Wednesday, 17 Jul 2024

Kandungan Vitamin Buah Pisang dan Manfaatnya

5 minutes reading
Wednesday, 15 Mar 2023 11:30 0 225 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Hampir semua orang sudah mencoba mengkonsumsi buah Pisang dengan rasanya yang enak ditambah lagi memiliki kandungan vitamin yang sangat beragam, mungkin sebagian orang yang tidak mengetahui apa saja kandungan vitamin buah Pisang dan manfaatnya.

Buah Pisang merupakan salah satu jenis buah yang memiliki popularitas yang sangat tinggi dimana buah ini yang tersedia pada berbagai negara termasuk di Indonesia, biasanya buah Pisang ini yang kerap disajikan sebagai salah satu makanan penutup.

Buah yang memiliki warna identik yaitu warna kuning ini dilengkapi dengan rasanya yang manis dan tekstur buahnya empuk dan legit, buah Pisang ini yang bisa dikonsumsi secara langsung atau dibuat menjadi berbagai olahan seperti di jus, digoreng, dikukus atau lainnya.

Bahkan selain itu rasanya yang enak namun buah Pisang juga yang memiliki manfaat dan khasiat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, sejumlah manfaat tersebut yang berasal dari kandungan vitamin, mineral di dalamnya seperti vitamin B6, vitamin C, kalium, serat fitonutrien dan juga berbagai antioksidan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Untuk kamu yang ingin tahu dengan kandungan vitamin buah Pisang dan manfaatnya, maka kamu bisa dengan menyimak ulasannya dibawah ini dengan baik.

Kandungan Vitamin Buah Pisang dan Manfaatnya

Kandungan Vitamin Buah Pisang dan Manfaatnya

Di Indonesia buah Pisang ini yang bisa ditemui dengan mudah di pasaran bahkan di kebun milik masyarakat dengan memiliki harga yang terjangkau, buah Pisang ini yang disukai dimulai dari anak-anak, remaja, orang dewasa dan bahkan lansia karena memang buah ini yang memiliki rasa yang manis dan  manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Dalam porsi 100 gr buah Pisang ini yang mengandung nutrisi, vitamin dan mineral seperti vitamin A sekitar 146 IU, vitamin B1 sekitar 0,08 mg, vitamin C sekitar 3 mg, protein sekitar 1,2 gr, energi sekitar 99 kkal, kalsium sekitar 8 mg, lemak sekitar 0,2 gr, karbohidrat sekitar 25,8 gr, zat besi sekitar 1 mg dan juga fosfor sekitar 28 mg.

Dengan beragam kandungan nutrisi, vitamin dan juga mineral di dalam buah Pisang ini yang tentu saja sangat baik untuk tubuh, dan juga memberikan berbagai manfaat yang melimpah yang bisa dirasakan setelah mengkonsumsi buah Pisang.

Membantu Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin A, vitamin B6, vitamin C yang tinggi didalam buah Pisang yang bermanfaat untuk membantu dalam meningkatkan kekebalan tubuh untuk melawan infeksi, sehingga dengan begitu tubuh yang tetap sehat dan terasa lebih segar.

Sumber Vitamin A dan Karbohidrat

Dimana buah Pisang yang diperkaya dengan kandungan vitamin dan juga juga serat yang cukup tinggi di dalamnya, sehingga buah Pisang ini yang menjadi sumber vitamin A dan juga karbohidrat dan selain itu juga buah Pisang mengandung kalium dan magnesium yang memiliki peran penting untuk agar tetap bugar dan sehat.

Mengatasi Hipertensi

Dengan kandungan kalium yang terdapat di dalam buah Pisang ini yang bisa membantu untuk mengatur keseimbangan cairan dan juga elektrolit, sehingga dengan begitu  manfaat mengkonsumsi buah Pisang secara rutin yang bisa membuat tekanan darah yang akan tetap stabil.

Bahkan selain itu juga serat bahan pangan yang terdapat pada buah Pisang yang bisa mengikat lemak sehingga dapat mencegah pembentukan plak, dimana plak sendiri yang dapat menyempit bahkan dapat menyumbat pembuluh darah yang menyebabkan meningkatnya tekanan darah.

Membantu Mengatasi Anemia

Kandungan zat besi yang terkandung didalam buah Pisang ini yang memiliki peran penting untuk membantu mengatasi anemia, sehingga sangat baik dikonsumsi oleh orang yang kekurangan darah merah, kandungan ini yang akan mendukung pembentukan hemoglobin atau protein mengandung zat besi.

Melancarkan Metabolisme

Untuk kamu yang kerap mengalami masalah kesulitan pada saat buang air besar maka kamu bisa atasi dengan mencoba mengkonsumsi buah Pisang yang menjadi alternatif pengobatan, dimana buah Pisang ini yang berfungsi untuk membantu memperlancar proses pembuatan sisa tubuh di dalam metabolisme.

Merawat Kulit

Buah Pisang yang dicampur dengan madu yang bermanfaat untuk membantu mengatasi kulit yang terlalu kering dan baik merawat kulit yang sudah lansia, bahkan selain itu juga buah Pisang ini yang ternyata bisa membantu dalam mengatasi jerawat dengan cara dibuat masker wajah.

Menjaga Kesehatan Tulang

Untuk manfaat dari mengkonsumsi buah Pisang secara rutin dengan porsi yang pas yang akan membantu untuk menjaga kesehatan tulang, manfaat ini yang berasal dari kandungan mangan dari buah Pisang yang cukup tinggi.

Membantu Melancarkan Aliran Oksigen ke Otak

Selain itu juga manfaat dari makan buah Pisang ini yaitu bisa membantu dalam melancarkan aliran oksigen ke otak manfaat ini berasal dari kandungan potasium dan juga mineral, dimana kandungan potasium dan mineral yang memiliki peran penting dalam menjaga fungsi jantung serta sirkulasi darah.

Sehingga dengan begitu mengkonsumsi buah Pisang secara rutin yang akan membuat sirkulasi oksigen ke otak yang dapat terjamin, dan juga bisa membantu untuk mencegah stroke yang diakibatkan oleh tekanan darah yang tinggi.

Sebagai Mood Food

Ternyata dengan mengkonsumsi buah Pisang yang akan membantu mendorong pembentukan hormon serotonin dalam otak, sehingga hormon ini yang akan menyebabkan timbulnya perasaan yang senang dan buah Pisang yang dijadikan sebagai “Mood Food”.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Untuk kamu yang sedang menjalankan program diet maka bisa dengan mencoba mengkonsumsi buah Pisang yang akan membantu menurunkan berat badan, dimana buah Pisang ini yang mengandung karbohidrat kompleks yang tidak akan menaikkan kadar glukosa yang secara drastis.

Selain itu juga mengkonsumsi buah Pisang ini yang rendah lemak sehingga sangat aman dikonsumsi untuk kamu yang sedang melakukan program menurunkan berat badan, sehingga kamu bisa dengan memasukkan buah Pisang ini kedalam menu diet harian kamu secara rutin untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai kandungan vitamin buah Pisang dan manfaatnya yang perlu kamu ketahui dan untuk merasakan manfaatnya lebih optimal maka kamu bisa mengkonsumsinya secara rutin, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.