiliki bulu didominasi warna hitam dan bulunya sangat halus, pada bagian paruhnya berwarna hitam namun matanya yang berwarna merah dengan memiliki ukuran  tubuh sekitar 34 cm saja dan biasanya burung cendrawasih betina ukurannya lebih kecil dari jantan.

Burung Cendrawasih Kuning Kecil

 Jenis burung cendrawasih kuning kecil memiliki ukuran tubuh 32 cm dengan bulu di bagian depan berwarna coklat kemerahan, bulu belakangnya berwarna kuning, ekornya yang panjang dan lebat dengan dipadukan warna kuning dan putih.

 Pada burung cendrawasih kuning kecil jantan dibagian tenggorokan berwarna hijau dan betina berwarna putih pada area dada dan juga coklat pada bagian kepalanya.

 Burung Cendrawasih Biru

 Burung cendrawasih biru yang memiliki ukuran tubuh kurang lebih 31 cm dengan warna bulunya hitam dan bagian mata dan kakinya yang berwarna coklat, hampir semua bagian sayap burung jenis ini didominasi dengan warna biru cerah.

 Burung Cendrawasih Astrapia Arfak

 Ciri-ciri burung cendrawasih astrapia arfak yaitu memiliki bulu didominasi dengan warna hitam yang dicampur hijau, ungu dan silver, burung jenis ini memiliki ekor tumpul dan sangat panjang serta paruhnya pendek.

 Ukuran tubuh burung cendrawasih astrapia memiliki panjang sekitar 60 cm dan pada area tengkunya berwarna kuning dengan sayap dan ekornya berwarna ungu yang mengkilap.

 Burung Cendrawasih Astrapia Ekor – Pita

 Burung cendrawasih astrapia ekor pita yang memiliki ekor putih menjadi ciri khasnya yang sangat panjang dan mirip seperti pita, burung ini memiliki ukuran tubuh hanya sekitar 32 cm dengan memiliki bulu berwarna hitam gabungan hijau di bagian kepalanya untuk jantan sedangkan betina didominasi warna coklat.

 Burung Cendrawasih Botak

 Jenis burung cendrawasih botak yang memiliki ciri-ciri dengan ukuran tubuhnya yang cukup kecil sekitar 21 cm panjangnya, burung cendrawasih botak jantan memiliki warna bulu berbeda pada setiap bagian tubuhnya, pada area badan nya yang didominasi warna merah dan hitam dengan warna kuning di tengkuknya.

 Sedangkan bagian kulit kepala dan kaki berwarna biru, paruhnya yang berwarna hijau serta sepasang ekor yang berbentuk melingkar berwarna ungu.

Burung Cendrawasih Parotia Arfak

Burung cendrawasih parotia arfak yang memiliki sifat dimorfik yaitu jantan dengan betina memiliki warna sangat berbeda, untuk yang jantan memiliki bulu berwarna hitam dan ada hiasan berbentuk segitiga berwarna perak di atas kepalanya, sedangkan betina memiliki warna bulu coklat dan tidak memiliki hiasan berbentuk segitiga.

 Burung Cendrawasih Raggiana

 Burung cendrawasih raggiana memiliki ukuran tubuh sekitar 34 cm dan bulunya yang berwarna merah kecoklatan dan warna kuning di bagian matanya, pejantan tang didominasi memiliki warna hijau dan memiliki mahkota kuning bagian kepala, sedangkan betina memiliki ukuran lebih kecil dan warnanya kecoklatan.

Burung Cendrawasih Merah

Ciri-ciri burung cendrawasih merah yang sesuai dengan namanya memiliki bulu berwarna merah dan kuning di bagian dada hingga lehernya, ukuran tubuhnya mulai dari 33 cm sampai 72 cm, dengan kulit wajah berwarna hijau terang dan paruhnya kuning cerah.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan ciri-ciri burung cendrawasih yang bisa kamu ketahui, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.