Thursday, 18 Jul 2024

7 Ciri-Ciri dan Tanda Kucing Stres

6 minutes reading
Wednesday, 9 Aug 2023 02:27 0 159 Sela Rahma

Nesiaverse.com – Masalah stres tidak hanya terjadi pada manusia saja, hewan seperti kucing juga bisa mengalami masalah stress, jika kamu ingin mengetahui terkait bagaimana atau seperti apa ciri-ciri dan tanda kucing yang sedang stres, kamu bisa simak ulasan ini agar kamu bisa mengatasinya dengan baik dan benar.

Sama halnya seperti manusia, kucing pun bisa merasa stres dengan lingkungan sekitarnya. Hanya saja kucing tidak bisa mengekspresikannya dengan baik seperti manusia, mereka cenderung lebih menunjukan tindakan yang sekiranya membuat mereka tidak nyaman.

Banyak sekali faktor yang dapat membuat kucing peliharaan kamu bisa merasa stres dibuatnya. Tanpa kamu sadari atau tanpa kamu ketahui, ternyata perbuatan yang menurut kamu sepele itu dapat menyebabkan kucing kamu merasa stres atau bahkan bisa sampai depresi berat.

Lalu seperti apa ciri-ciri dan tanda kucing yang sedang mengalami stres ini? Nah, disini akan memberikan beberapa informasi tentang kucing yang sedang stres secara menyeluruh. Jadi, simaklah penjelasannya di bawah ini dengan seksama agar dapat kamu tangkap point-point pentingnya.

Ciri-Ciri dan Tanda Kucing Stres

Ciri-Ciri dan Tanda Kucing Stres

Sebelum itu ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu tentang kenapa kucing bisa stres. Perlu untuk kamu kenali terlebih dahulu mengenai penyebabnya agar bisa kamu atasi dengan baik dan dapat mengenali ciri-ciri dan tandanya dengan baik saat si kucing mulai stres.

Stres merupakan kondisi mental yang tidak stabil dan bisa terjadi pada siapa saja, termasuk pada kucing. Biasanya stres yang dialami kucing, terjadi karena faktor lingkungannya yang tidak nyaman dan bising sehingga membuat si kucing merasa tidak tenang berada disana.

Bisa juga karena lingkungannya yang kotor tidak terawat dengan baik, dapat membuat kucing kamu jadi stres juga, lho! Kucing adalah hewan yang cukup menyukai kebersihan, jadi disaat mereka berada di tempat yang kotor, bau, serta berantakan membuatnya tidak betah dan stres.

Jika dibiarkan terus menerus seperti itu, lama-lama mereka bisa menjadi depresi dan bukan hanya mental saja yang sakit tapi kesehatannya pun dapat terganggu. Membuatnya jadi sakit serta resiko terburuknya adalah kematian. Tentu saja kucing pun bisa mati jika stres terus.

Maka dari itu kamu harus lebih memperhatikan si kucing, memahami apa yang mereka suka dan tidak suka serta mengenali bagaimana ciri-cirinya jika mereka sedang stres. Berikut di bawah ini ada beberapa ciri-ciri dan tandanya, diantaranya adalah:

Menjadi Penyendiri

Jika kucing kamu menjadi sering bersembunyi di tempat-tempat terpencil dan menyendiri, berarti kucing kamu sedang stres. Sama halnya seperti manusia ketika stres, pasti mereka akan mengurung dan mengisolasi diri mereka sendiri dikamar atau ruangan yang tertutup. Begitupun dengan kucing, mereka juga akan lebih penyendiri dan mengisolasi diri mereka.

Hal itu terjadi karena disaat mereka sedang stres, si kucing lebih memilih untuk tidak banyak bertingkah dan menjauhi keramaian sehingga membuatnya lebih nyaman sendirian di ruangan tertutup. Mereka akan merasa lebih tenang dan aman dari gangguan atau suara-suara yang cukup mengganggu kenyamanan mereka serta dapat membuat mereka semakin stres.

Terlihat Lebih Lesu

Stres memang bisa membuat siapapun yang mengalaminya terlihat menjadi lebih lesu, lemas dan tidak berdaya, termasuk pada kucing. Kucing akan terlihat tidak bergairah atau tidak bersemangat lagi untuk menjalani rutinitasnya sehari-hari seperti biasa. Karena mereka dibikin pusing oleh stres, membuatnya harus memikirkan banyak hal yang membuatnya gk nyaman.

Makanya kebanyakan kucing yang stres pasti akan terlihat lesu sekali bahkan tidak bertenaga untuk melakukan aktivitasnya dan hanya terduduk diam ditempat seharian. Memang cukup membuat kamu khawatir ketika melihat kucing kesayangan tiba-tiba menjadi lebih lesu, pendiam, gk bawel dan hyperaktif seperti biasanya lagi karena si kucing sedang merasa stres.

