Monday, 17 Jun 2024

Efek Makan Pisang Setiap Hari

5 minutes reading
Monday, 20 Mar 2023 22:55 0 275 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Buah Pisang terkenal dengan memiliki segudang manfaat dan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh termasuk juga untuk sistem pencernaan, namun jika kamu mengkonsumsi buah Pisang yang secara berlebihan bukannya mendapatkan manfaatnya justru akan menyebabkan beberapa efeknya dari makan Pisang setiap hari.

Buah Pisang yang merupakan salah satu makanan yang yang lezat dan sehat dengan memiliki harga yang mudah dan  tentu sangat mudah untuk didapatkan, karena memang buah Pisang ini tersedia di pasaran tradisional hingga supermarket selain itu juga bisa didapatkan di pekarangan rumah.

Dimana buah Pisang ini juga yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh dan juga nutrisi yang sangat baik untuk sistem pencernaan, menurunkan berat badan dan juga kesehatan jantung, sehingga tidak heran jika buah Pisang ini yang kerap dimasukkan ke dalam menu diet harian.

Pisang yang tidak hanya merupakan sumber magnesium, vitamin B dan potasium yang baik, namun buah ini juga yang diperkaya dengan kandungan serat dan juga antioksidan yang memiliki peran untuk penangkal kanker.

Pada pertama di awal abad ke-20 yang menurut Harvard Health, American Medical Association yang menyebutkan bahwa buah Pisang ini sebagai “Makanan Super”, namun ternyata buah Pisang juga yang bisa memberikan efek jika memakan buah Pisang secara berlebihan setiap hari.

Tentu saja hal ini perlu kamu ketahui agar terhindar dari berbagai macam masalah kesehatan, untuk mengetahui efek makan Pisang setiap hari maka bisa dengan menyimak ulasannya dibawah ini.

Efek Makan Pisang Setiap Hari

Efek Makan Pisang Setiap Hari

Biasanya buah Pisang ini yang kerap dijadikan sebagai menu program diet hal ini karena buah Pisang yang kaya akan serat di dalamnya, selain itu juga buah Pisang ini yang menjadi menu sarapan yang cukup praktis untuk sebagian orang atau dijadikan sebagai cemilan sehat.

Memang hal ini tidak ada salahnya karena dengan mengkonsumsi buah Pisang yang akan memberikan segudang manfaat untuk kesehatan, kandungan yang terdapat dalam buah Pisang seperti potasium atau kalium, zat besi dan juga serat.

Selain itu juga, buah Pisang yang mengandung vitamin B6, vitamin C, kalori 105 yang berukuran sedang dan juga magnesium, sehingga tidak heran jika buah Pisang ini yang dijuluki sebagai superfood, meski memberikan banyak manfaat untuk kesehatan namun jika mengkonsumsi buah Pisang ini secara berlebihan setiap hari yang akan memberikan efeknya untuk tubuh.

Berikut beberapa efek makan Pisang setiap hari yaitu sebagai berikut:

Kadar Gula Darah Naik

Dimana menurut University of Sydney buah Pisang terlalu matang yang mengandung indeks glikemiks 62 atau berada di titik GI moderat, bahkan National Library of Medicine juga yang mengungkapkan bahwa untuk mereka yang ingin menjaga gula darah tetap normal dan stabil yang sebaiknya untuk menghindari memakan makanan atau minuman dengan GI yang sedang atau tinggi.

Dimana buah Pisang ini yang memiliki GI 62 jika terlalu matang sehingga jika mengkonsumsi buah Pisang ini yang secara berlebihan yang yang akan membuat kadar gula darah yang naik, dengan kadar gula darah tinggi dan tubuhnya tidak bisa mengatur kadar insulin dengan baik maka bisa menyebabkan koma diabetes bahkan kematian.

Mengakibatkan Sembelit

Dengan mengkonsumsi buah Pisang yang bermanfaat untuk sistem pencernaan dan mencegah terjadinya sembelit, namun jika kamu mengkonsumsi buah Pisang setiap hari dengan jumlah yang banyak bisa menyebabkan sembelit.

Menurut Makerere University yang menyatakan bahwa buah Pisang yang memiliki kandungan asam tanat yang cukup banyak di dalamnya, dengan mengkonsumsi kandungan asam tanat dengan dosis yang banyak yang yang dapat merasakan efeknya yaitu mengakibatkan sembelit yang serius.

Dimana untuk gejala sembelit mungkin hampir semua orang pernah mengalaminya, tetapi jika gejala sembelit kronis yang bisa menyebabkan adanya kerusakan  yang parah pada saluran pencernaan dan tentunya ini tentunya memerlukan penanganan dokter.

Dapat Menaikkan Berat Badan

Dimana kebanyakan orang yang masih meyakini bahwa kandungan serat yang akan membantu untuk menurunkan berat badan salah satunya dengan mengkonsumsi buah Pisang yang bisa menurunkan berat badan, namun jika kamu mengkonsumsi secara berlebihan yang bisa menyebabkan efek makan Pisang setiap hari yaitu dapat menaikkan berat badan.

Buah Pisang yang mengandung karbohidrat dan kalori yang tinggi sehingga jika memakan buah Pisang dengan jumlah yang sedang yang bisa menurunkan berat badan, namun sebaliknya jika memakan buah Pisang dengan jumlah yang berlebihan yang akan memberikan efek sebaliknya hal ini dikarenakan jumlah gula yang tinggi dalam buah Pisang.

Dapat Merusak Gigi

Pastinya sudah kamu ketahui jika mengkonsumsi makanan yang manis yang dapat berpotensi merusak gigi, dimana menurut Orlando Sentinel yang menyatakan bahwa dengan makan buah Pisang yang mempunyai efek atau dampak merusak gigi yang lebih besar dibandingkan dengan memakan permen tinggi gula atau cokelat.

Buah Pisang yang memiliki indeks glikemik yang tinggi jika buah Pisang ini yang terlalu matang, sehingga jika mengkonsumsi buah Pisang secara berlebihan yang akan memberikan efeknya yang akan merusak gigi.

Migrain

Efek makan Pisang setiap hari dengan jumlah yang banyak yang bisa menyebabkan migrain atau mengganggu kesehatan, hal ini karena buah Pisang yang memiliki banyak kandungan kimia didalamnya sehingga bisa memicu timbulnya migrain atau sakit kepala.

Dapat Memicu Hiperkalemia

Buah Pisang yang mengandung sumber kalium yang sangat baik didalamnya namun nutrisi yang baik ini jika dikonsumsi secara berlebihan yang akan menyebabkan kerusakan pada tubuh, dengan mengkonsumsi buah Pisang secara berlebihan yang dapat membuat tubuh mengembangkan hiperkalemia.

Hiperkalemia sendiri yang merupakan suatu kondisi yang dapat mengganggu fungsi sel saraf dan juga otot, sehingga dengan begitu untuk menghindari terjadinya hiperkalemia maka sebaiknya untuk mengkonsumsi buah Pisang ini dengan jumlah yang pas dan wajar.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai efek makan Pisang setiap hari yang bisa kamu ketahui, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan juga bermanfaat dan pastikan mengkonsumsi buah Pisang dengan jumlah wajar untuk menghindari berbagai efek samping pada tubuh.