Monday, 15 Apr 2024

12 Keunikan Burung Cendrawasih

7 minutes reading
Thursday, 30 Nov 2023 08:55 0 81 Sri Lasmawati

qNesiaverse.com – Siapa yang tidak tahu dengan burung cendrawasih yang satu ini karena jenis burung yang satu ini memiliki bentuk dan warna sangat elok dan cantik, terdapat keunikan lainnya dan fakta burung cendrawasih yang bisa kamu ketahui dengan menyimak ulasan di bawah ini.

Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan flora dan fauna yang endemik dan salah satunya terdapat burung cendrawasih yang berasal dari Indonesia bagian timur, pastinya kamu sudah mengenal dan mengetahui burung yang satu ini terutama para pecinta burung.

Burung cendrawasih termasuk anggota famili Paradisaeidae dan ordo Passeriformes, biasanya jenis burung yang satu ini bisa ditemukan di Pulau Papua, Papua Nugini, Kepulauan Maluku, Kepulauan Selat Torres sampai Australia bagian timur, burung ini memiliki keunikan yaitu burung jantan yang memiliki bulu panjang serta pola rumit tumbuh pada bagian sayap, paruh dan juga kepala.

Burung cendrawasih menjadi salah satu jenis burung yang banyak diburu oleh oknum yang tidak bertanggung jawab karena burung yang satu ini memiliki bulu yang indah, hal tersebut yang menyebabkan burung cendrawasih menjadi langka dan bahkan termasuk satwa yang dilindungi.

Di alam liar burung cendrawasih yang mendiami hutan-hutan pegunungan dan habitatnya berada di hutan hujan tropis dengan vegetasi lebat, umumnya mereka menghuni kawasan hutan dataran rendah sampai pegunungan di daerah Indonesia Timur.

Burung cendrawasih lebih menyukai kawasan dengan tegakan tinggi dan percabangan yang sedikit rapat dan terdapat juga beberapa jenis tumbuhan yang merambat di sekitarnya,

Kali ini kita akan membahas mengenai dengan keunikan dan juga fakta burung cendrawasih yang mungkin belum kamu ketahui, untuk mengetahui hal tersebut simak penjelasanya dibawah ini.

Keunikan Burung Cendrawasih

Keunikan Burung Cendrawasih

Pada setiap hewan atau satwa yang pastinya memiliki keunikan, kelebihan serta kekurangannya masing-masing termasuk juga burung cendrawasih, adapun beberapa keunikan dan fakta burung cendrawasih asli Papua jarang sekali diketahui oleh banyak orang yaitu sebagai berikut:

Burung Cendrawasih Memiliki Bulu yang Khas

Burung cendrawasih yang memiliki keunikan pada bulunya yang khas berbeda dengan burung lainnya, bulu pada burung cendrawasih jantan tidak sama dengan bulu terdapat pada burung cendrawasih betina, karena jantan memiliki warna yang lebih cerah dan licin dan terdapat ciri khas bulunya yang besar seperti mahkota.

Burung Cendrawasih Memiliki Nama Julukan

Ternyata burung cendrawasih yang memiliki nama julukan sebagai birds of paradise berarti burung dari surga, burung cendrawasih yang dijuluki demikian karena burung yang satu ini memiliki warna bulu yang sangat cantik dan juga mengagumkan.

Burung Cendrawasih Memiliki Habitat yang Indah

Burung cendrawasih yang tersebar di pulau Papua, Papua Nugini hingga Australia, burung ini yang biasanya hidup di sabana terbuka, hutan mid montana, hutan hujan tropis dan untuk habitat ditempati burung cendrawasih ini memiliki banyak kekayaan alam yang indah.

Contohnya burung cendrawasih yang habitatnya di Raja Ampat terkenal dengan memiliki banyak pulau-pulau indah, kepulauan Raja Ampat adalah rangkaian dari empat gugusan pulau dekat dan berlokasi di barat bagian kepala burung Pulau Papua.

Burung Cendrawasih Memiliki Banyak Genus dan Spesies

Burung cendrawasih yang memiliki banyak genus dan juga spesies yaitu sekitar 14 genus, 43 spesies dan juga terdapat 30 spesies burung cendrawasih ada di Indonesia, bahkan selain itu burung cendrawasih juga yang memiliki 2 jenis yaitu burung cendrawasih merah dan burung cendrawasih biru.

Berikut beberapa spesies burung cendrawasih yang bisa kamu ketahui yaitu:

Burung Cendrawasih Biru (Paradisaea rudolphi)

Burung cendrawasih biru termasuk spesies genus paradisaea, burung ini yang sangat luar biasa dengan memiliki sayap sangat cantik dan terlihat mewah serta terdapat dua kabel terdapat pada burung cendrawasih biru jantan.

Ciri-ciri burung cendrawasih biru yaitu memiliki panjang sekitar 30 cm dan memiliki warna hitam dan biru, bagian paruhnya berwarna putih kebiruan, iris mata berwarna coklat tua, kaki berwarna abu-abu, sayapnya berwarna biru terang dan di bagian sekitar mata terdapat 2 buah setengah lingkaran putih.

Burung cendrawasih biru termasuk dalam spesies poligami yaitu memiliki banyak pasangan dan sang jantan memiliki ritual memamerkan bulu ekornya untuk bisa menarik betina, setelah itu sang jantan yang akan meninggalkan betina dan mencari pasangan baru.