Nafsu Makan Menurun

Stres bisa menyebabkan nafsu makan si kucing menurun, sehingga membuat mereka tidak ingin makan atau susah sekali makan dengan teratur seperti biasanya. Hal ini dapat memicu terjadinya stress eating yang dimana kondisi ini dapat berlangsung ketika kucing kamu mengalami stres dalam jangka waktu yang cukup lama, sehingga membuatnya mogok makan.

Biasanya kucing stres memang menunjukan ciri seperti perubahan nafsu makannya yang menurun dan itu bisa menyebabkan kucing kamu kurus serta kekurangan nutrisi akibat dari stres. Maka dari itu sebisa mungkin untuk segera mengatasi si kucing yang sedang stres dengan cara berikan vitamin untuk penambah nafsu makan supaya bisa makan setidaknya sedikit.

Menjadi Lebih Sensitif

Kucing yang sedang stres akan cenderung lebih sensitif dan agresif jika kamu dekati. Mereka tidak ingin diganggu dan lebih memilih untuk menyendiri di ruangan tertutup yang membuat mereka merasa cukup aman dari gangguan-gangguan diluar. Hal ini terjadi karena kucing yang stres akan lebih moodyan atau moodnya memang sedang tidak ingin di ganggu oleh siapapun.

Makanya kucing kamu akan terlihat semakin galak atau judes ketika kamu ingin mengajaknya bermain bersama. Mereka juga akan lebih memilih untuk tidak banyak melakukan aktivitas dan menyendiri seharian di dalam ruangan. Semua indra tubuhnya pun akan semakin peka dan sensitif terhadap sesuatu yang mengganggu kenyamanan mereka disaat sedang stres.

Lebih Sering Menggaruk dan Menjilati Tubuhnya

Ciri atau tanda kucing kamu sedang stres adalah menjadi lebih sering menggaruk-garuk tubuhnya dan menjilati bulunya terus menerus secara berlebihan. Memang hal ini sudah normal terjadi, tapi perlu kamu waspadai jika sampai melakukannya dengan belebihan sampai dapat melukai diri mereka sendiri akibat menggaruk atau menjilati bulunya sampai rontok.

Pada dasarnya manusia pun pasti ketika stres yang berlebihan akan melakukan tindakan berbahaya atau selfharm pada tubuhnya sendiri. Ternyata pada kucing pun bisa terjadi hal yang sama namun dengan cara yang berbeda. Namun, si kucing akan tidak sadar dengan tindakannya yang melukai dirinya sendiri karena stres yang berlebihan yang cukup parah.

Pup Atau Pipis di Sembarangan Tempat

Pernahkan kucing kamu tiba-tiba jadi pup atau pipis sembarangan? Padahal biasanya mereka akan melakukannya di tempat biasa mereka pup atau pipis dan sudah terlatih juga untuk selalu buang air di litter box yang sering mereka gunakan. Tapi beda lagi jika kucing kamu sedang mengalami stres, mereka akan menjadi tidak peduli mau buang air dimana saja.

Hal ini terjadi karena pemicunya adalah stres, sehingga membuat si kucing tidak bisa berperilaku seperti biasanya dan tidak memperhatikan sekitarnya lagi untuk bisa menjalani rutinitasnya seperti biasa. Maka dari itu jika kamu melihat perubahan kebiasaannya seperti ini berarti kucing kamu sedang mengalami stres yang cukup serius.

Banyak Tidur

Kucing akan menjadi lebih sering tertidur kalau sedang stres, karena dengan tidur bisa menenangkan pikiran mereka dari stres. Selain itu dengan banyaknya tidur bisa jadi karena kucing kamu merasa lesu, lemas, tidak bertenaga karena stres yang membuatnya menjadi seperti itu. Sehingga kucing kamu akan lebih sering tertidur seharian di tempatnya.

Membuatnya melupakan semua hal seperti makan, minum, bermain, dan lain sebagainya, dengan tertidur seharian terus menerus. Stres ini menyerang mental si kucing yang menyebabkan kucing stres ini menjadi lebih tidak bersemangat atau tidak bergairah lagi untuk melakukan sesuatu tidak seperti biasanya yang selalu aktif.

Itulah beberapa ciri-ciri dan tanda kucing stres yang perlu kamu ketahui agar dapat mengatasinya segera, sebelum stresnya semakin parah. Jangan biarkan kucing kamu merasa kesepian, usahakan untuk selalu menemaninya bermain atau mengadopsi kucing lain agar tidak kesepain.

Pastikan kucing kamu bisa merasa lebih bebas, tidak terlalu mengurung atau mengekangnya secara berlebihan. Jangan membuatnya merasa tidak nyaman dengan lingkungan sekitar tempat tinggalnya, karena bisa semakin stres. Goodluck semoga membantu!