Saturday, 22 Jun 2024

Efek Samping dan Bahaya Perut Buncit Untuk Kesehatan

6 minutes reading
Saturday, 10 Jun 2023 04:00 0 110 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Dengan perut buncit yang tidak hanya membuat kamu merasa kurang percaya diri namun hal ini juga yang ternyata bisa memberikan efek samping dan bahaya perut buncit untuk kesehatan, nah untuk itu kamu perlu mengetahui beberapa efek samping dan juga bahaya perut buncit agar bisa mengatasinya.

Perut buncit yang disebabkan oleh penumpukan lemak dan kondisi seperti ini membuat tubuh akan lebih mudah terkena penyakit, mungkin hal ini masih banyak orang yang belum mengetahuinya yaitu berbagai penyakit yang bisa dialami seperti serangan jantung, kolesterol, obesitas dan bahkan diabetes.

Perut buncit umumnya terjadi karena dengan mengkonsumsi kalori yang meningkat dan sampai berubah menjadi lemak, sehingga dengan begitu semakin banyak mengkonsumsi kalori maka lemak pada perut yang akan semakin menumpuk dan bahkan perut menjadi membesar dan juga membuncit.

Setiap orang pastinya akan melakukan berbagai cara untuk bisa terbebas dari perut buncit karena memiliki perut buncit ini yang tidak hanya bisa menurunkan rasa percaya diri namun juga bisa memiliki dampak negatifnya untuk kesehatan tubuh, untuk kamu yang ingin tahu dengan efek samping dan juga bahayanya bisa dengan simak penjelasannya disini.

Efek Samping dan Bahaya Perut Buncit untuk Kesehatan

Efek Samping dan Bahaya Perut Buncit Untuk Kesehatan

Dimana lemak yang menumpuk menjadi penyebab perut buncit yang dapat mengarah pada status kegemukan akan lebih serius yaitu obesitas sentral, apabila ukuran perut buncit yang terus bertambah maka kondisi ini yang akan memiliki resiko kesehatan yang akan lebih besar.

Perut terlihat buncit bisa disebabkan oleh penumpukan lemak menyelimuti organ yang ada di dalam perut atau biasanya disebut dengan lemak viseral, yang dimana kondisi perut buncit ini termasuk ke dalam kriteria obesitas yang berukuRan lebih besar dari perut yang normal.

Umumnya untuk pria Asia yang memiliki perut buncit dengan ukuran lingkar perut sekitar 90 cm ke atas, sedangkan untuk perut wanita Asia yang bisa dikatakan perut buncit jika lingkar perut berukuran sekitar 80 cm keatas.

Lalu apa saja bahaya dan efek samping yang akan ditimbulkan dari memiliki perut buncit? Berikut beberapa efek samping dan bahaya perut buncit untuk kesehatan yang bisa kamu ketahui yaitu sebagai berikut:

Diabetes

Untuk efek samping dan bahaya perut buncit untuk kesehatan yang perlu kamu ketahui yaitu perut buncit yang biasanya berkaitan erat dengan diabetes tipe 2, hal ini karena lemak viseral yang ternyata bisa mengeluarkan protein khusus yang bernama retinol-binding protein 4 (RBP4).

Untuk jenis protein ini yang bisa membuat kamu menjadi lebih rentan mengalami resistensi insulin dan jika tubuh mengalami resistensi insulin maka tubuh yang akan sulit untuk merespon insulin, padahal untuk hormon insulin ini yang sangat penting untuk mengendalikan gula darah dan pada akhirnya gula arah yang tidak terkontrol sehingga rentan mengalami diabetes tipe 2.

Serangan Jantung

Dimana untuk efek samping dan bahaya perut buncit untuk kesehatan yang lainnya terbukti bisa meningkatkan risiko terjadinya serangan jantung, hal ini dikarenakan lemak viseral yang akan meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam  tubuh sehingga dengan lama-kelamaan maka kolesterol yang akan menumpuk dan juga membentuk plak yang mempersempit dan bahkan dapat menyumbat pembuluh darah.