Burung Cendrawasih Kuning Kecil (Paradisaea minor)

Jenis burung cendrawasih kuning kecil yang bisa ditemukan di Papua Nugini dan Irian Jaya dan bahkan bisa ditemukan di pulau Misol, pulau Yapen, Provinsi Papua dan Provinsi Irian Jaya Barat, burung yang satu ini memiliki ukuran lebih kecil dari yang lainnya dengan memiliki panjang 32 cm.

Jenis burung cendrawasih kuning kecil satu ini merupakan spesies poligami, dimana pejantan memiliki ritual memamerkan bulu ekornya untuk bisa menarik betina setelah itu sang jantan yang akan meninggalkan betina dan mencari pasangan baru.

Ciri-ciri burung cendrawasih kuning kecil yaitu mayoritasnya berwarna merah marun dengan mahkota berwarna kuning, pada bagian punggung berwarna kuning kecoklatan dan untuk jantan di bagian leher memiliki warna hijau zamrud.

Burung Cendrawasih Rubra (Paradisaea rubra)

Burung cendrawasih rubra yang terkenal dengan memiliki daya tarik tertinggi dan merupakan hewan endemik Indonesia yang dilindungi, terdapat di pulau Papua bagian barat meliputi Raja Ampat serta tersebar di teluk cendrawasih seperti Pulau Biak, Pulau Waropen dan Nabire.

Ciri-ciri burung cendrawasih merah dengan memiliki panjang sekitar 33 cm dilengkapi dengan memiliki warna bulu dominan merah darah, di bagian ekor terdapat campuran warna putih dan memiliki campuran ekor dengan warna kuning merupakan warna dasar dari burung cendrawasih.

Burung Cendrawasih Gagak (Lycocorax pyrrhopterus)

Burung cendrawasih gagak bisa ditemukan di Indonesia tepatnya kepulauan Maluku sehingga menyebabkan orang barat menyebut burung cendrawasih gagak dengan sebutan Halmahera Paradise Crow, dengan memiliki panjang sekitar 35 cm dan bulu serta paruhnya berwarna hitam.

Sedangkan untuk matanya berwarna merah dengan memiliki suara kicauan berbeda dengan jenis burung kebanyakan lainnya yaitu mirip dengan suara anjing, secara fisik antara jantan dan betina tidak memiliki banyak perbedaan dan mereka setia pada satu pasangan atau disebut monogami.

Burung Cendrawasih Goldi (Paradisaea decora)

Burung cendrawasih goldi adalah hewan endemik Papua nugini yang menyukai buah-buahan, dikarenakan habitatnya semakin berkurang dan kerap diburu sehingga burung cendrawasih goldi yang termasuk spesies terancam punah.

Ciri-ciri burung cendrawasih goldi dengan memiliki panjang sekitar 33 cm dan berwarna coklat zaitun, di bagian dada burung jantan yang mempunyai warna keunguan serta bulunya kuning dan hijau, sedangkan pada bagian badannya yang dihiasi dengan bulu hias yang berwarna merah tua.

Burung Cendrawasih Memiliki Ritual Kawin yang Unik

Burung cendrawasih merupakan salah satu jenis burung yang sangat unik karena burung cendrawasih jantan yang mempunyai tarian untuk bisa memikat hati burung cendrawasih betina, tarian tersebut termasuk tarian luar biasa karena fleksibilitas bulu dan juga keindahan warna bulu.

Burung cendrawasih jantan yang sangat serius pada saat mempersembahkan tariannya, hal ini yang dapat kita lihat pada saat membersihkan paruh dan juga sarangnya yang akan menjadi panggung untuk ritual mereka dan jantan juga mempersembahkan kicauan sangat indah agar betina segera mau diajak kawin.

Burung Cendrawasih Termasuk Hewan Dilindungi Pemerintah

Faktanya burung cendrawasih yang terkenal dengan memiliki keindahan pada bulunya yang mengakibatkan burung cendrawasih menjadi sasaran perburuan, sehingga dengan begitu burung cendrawasih termasuk hewan yang dilindungi oleh pemerintah.

Seperti yang telah tercantum dalam UU No. 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistem dan Peraturan Pemerintah No 7 Tahun 1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa Liar.

Dulu Bulu Burung Cendrawasih Dijadikan Hiasan

Dimana masyarakat Papua pada zaman dahulu yang menjadikan bulu burung cendrawasih dijadikan sebagai hiasan pada pakaian mereka, namun kemudian pada akhir abad ke 19 hingga awal abad ke 20 burung cendrawasih juga yang pernah menjadi tren hiasan topi wanita Eropa.

Burung Cendrawasih Pernah Terkenal di Acara TV Barat

Faktanya burung cendrawasih yang pertama kali populer pada tahun 1996 disebabkan oleh acara TV disiarkan oleh pecinta alam bernama David Attenborough, dia mengambil cuplikan kehidupan tentang burung cendrawasih seperti ciri khas, makan dan bahkan kawin yang ada di Papua Nugini.

Burung Cendrawasih Termasuk Hewan Soliter

Burung cendrawasih faktanya termasuk hewan soliter, soliter sendiri adalah hewan hidup sendiri atau hidup dengan pasangannya dan biasanya burung cendrawasih yang akan bersama-sama saat musim kawin dan membuat sarang dari pakis, daun dan lainnya.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan beberapa keunikan dan juga fakta mengenai burung cendrawasih yang bisa kamu ketahui, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.