Hal ini mengakibatkan aliran darah yang tersendat dan merusak otot jantung dan kerusakan ini yang bisa menyebabkan terjadinya risiko serangan jantung, dimana mengutip dari sebuah penelitian yang telah diterbitkan European Journal of Preventive Cardiology yang menyatakan bahwa dengan memiliki perut buncit yang bisa beresiko mengalami serangan jantung lebih dari sekali.

Hepatitis

Kondisi perut buncit yang ternyata bisa menyebabkan hari meradang alias hepatitis dan kondisi seperti ini yang sangat mungkin bisa terjadi, pada saat lemak berkumpul dalam perut maka akan ada kemungkinan lemak menyelimuti hari dan bahkan bisa ditemukan di dalam organ tersebut.

Dimana liver yang menganggap keberadaan lemak ini yang merupakan racun yang sangat berbahaya sehingga dengan begitu liver yang lama-kelamaan bisa mengalami inflamasi atau peradangan sehingga muncullah hepatitis, oleh karena itu sebaiknya untuk memastikan kamu mengetahui dengan kebiasaan yang menjadi pemicu perut buncit sehingga kamu bisa menghindari hal ini terjadi.

Kanker

Berbagai penelitian yang menyatakan bahwa efek samping dan bahaya perut buncit untuk kesehatan yang dapat meningkatkan risiko kanker, hal ini dikarenakan lemak viseral yang sudah menumpuk dan akan memenuhi ruangan dalam perut dan ini yang akan menyebabkan jumlah oksigen yang berkurang dengan kekurangan oksigen yang akan memicu peradangan.

Dalam waktu jangka panjang peradangan yang akibat lemak viseral ini yang dapat meningkatkan risiko kanker dan sel-sel tubuh yang akan membelah secara tidak terkendali dan akan merusak sel disekitarnya, jika semakin banyak sel membelah maka akan semakin tinggi risiko pembentukan tumor ganas yang dapat memicu pertumbuhan sel kanker.

Untuk lemak viseral ini yang dapat meningkatkan hormon estrogen pada perempuan dengan kadar estrogen yang lebih tinggi maka produksi sel pun yang akan ikut meningkat sehingga dengan begitu akan lebih rentan terkena kanker, akibatnya bahaya memiliki perut buncit ini yang erat kaitannya dengan meningkatkan risiko kanker payudara, kanker endometrium dan juga kanker ovarium.

Hipertensi

Ternyata jika semakin buncit perut yang akan semakin besar  pula bahaya terkena penyakit hipertensi atau darah tinggi, dimana mengutip dari studi terbitan Current Hypertension Reports yang menyatakan bahwa lemak yang ada pada perut ternyata dapat menghasilkan penyebab radang bernama adipokin dan adipokin yang biasanya mengganggu hormon renin-angiotensin aldosterone dan hormon ini yang berfungsi dalam mengatur cairan dalam tubuh yang dapat mengatur tekanan darah.

Sehingga dengan begitu jika hormon renin-angiotensin aldosterone mengalami masalah maka tubuh akan menyimpan cairan yang lebih banyak melebihi kadar normal dan cairan ini yang akan membuat pembuluh darah mengalami tekanan berlebih, dengan begitu tekanan darah yang naik dan rentan mengalami hipertensi dan untuk mengurangi risiko ini maka kamu harus menjaga pola hidup yang sehat.

Stroke

Untuk efek samping dan bahaya perut buncit untuk kesehatan yang terakhir yaitu masalah jantung seperti stroke, hal ini dikarenakan lemak dalam perut yang dapat mengganggu aliran darah di pembuluh darah dan lama kelamaan maka pembuluh darah yang dapat menyempit dan bahkan bisa tersumbat dan kondisi seperti ini yang bisa disebut aterosklerosi.

Jika masalah aterosklerosis ini muncul maka penyumbatan ini yang akan membuat aliran darah menuju ke otak yang tidak tersendat, sehingga dengan begitu masalah ini yang berakibat otak yang tidak mendapatkan asupan oksigen yang mencukupi sehingga terjadi stroke.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai efek samping dan bahaya perut buncit untuk kesehatan yang perlu kamu ketahui dan untuk menghindari semua bahaya diatas maka kamu harus menjaga pola hidup yang sehat agar perut tidak buncit, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.